fbpx

Ajarkan Pada Anak Kita Tentang Pentingnya Menggunakan Alat Pelindung Diri Ketika Bersepeda

“Alat Pelindung Diri untuk pesepeda dijaman sekarang ini cukup mudah didapat dengan banyak pilihan merek, mulai dari harga murah hingga yang mahal. Tetapi masih banyak para pesepeda pemula dan anak-anak yang enggan menggunakannya, padahal menggunakan Alat Pelindung Diri ketika bersepeda sangatlah penting”  

Menggunakan Alat Pelindung Diri sebenarnya tidak berlaku hanya untuk para pekerja dibidang pertambangan, perminyakan atau kontruksi saja, tetapi berlaku juga dalam kehidupan sehari-hari dan yang sudah berlaku adalah pada para pengguna motor. Salah satu Alat Pelindung Diri yang paling pupuler dan sudah banyak digunakan adalah helm yang fungsinya untuk melindungi kepala dari benturan keras.

Menggunakan helm sebagai Alat Pelindung Diri yang paling utama seharusnya berlaku juga untuk para pesepeda, baik itu pesepeda profesional atau para pesepeda amatiran yang hanya untuk kesenangan saja. Bersepeda sebenarnya termasuk kategori olah raga yang mempunyai tingkat resiko kecelakaan yang sangat tinggi, bisa dibayangkan ketika kita melaju diatas sepeda dengan kecepatan tinggi lalu tiba-tiba terjatuh atau tertabrak dan menabrak, maka tingkat keparahan cedera-nya dapat hingga sampai hilangnya nyawa.

Anak-anak adalah salah satu golongan usia yang paling banyak menggunakan sepeda, karena memang bersepeda itu sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukannya di alam. Yang menjadi masalah pada anak-anak penggemar sepeda ialah mereka masih belum memiliki banyak wawasan tentang keselamatan bersepeda, selain itu mereka juga belum dapat mengendalikan emosi-nya saat bersepeda, yang ada di dalam pikiran mereka adalah semakin kencang sepeda melaju, maka rasanya akan semakin menyenangkan.   

Beri Pemahaman pada Anak-anak Tentang Pentingnya Menggunakan Alat Pelindung Diri saat Bersepeda

Menggunakan Alat Pelindung Diri saat bersepeda  bukan hanya sekedar mengikuti trend atau untuk penampilan saja, tetapi tentang apa manfaat yang akan didapat jika kita menggunakannya. Fenomena trend bersepeda saat ini telah melahirkan pesepeda-pesepeda pemula, termasuk diantaranya anak-anak, namun trend bersepeda ini hanya sekedar untuk mengikuti gaya hidup atau sekedar memenuhi gengsi sosial, tanpa diiringi dengan pengetahuan keselamatan bersepeda. Sehingga yang terjadi adalah banyaknya korban kecelakaan yang terjadi pada para pesepeda, baik itu karena terjatuh, tertabrak hingga kelelahan.

Pemahaman keselmatan bersepeda pada anak-anak bisa dimulai dengan penggunaan Alat Pelindung Diri yang wajib digunakan, seperti helm hingga pelindung kaki. Ajarkan pada anak-anak kita manfaat yang didapat jika kita menggunakan Alat Pelindung Diri bersepeda, dan apa kerugiannya jika kita tidak menggunakannya.

Alat Pelindung Diri Bersepeda yang Disarankan untuk Digunakan 

Helm adalah Alat Pelindung Diri yang paling utama, karena helm akan melindungi kepala anak-anak kita dari benturan keras ketika terjatuh atau menabrak. Belilah helm yang berkualitas tinggi, minimal telah memenuhi syarat SNI, karena saat ini banyak dijual helm sepeda dengan kualitas yang tidak memenuhi syarat keselamatan terutama yang helm untuk anak-anak. Jika diperlukan gunakan juga Alat Pelindung Diri tambahan, seperti kacamata, sarung tangan hingga pelindung kaki. 

Alat Pelindung Diri tambahan sebenarnya tidak mutlak untuk digunakan, namun ini akan sangat bermanfaat pada waktu-waktu tertentu bersepeda. Pilihlah Alat Pelindung Diri yang nyaman digunakan oleh anak-anak kita, karena jika tidak nyaman mereka akan enggan menggunakannya.

Menggunakan Alat Pelindung diri saat bersepeda sebenarnya hanyalah masalah kebiasaan dan kesadaran saja, Orang yang tidak terbiasa dengan sesuatu yang baik biasanya akan enggan menggunakannya, walaupun sebenarnya yang bersangkutan mengetahui resiko jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pemahaman tentang kesadaran menjaga keselamatan diri sebaiknya dimulai pada anak-anak sejak dini, agar mereka terbiasa dan merasa ada sesuatu yang kurang jika tidak melakukannya, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah Anda siap merogoh kantung lebih banyak untuk memfasilitasi itu? 

Baca artikel lainnya di : Alevizone Stories

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: