fbpx

Beberapa Merek Sepeda Gunung yang Digunakan oleh Para Profesional Kelas Dunia – Bagian Kedua

merek-sepeda-gunung-untuk-para-profesional-2

Sepeda gunung kelas atas dirancang untuk para profesional yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan lebih untuk dapat meraih prestasi terbaik-nya, namun sepeda dengan spesifikasi tinggi ini dapat dimiliki oleh siapa saja yang menginginkannya.

Walaupun beberapa merek ini pada umumnya dirancang untuk para profesional, namun siapa saja yang menginginkannya dapat memilikinya. Ditawarkan dengan harga yang cukup mahal, beberapa merek sepeda dengan rancangan kelas atas ini akan memberikan kepuasan dan pengalaman precious bagi penggunanya.

Giant

Giant Manufacturing Co. Ltd. dengan merek sepeda andalannya Giant merupakan salah satu produsen sepeda terbesar di dunia yang memiliki fasilitas manufaktur di Taiwan, China, Belanda dan Hongaria. Giant didirikan pada tahun 1972 di Dajia, Kabupaten Taichung, Taiwan. Walaupun buatan Asia namun Giant merupakan merek sepeda kelas atas yang menjadi langganan pengendara sepeda profesional dan cukup digemari di Amerika dan Eropa.

Untuk dapat bersaing dengan merek-merek terkenal dari Amerika dan Eropa, Giant terus meningkatkan spesifikasi yang didukung dengan teknologi canggih terkini. Selain itu Giant juga termasuk salah satu merek sepeda yang aktif menjadi sponsor di setiap event bergengsi. Salah satu varian yang cukup banyak digunakan oleh para profesional yaitu seri Reign, yang merupakan sepeda gunung type enduro. 

Giant Trance 2017 - Foto diambil dari enduro-mtb.com

Marin

California merupakan salah satu wilayah di Amerika Serikat yang melahirkan merek-merek sepeda gunung kelas atas, salah satu diantaranya adalah Marin, yang didirikan di Marin County pada tahun 1986 oleh Bob Buckley dan beberapa orang temannya. Dari sisi teknologi sepeda gunung, Marin merupakan pelopor sepeda gunung dengan rancangan full suspensi – Marin Titanium FRS 1993 yang menggabungkan komponen suspensi Manitou awal dengan berat hanya 25 lbs.

Dengan mengusung slogan “Bike for Fun” maka Marin menjadi salah satu pelopor sepeda kelas atas yang memiliki desain dengan perpaduan warna yang sangat inovatif dan sangat me-inspirasi penggemar sepeda gunung usia muda. Salah satu sepeda gunung Marin yang paling banyak digemari oleh kelompok anak muda ialah varian Alcatraz yang merupakan type Dirt Jump.

Marin Alpine Trail 8 - Foto diambil dari owo-7.top

Scott

Scott merupakan salah satu merek sepeda kelas atas yang berkantor pusat di Givisiez, Swiss dan memiliki cabang di seluruh Eropa, Amerika Serikat, Amerika Selatan dan India. Awal mulanya Scott merupakan merek perlengkapan olah raga yang cukup terkenal, di tahun 1989 barulah Scott membuat terobosan dengan memperkenalkan sepeda yang memiliki teknologi stang aerodinamis clip-on.

Scott adalah salah satu merek sepeda gunung yang banyak digunakan dan selalu menjadi sponsor para profesional. Varian sepeda gunung Scott yang sangat terkenal yaitu Scott Scale yang merupakan type sepeda gunung hardtail. 

Scott Genius 980 - Foto diambil dari flowmountainbike.com

Yeti

Yeti merupakan salah satu merek sepeda yang didirikan di California, Amerika Serikat, oleh John Parker. Yeti pertama kali ikut serta dalam kejuaraan sepeda gunung di Durango, Colorado pada tahun 1990. Yeti adalah salah satu merek sepeda gunung kelas atas karena rancangannya yang cukup inovatif. Model sepeda gunung Yeti yang sangat terkenal ialah FRO (For Racing Only) karena memiliki warna pirus yang ikonik pada saat itu.

Kesuksesan Yeti terus berlanjut setelah mengikuti kejuaraan sepeda gunung jenis downhill, dengan mengikut sertakan sepeda gunung downhill rancangannya yaitu Lawwill DH-9. Walaupun usianya masih terbilang muda, Yeti terus melakukan inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan melahirkan varian-varian terbaru.  

Yeti SB165 - Foto diambil dari enduro-mtb.com

Cannondale

Cannondale didirikan oleh Joe Montgomery pada tahun 1971 di Wilton, Connecticut, Amerika Serikat. Awal mulanya Cannondale hanyalah sebuah produsen tas yang berfungsi sebagai pengangkut kargo pada sepeda, ide-nya pun lahir karena ketidak sengajaan. Setelah berkecimpung di ritel sepeda, akhirnya Todd Patterson sebagai perancang rangka sepeda bergabung dan Cannondale mulai serius menjadi produsen sepeda.

Saat ini Cannondale menjadi produsen sepeda kelas atas yang fokus menggunakan material aluminium dan serat karbon sebagai rangka utamanya. Sebelumnya Cannondale dibuat di pabriknya di Bedford, Pennsylvania, tetapi untuk menekan biaya produksi kini Cannondale dibuat di beberapa cabang pabriknya di Asia. Cannondale adalah merek sepeda gunung kelas atas yang terus mengeluarkan inovasi terbarunya, salah satu inovasi dari Cannondale yang banyak menarik perhatian para penggemar sepeda gunung ialah Lefty Suspension Fork, yang dirancang dengan fork tunggal hanya pada satu sisi saja.

Cannondale Jekyll 2 - Foto diambil dari enduro-mtb.com

Kona

Kona didirikan Dan Gerhard dan Jacob Heilbron di Vancouver, British Columbia, Canada, pada tahun 1988. Kona adalah pelopor sepeda gunung yang memproduksi rangkaian rangka atas dengan desain miring. Selain itu di tahun yang sama, Kona juga sangat serius dalam mengembangkan desain rangka untuk sepeda gunung jenis freeride. yang terkenal dengan daya tahannya untuk digunakan dalam medan menurun yang sangat teknis.

Kona juga sangat serius dalam mendukung setiap event perlombaan sepeda gunung dan sudah banyak para profesional yang bergabung dengan Team Kona. Kejuaraan yang pernah dimenangi oleh Team Kona diantaranya adalah kejuaraan cross country hingga downhill.

Kona Process 153 CR DL - Foto diambil dari konaworld.com

Bagi para profesional olah raga sepeda gunung mulai dari jenis cross country hingga downhill, bersepeda bukan hanya sekedar mengayuh pedal hingga sampai tujuan. Teknik, ketangkasan, ketahanan hingga kecepatan adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh para profesional, selain itu spesifikasi sepeda dengan berbagai macam kelebihannya sangat diperlukan untuk mendukung meraih sebuah prestasi. Bersambung…

Sumber artikel : Alevizone Stories

Lihat produk menarik di : Alevizone Store

RECOMMENDED STORIES

COMMENTS

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019