fbpx

Erupsi Gunung Api, Salah Satu Penyebab Bencana Alam yang Paling Sering Terjadi di Indonesia

“Erupsi gunung api adalah salah satu aktivitas geologi yang termasuk paling sering terjadi di Indonesia, namun sebagian penduduk Indonesia memiliki tempat tinggal dan beraktivitas di area sekitar gunung api yang masih aktif, sehingga memiliki potensi besar terkena dampak jika erupsi gunung api terjadi”  

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki gunung api aktif dengan jumlah yang cukup banyak dan berjajar dari Pulau Sumatra, Jawa, hingga Sulawesi, sedangkan ketiga pulau tersebut termasuk wilayah di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk cukup padat, terutama Pulau Jawa. Hal tersebut sangat wajar, karena area di sekitar gunung api memiliki tanah dengan tingkat kesuburan cukup tinggi, sehingga sangat cocok untuk lahan pertanian dan menjadikan tempat pemukiman bagi masyarakat yang memiliki profesi sebagai petani.

Anugerah kesuburan lahan di sekitar gunung api bukan berarti aman untuk menjadi tempat tinggal dan pemukiman penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani, karena jika gunung api tersebut masih aktif maka bersiap-siap saja jika sewaktu-waktu terjadi erupsi yang dapat menjadi sebuah bencana alam.     

Sebenarnya Apa yang Menyebabkan Erupsi Gunung Api ?

Erupsi gunung api sebenarnya terjadi karena proses endapan magma yang ada di dalam perut bumi didorong keluar oleh gas dengan tekanan sangat tinggi. Sehingga peristiwa tersebut berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi. Magma yang mempunyai suhu sangat tinggi berusaha keluar dari dalam perut bumi, sehingga menyebabkan terjadinya retakan-retakan dan pergeseran lempeng di dalam perut bumi. Peristiwa keluarnya magma tersebutlah yang disebut dengan erupsi atau meletus, dalam bahasa geologi disebut dengan vulkanisme.

Magma yang berupa cairan tersebut memiliki suhu lebih dari 1000ºC dan cairan magma yang sudah keluar di permukaan bumi itu disebut dengan lava. Erupsi gunung api selain berupa lava dapat juga membawa abu panas yang dapat menyembur hingga radius lebih dari 15 km dari pusat erupsi. Hasil erupsi gunung api yang berupa lava dan abu panas tersebutlah yang dapat menyebabkan terjadinya banyak korban jiwa manusia.

Sebaran Gunung Api di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki gunung api aktif dengan jumlah yang cukup banyak, dan sebaran gunung api tersebut berjajar mulai dari Pulau Sumatera, Jawa hingga Sulawesi dan pulau-pulau kecil disekitar ketiga pulau tersebut. Sedangkan Pulau Kalimantan dan Papua merupakan dua pulau besar di Indonesia yang tidak memiliki gunung api, hal tersebut dikarenakan aktivitas geologi yang berhubungan dengan aktivitas tumbukan lempeng benua dan lempeng samudera.

Sebaran gunung api di Indonesia ini berhubungan juga dengan potensi bencana gempa bumi, dimana wilayah yang memiliki gunung api aktif berpotensi akan terjadinya bencana gempa bumi. Baca juga “Apa Sebenarnya Penyebab Indonesia Sering Terkena Bencana Gempa Bumi”  

Peta sebaran gunung api di Indonesia

Bagi Penduduk yang Tinggal di Zona Bahaya Erupsi Gunung Api Apa yang Harus Dilakukan ?

Sebagian besar penduduk Indonesia yang bermata pencaharian sebagai petani pada umumnya memiliki tempat tinggal di sekitar gunung api, bahkan sebagian diantaranya berada di area yang masuk kedalam zona bahaya. Namun hal tersebut tidak dapat dihindari karena tanah di sekitar gunung api memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi, bahkan sangat baik untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.

Berbeda dengan bencana gempa bumi yang sangat sulit dideteksi kehadirannya, para ahli geologi yang berkecimpung di dunia vulkanik akan lebih mudah untuk mendeteksi peristiwa erupsi gunung api, hal tersebut didasarkan oleh pengalaman, tanda-tanda geologi dan didukung dengan teknologi yang sudah ada.

Walaupun para ahli geologi sudah dapat memprediksi akan peristiwa erupsi gunung api, namun masih saja banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat bencana ini. Berdasarkan pengalaman yang ada, banyaknya korban jiwa yang berjatuhan pada umumnya akibat dari ketidak tahuan dan ketidak perdulian masyarakat yang tinggal di sekitar atau zona bahaya gunung api, walaupun peringatan sudah dilakukan oleh instansi yang diberikan tanggung jawab untuk hal ini.

Bagi masyarakat yang berada di area atau zona bahaya gunung api sebaiknya lebih paham akan bahaya dari erupsi gunung api, lembaga atau instansi yang diberikan tanggung jawab ini sebaiknya lebih memberikan wawasan dan pengetahuan kepada penduduk yang bermukim di area gunung api. Tidak ada manusia yang dapat melawan dari dampak erupsi gunung api, menghindar dan mengikuti anjuran instansi berwenang mungkin satu-satunya cara yang dapat dilakukan, selain pengetahuan dan wawasan mengenai erupsi gunung api.

Erupsi gunung api adalah suatu peristiwa alam akibat aktivitas geologi yang tidak dapat dihindari, semuanya terjadi dengan alami dan ada alasan yang mungkin tidak dapat diketahui oleh manusia, intinya peristiwa atau aktivitas geologi terjadi untuk menjaga keseimbangan bumi dan alam itu sendiri. 

Baca artikel lainnya di : Alevizone Stories

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: