fbpx

Berkemah dan Hiking Bersama Keluarga Mengajarkan Kebersamaan dan Pengetahuan Alam Pada Anak

“Berkemah dan hiking adalah aktivitas di alam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik, selain mengajarkan kebersamaan dua aktivitas di alam ini juga mengajarkan bagaimana cara bertahan hidup di alam”

Berkemah dan hiking Sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik, apalagi jika dilakukan bersama dengan keluarga. Selain mengajarkan pentingnya kebersamaan, dua aktivitas di alam ini juga mengajarkan bagaimana cara bertahan hidup di alam kepada anak-anak kita, sehingga mereka nantinya akan tumbuh menjadi anak-anak yang kuat mental dan fisiknya. 

Kebersamaan dengan Keluarga

Berbeda dengan kegiatan diperkotaan seperti pergi ke mall atau mengunjungi tempat keramaian, berkemah dan hiking akan memberikan banyak pelajaran pentingnya suatu kebersamaan dengan keluarga. Disini anak-anak kita akan merasakan kehangatan pelukan kita disaat menghadapi cuaca dingin, dan akan merasakan kebersamaan disaat semua anggota keluarga berbagi tugas saat membangun tenda dan menyiapkan perlengkapannya.

Disaat hiking dan menemukan jalan terjal licin mereka akan sangat memerlukan uluran tangan kita, bahkan disaat haus pun mereka akan merasakan berbagi air minum dalam satu botol minum. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga untuk anak-anak kita, mereka akan merasakan kasih sayang orang tua hingga menginjak dewasa nantinya.

Persiapan yang Matang dan Cari Tempat yang Aman untuk Berkemah

Walau bagaimanapun juga berkemah dengan keluarga bukan untuk mencari kesusahan, namun pengalaman berharga untuk dikenang nantinya. Carilah tempat berkemah yang benar-benar aman, pastikan tempat tersebut bebas dari binatang buas dan gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Persiapan yang matang sangat diperlukan sebelum Anda dan keluarga memulainya, perbekalan yang cukup, memastikan alat penerangan sidap digunakan, hingga kondisi tenda yang layak digunakan, dan pastikan juga Anda membawa kotak P3K untuk menjaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sekarang sudah banyak tempat berkemah yang sangat cocok untuk keluarga dan menyediakan fasilitas outbound sebagai hiburan tambahan. Air adalah sesuatu yang sangat penting saat berkemah, sehingga carilah tempat berkemah yang memiliki sumber air bersih. 

Trek Hiking yang Aman untuk Anak-anak 

Setelah berkemah, siang harinya akan sangat mengasyikan dan bermanfaat jika kita melakukan kegiatan hiking. Jika ada anak yang masih berusia kecil di keluarga Anda sebaiknya carilah trek hiking yang mudah dilalui dengan medan tidak terlalu berat. Hiking di area hutan pinus dan perkebun teh mungkin pilihan yang terbaik, karena dua area tersebut biasanya mudah dilalui dan jauh dari jangkauan binatang buas. Pastikan anda dan keluarga menggunakan sepatu yang sesuai dan membawa perbekalan terutama air yang cukup.

Disaat melakukan kegiatan hiking dan berkemah ajarkan anak-anak Anda tentang pemandangan alam disekitar, dan tunjukan kepada mereka apa yang tidak dapat mereka temukan di kota. Lakukanlah aktivitas-aktivitas yang memberikan kesan kebersamaan, seperti membuat api unggun, memasak bersama hingga  mandi sungai bersama. Dekapan disaat cuaca dingin, uluran tangan,hingga gendongan disaat mereka lelah akan memberikan kesan yang sangat mendalam bagi mereka hingga dewasa. Pengalaman berharga semasa kecil mereka bersama keluarga seperti ini membangunkan kepedulian mereka akan artinya sebuah keluarga. 

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

PAYMENT SUPPORT

payment-logo

SHIPPING SUPPORT

paket-logo

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: