fbpx

Antara Backpacker dan Bikepacker, Mana yang Lebih Mengasyikan?

backpacker-bikepacker

“Backpacker dan Bikepacker dua sebutan para penggemar petualangan untuk mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi, terutama tempat-tempat yang dapat menawarkan keindahan alam, karena itulah tujuan mereka, dan perbedaannya hanya pada sepeda yang digunakan oleh para bikepacker”

Diantara keduanya mungkin backpacker yang namanya lebih sering terdengar, dan backpacker sudah menjadi gaya hidup sebagian orang yang gemar melancong ke daerah-daerah baru dengan dana terbatas. Berbeda dengan para backpacker, para penggemar petualangan dengan menggunakan sepeda yang biasa disebut bikepacker ini lebih mengutamakan untuk menikmati apa yang ditemukan selama dalam perjalanan, walaupun tujuan akhirnya sama, yaitu untuk menuju tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi dan sebenarnya sebutan bikepacker sendiri terinspirasi dari sebutan backpacker. 

Tentang Backpacker

Secara umum backpacker adalah sebutan untuk para pelancong atau wisatawan yang melakukan perjalanan ke suatu tempat dan hanya membawa barang-barang simpel yang hanya dimasukan kedalam tas ransel. Sebenarnya mereka melakukan hal itu hanya untuk meringankan dan mempermudah dalam perjalanannya saja, tetapi banyak orang yang menyalah artikan gaya mereka, masih banyak orang yang menganggap jika para backpacker adalah orang-orang yang ingin berwisata dengan bermodalkan dana terbatas saja, dan kenyataannya memang seperti itu. Saat ini tengah menjamur wisatawan bergaya backpacker yang nekat dengan sekedar memiliki dana terbatas, mungkin kita bisa banyak temukan wisatawan asing seperti itu yang mengunjungi Indonesia. 

Prilaku para backpacker musiman yang hanya bermodalkan dana terbatas memang telah merusak citra para backpacker sejati. Backpacker sejati akan selalu membuat rencana yang matang jika akan mengunjungi suatu tempat yang diinginkan, mereka akan memperhitungkan dana hingga resiko apa saja yang akan mereka hadapi nantinya.

Mengenal Lebih Dekat dengan Bikepacker

Istilah bikepacker sendiri sebenarnya terinspirasi dari istilah backpacker yang sudah lebih dulu banyak dikenal orang. Bikepacker sebenarnya mempunyai tujuan yang sama dengan para backpacker, perbedaannya adalah mereka menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utamanya. Walaupun sepeda sebagai tunggangan utamanya, para bikepacker ini sering kali juga menggunakan transportasi lainnya, itu dilakukan hanya untuk membantu jika perjalanan benar-benar tidak dapat dilakukan dengan sepeda.

Melakukan perjalanan dengan bergaya bikepacker sebenarnya sangat menantang dan banyak hal yang akan ditemukan selama dalam perjalanan, biasanya para penggemar bikepacker akan sangat menghindari jalan-jalan ramai yang banyak dilalui oleh kendaraan. Perubahan cuaca yang ekstrim sudah biasa mereka hadapi, sehingga persiapan mental yang kuat ditambah dengan perlengkapan yang memadai sangatlah diperlukan.

Di Indonesia sendiri komunitas penggemar bikepacker masih sangat sedikit dan sangat berbanding terbalik dengan di negara-negara Eropa sana, dimana komunitas bikepacker sangatlah berkembang pesat, sehingga para produsen sepeda terkenal seperti Marin, Scott, Specialized hingga Trek mulai mengembangkan sepeda yang dapat menunjang para penggemar bikepacker. Faktor utama yang menjadi penyebab kurang berkembangnya komunitas bikepacker di Indonesia salah satunya disebabkan oleh kondisi lingkungan sosial yang kurang memadai, dimana para pesepeda masih dianggap sebagai salah satu penghalang para pengendara kendaraan bermotor.

Backpacker dan bikepacker adalah dua buah gaya hidup yang sangat asyik dilakukan, bahkan di dalam komunitas ini kita bisa menemukan banyak hal baru dan saling bertukar pengalaman, dari kedua komunitas itu kira-kira mana yang menurut Anda paling menyenangkan? sebaiknya Anda coba salah satu diantaranya.    

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: