fbpx

Masih Ingin Melakukan Aktivitas Outdoor disaat Iklim La Nina ? Perhatikan Beberapa Hal Berikut ini

“La Nina adalah suatu peristiwa dimana suhu permukaan laut di bagian barat dan timur Pasifik menjadi lebih tinggi daripada biasanya, lalu apa dampaknya terhadap iklim bumi dan kepada para penggemar aktivitas outdoor ?”  

Mulai awal bulan oktober ini suhu permukaan laut di bagian barat dan timur Pasifik menjadi lebih tinggi daripada biasanya, yang menyebabkan tekanan udara pada ekuator Pasifik barat menurun dan mendorong terbentuknya awan berlebihan sehingga akan berdampak pada iklim curah hujan lebih tinggi dari biasanya di daerah-daerah tertentu. Menurut BMKG Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak La Nina, dimana curah hujan pada musim penghujan di bulan oktober hingga februari akan lebih tinggi.

Fenomena iklim dengan curah hujan yang sangat tinggi ini akan sangat berpengaruh bagi para penggemar aktivitas outdoor, dan jika para penggemar aktivitas outdoor masih tetap ingin melakukan kegemarannya, maka mereka harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Apapun aktivitas outdoor Anda, apakah itu hiking, berkemah, bersepeda gunung, memancing, climbing atau riding semuanya tidak bisa lepas dari fenomena La Nina. Namun jika semuanya dipersiapkan dengan baik dan matang fenomena La Nina ini masih bisa diatasi, setidaknya Anda masih dapat mencegah kemungkinan-kemungkinan terburuk jika terjadi.

Pelajari Kondisi Iklim dan Alam di Daerah yang Akan Menjadi Tujuan Aktivitas Kita

Yang pertama kali harus kita lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyak mengenai kondisi iklim di daerah yang akan menjadi tujuan aktivitas outdoor. Dijaman seperti sekarang ini informasi iklim akan mudah didapat, namun carilah informasi yang dapat dipercaya, misalnya informasi resmi yang dikeluarkan oleh BMKG atau sejenisnya. Informasi kondisi iklim terbaru sangatlah penting, sehingga kita akan dapat mempersiapkan segalanya lebih matang, baik itu peralatan, pakaian, hingga mental kita agar siap menghadapi apa yang akan terjadi nantinya.

Selain iklim kondisi alam di daerah tujuan juga perlu dipelajari, pelajari bentuk morfologi dan vegetasinya, karena curah hujan yang sangat tinggi akan berpotensi tinggi terjadinya tanah longsor, banjir bandang dan pohon tumbang.

Rencanakan Rute Perjalanan dan Lokasi di Atas Peta

Setelah kita mempelajari kondisi iklim dan alam daerah yang akan menjadi tujuan kita, selanjutnya adalah rencanakan rute perjalanan dan lokasi yang menjadi tujuan kita di atas peta. Dari peta kita dapat melihat kerapatan kontur topografi yang berpotensi besar terjadinya longsor, hindarilah area-area tersebut dan pastikan hindari sungai-sungai besar yang berpotensi terjadinya banjir bandang, terutama bagi Anda yang tujuannya untuk memancing di sungai. 

Jika kita akan berkemah, memancing atau beraktivitas di satu titik lokasi, maka tentukan titik lokasi tersebut diatas peta, lebih baik lagi jika kita menggunakan bantuan peta foto udara, sehingga akan nampak vegetasi lokasi tersebut dan hindari lokasi-lokasi dengan vegetasi yang rapat dan banyak ditumbuhi pohon besar, untuk menghindari terjadinya pohon atau ranting tumbang yang akan berpotensi menimpa kita. 

Persiapkan Peralatan Tambahan untuk Keselamatan

Menghadapi iklim curah hujan yang sangat tinggi tidak seperti biasanya, maka peralatan yang akan kita bawa juga sebaiknya ditambah dengan peralatan keselamatan yang tidak biasa kita bawa, contohnya adalah rompi pelampung sebagai peralatan keselamatan tambahan yang tidak biasa kita bawa, terutama jika tujuan aktivitas outdoor kita adalah untuk memancing. Selain rompi pelampung dapat juga kita menggunakan rompi keselamatan berwarna cerah yang telah dilengkapi dengan reflector, seperti safety vest.

Jas hujan, sepatu tahan air sejenis boot mutlak harus kita gunakan, dan jika kita memerlukan bahan pembakaran untuk memasak, maka sebaiknya gunakan bahan pembakaran yang terlindung atau tahan terhadap basah, contohnya adalah tabung gas mini. Selain semuanya yang telah disebutkan diatas, alangkah bijaksananya jika kita membawa kotak P3K yang lengkap isinya termasuk obat-obatan yang akan diperlukan.  

Jika kita sudah sangat menggemari sesuatu termasuk aktivitas outdoor, apapun dan dalam kondisi seperti apapun akan kita jalani, bahkan kondisi iklim buruk justru menjadi sebuah tantangan. Yang perlu diingat disini adalah kita menjalankan hobi yang berhubungan dengan aktivitas outdoor adalah untuk bersenang-senang dan melepas kepenatan setelah bekerja, namun kegemaran yang kita jalani itu jangan menjadi sebuah malapetaka untuk kita dan keluarga kita. 

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: