fbpx

Greenpeace adalah sebuah organisasi lingkungan global yang berkantor pusat di Amsterdam Belanda dan sudah memiliki cabang lebih dari 40 negara. Walaupun berkantor pusat di Amsterdam Belanda, namun Greenpeace didirikan di Vancouver, British Columbia, Canada. Greenpeace dalam aksinya untuk menyelamatkan lingkungan tidak pernah melakukan kekerasan dan konfrontasi damai dalam melakukan kampanye.

Greenpeace mendapatkan pendanaan melalui kontribusi langsung tiap individu anggotanya yang mencapai hingga 2.8 juta orang dan dari berbagai yayasan amal, namun Greenpeace tidak pernah mendapatkan dana dari pemerintah, apalagi dana hasil “korupsi”, sehingga tidak dapat dikendalikan oleh kepentingan politik.

Simbol perjuangan Greenpeace yang sangat populer ialah sebuah kapal layar yang diberi nama Rainbow Warrior yang diluncurkan pada tahun 1978. Selain Rainbow Warrior, Greenpeace juga memiliki beberapa kapal tambahan yang siap mendukung setiap aksinya, yaitu kapal Arctic Sunrise, Esperanza dan kapal inflatable. 

Opinion

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019