fbpx

Bandung, Kota Sejuk Diantara Pegunungan yang Pernah Dijuluki Paris van Java

tangkuban-perahu-bandung-1

Berada pada koordinat 6°54′53.08″S 107°36′35.32″E, Bandung dulunya pernah dijuluki Paris van Java oleh kerajaan Belanda, dikarenakan Bandung memiliki udara yang sejuk dengan letak kota berada diantara pegunungan…

Pada masa itu (sampai dengan sekitar tahun 80-an) Bandung memang layak dijuluki sebagai Paris van Java, dikarenakan Bandung memiliki udara yang sejuk, tenang dan menjadi pusat mode di Indonesia seperti layaknya kota Paris Prancis. Bukan hanya Paris van Java saja, Bandung juga mendapatkan julukan sebagai kota kembang dikarenakan banyaknya tanaman atau kembang yang tumbuh dan hanya didapat di Bandung.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan jaman yang mengakibatkan semakin padatnya kota Bandung, apakah Bandung masih layak dijuluki sebagai Paris van Java? Bila sudah tidak layak setidaknya Bandung memiliki Mall atau pusat perbelanjaan yang diberi nama Paris van Java, yang merupakan salah satu Mall terbesar di kota Bandung dari ratusan Mall yang tersebar sebagai salah satu tujuan wisata belanja di kota Bandung.

Geografi dan Administrasi Kota Bandung

Secara geografis kota Bandung berada pada koordinat 6°54′53.08″S 107°36′35.32″E, dan sebenarnya Bandung merupakan kota metropolitan yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan kota metropolitan lainnya di Indonesia. Salah satu keunikan kota Bandung bila dilihat dari letak geografisnya ialah letak kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga terlihat seperti mangkuk raksasa yang berada di tengah provinsi Jawa Barat. 

Kondisi geologi kota Bandung ialah sebagian tersusun dari batuan vulkanik dan endapan alluvial hasil letusan dari Gunung Tangkuban Perahu. Jenis material/batuan di bagian utara umumnya merupakan jenis andosol begitu juga pada kawasan dibagian tengah dan barat, sedangkan kawasan dibagian selatan serta timur terdiri atas sebaran jenis alluvial kelabu dengan bahan endapan tanah liat.

Secara administratif kota Bandung terbagi menjadi 30 kecamatan dan memiliki total luas wilayah 167.67 km2 (64.74 sq mi) dengan jumlah penduduk sebanyak 2.497.938 jiwa, menjadikan Bandung salah satu kota terpadat di Indonesia, dengan kepadatan penduduk sekitar 14,897.76/km2 (38,585.0/sq mi).

Gambar Peta diambil dari Google Map

Morfologi dan Topografi Kota Bandung

Kota Bandung memiliki morfologi dan topografi berupa dataran perbukitan/pegunungan dengan kemiringan lereng terjal yang hampir seluruhnya mengelilingi kota Bandung dan pedataran di bagian tengah kota Bandung. Berada di dataran tinggi dengan titik tertinggi ±1050 mdpl. yang berada dibagian utara kota Bandung dan titik terendah ±768 mdpl. berada dibagian selatan kota Bandung, menjadikan kota ini memiliki udara yang cukup sejuk, walaupun saat ini tidak sesejuk 10 tahun yang lalu tetapi masih memiliki pesona dan daya tarik tersendiri.

Gambar Peta diambil dari Google Map

Sejarah Kota Bandung

Kata Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahu yang lalu membentuk telaga. Legenda yang diceritakan oleh orang-orang tua di Bandung mengatakan bahwa nama Bandung diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Ci Tarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibu kota yang lama di Dayeuhkolot.

Berdasarkan filosofi Sunda, kata Bandung juga berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Indung, yang merupakan kalimat sakral dan luhur karena mengandung nilai ajaran Sunda. Nga-Bandung-an artinya menyaksikan atau bersaksi. Banda adalah segala sesuatu yang berada di alam hidup yaitu di bumi dan atmosfer, baik makhluk hidup maupun benda mati. Sinonim dari banda adalah harta. Indung berarti Ibu atau Bumi, disebut juga sebagai Ibu Pertiwi tempat Banda berada.

Dari Bumi-lah semua dilahirkan ke alam hidup sebagai Banda. Segala sesuatu yang berada di alam hidup adalah Banda Indung, yaitu Bumi, air, tanah, api, tumbuhan, hewan, manusia dan segala isi perut bumi. Langit yang berada di luar atmosfer adalah tempat yang menyaksikan, Nu Nga-Bandung-an. Yang disebut sebagai Wasa atau Sang Hyang Wisesa, yang berkuasa di langit tanpa batas dan seluruh alam semesta termasuk Bumi. Jadi kata Bandung mempunyai nilai filosofis sebagai alam tempat segala makhluk hidup maupun benda mati yang lahir dan tinggal di Ibu Pertiwi yang keberadaanya disaksikan oleh yang Maha Kuasa.

Destinasi Parawisata untuk Para Backpacker dan Keluarga

Letak geografis dan kondisi udara yang sejuk menjadikan kota Bandung sebagai pilihan yang tepat sebagai tujuan wisata. Wisata yang paling populer di kota Bandung saat ini adalah wisata belanja dan kuliner, selain itu wisata alam menjadi salah satu pilihan utama. Bila Anda ingin berwisata ala Backpacker maka Bandung utara dan Bandung selatan direkomendasikan untuk Anda, karena dikedua bagian wilayah kota Bandung tersebut Anda akan mendapatkan petualangan suasana pegunungan yang alami dan segar.

Jika Anda hanya ingin berwisata di dalam kota Bandung saja, maka wisata belanja dan kuliner menjadi pilihan yang tepat. Bandung memiliki banyak keunikan kuliner, dan pusat perbelanjaan banyak tersebar di kota Bandung dengan suasana yang berbeda.

Photo Modifikasi dari Pihak Ketiga

Kesampaian Daerah

Untuk menuju kota Bandung sangatlah mudah, terutama bagi Anda yang berdomisili di kota-kota yang berada di pulau jawa, karena banyak sekali pilihan transportasi untuk menuju kota Bandung. Bila Anda berdomisili di pulau jawa transportasi darat bisa menjadi pilihan utama, bisa menggunakan kereta api atau mobil. Sedangkan bagi Anda yang berdomisili di luar pulau jawa, transportasi udara adalah pilihan utama, Anda dapat menggunakan pesawat melalui bandara Cengkareng, Halim atau Kertajati dan dilanjutkan melalui perjalanan darat. Bandara Husein Sastranegara yang berada di pusat kota Bandung saat ini hanya melayani pesawat internasional dari Malaysia dan Singapura, sedangkan pesawat domestik hanya tersedia pesawat kecil jenis seperti Wings Air. 

Referensi:

  • Wikipedia 
  • Peta wilayah Indonesia
  • Peta wilayah Kota Bandung

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

PAYMENT SUPPORT

payment-logo

SHIPPING SUPPORT

paket-logo

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: