fbpx

Bikepacking, Bertualang dengan Sepeda Bermuatan Perlengkapan Camping

bikepacking-menjelajah-alam

Bikepacking masih sangat sedikit sekali komunitasnya, padahal aktivitas ini dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan cukup menantang untuk membangun mental positif.

Sepeda yang mereka tunggangi dipenuhi dengan muatan perlengkapan camping, hal tersebut karena tujuan mereka memang menjelajah alam dan berkemah di tempat baru yang mereka sukai. Semua perlengkapan berkemah yang mereka bawa dikemas dengan sangat praktis, mungkin sepertinya lebih mirip dengan perlengkapan survival. Namun ada juga para bikepacker yang lebih memilih menjelajah jalanan dari satu kota ke kota lainnya, yang ini mungkin lebih mirip dengan touring dalam waktu yang cukup lama atau berhari-hari.

Jenis Sepeda untuk Bikepacking

Ada dua jenis sepeda yang biasa digunakan untuk bikepacking, yaitu MTB – Cross Country dan Gravel, kedua jenis sepeda tersebut digunakan sesuai dengan medan atau trek yang akan ditempuh. Untuk jenis MTB Cross Country biasanya digunakan untuk melalui medan pegunungan atau perbukitan, sedangkan jenis Gravel digunakan untuk medan yang lebih datar, namun dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Jadi jika Anda ingin memperdalam atau baru akan memulai hobi yang satu ini, maka sebaiknya sepeda yang akan Anda gunakan disesuaikan dengan type bikepacking yang Anda pilih. Perbedaan jenis sepeda tersebut dikarenakan ada dua type bikepacker, yaitu type yang lebih menyukai dengan medan alam pegunungan dan type yang lebih menyukai jarak yang lebih jauh untuk mengunjungi berbagai daerah. 

Gravel Bike, salah satu jenis sepeda yang biasa digunakan oleh para bikepacker untuk petualangan jarak jauh - Foto diambil dari bikeexchange.com.au

Perlengkapan Camping Praktis yang Menjadi Muatan Sepeda Para Bikepacker

Bikepacking memiliki ciri khas dan sensasi tersendiri bagi para bikepacker, yaitu muatan yang dibawanya berupa peralatan camping untuk berkemah jika diperlukan saat kemalaman di perjalanan. Namun peralatan camping tersebut harus ringkas atau praktis dan tidak berlebihan, seperti layaknya peralatan survival.

Peralatan camping tersebut terdiri dari tenda, alas tidur, peralatan memasak dan pisau untuk alat potong memotong. Sekilas peralatan yang biasa dibawa oleh para bikepacker tersebut seperti peralatan survival yang biasa digunakan oleh para penggemar bushcraft. Selain peralatan yang praktis, makanan yang mereka bawa juga harus praktis dan mudah dalam pengolahannya, karena jika berlebihan justru akan menyusahkan dan menjadi beban dalam perjalanan petualangan mereka.

MTB Bikepacking yang memuat peralatan camping - Foto diambil dari carryology.com

Dilakukan Bersama Komunitas tetapi Jangan Berlebihan

Komunitas bikepacking tidak sebanyak komunitas hobi automotif, hal tersebut dikarenakan penggemar hobi outdoor yang satu ini masih kurang diminati, terutama untuk kawasan Asia. Padahal bikepacking merupakan hobi yang menantang, menyenangkan dan dapat memberikan banyak pengalaman baru.

Bikepacking akan menyenangkan jika dilakukan dengan komunitas, karena selama melakukan petualangan ini kita akan menemukan banyak hal baru yang memerlukan teman diskusi. Namun jika dilakukan dengan banyak teman dalam jumlah yang berlebihan, justru akan mengurangi kesan petualangan-nya. Sebaiknya cukup lakukan bersama dua atau tiga teman saja yang memiliki pemikiran dan tujuan yang sama.

Dilakukan bersama dengan jumlah orang yang berlebihan akan berpotensi menimbulkan konflik karena perbedaan pendapat dalam memilih tujuan. Semakin banyak orang yang terlibat akan memberikan banyak ide-ide dengan keinginan yang berbeda, sehingga kebebasan bertualang untuk menjelajah tempat sesuai keinginan kita akan terkurung oleh keinginan yang berbeda. 

Komunitas bikepacking bertualang di medan pegunungan - Foto diambil dari rei.com

Bikepacking adalah hobi yang tujuannya mencari kebebasan tanpa adanya aturan yang baku. Selama jalan dapat dilalui oleh sepeda, maka kaki akan terus mengayuh dan hanya akan berhenti disaat matahari mulai terbenam.

Petualangan dengan sepeda ini akan memberikan pengalaman baru yang tidak akan kita temui di lingkungan kita. Selain itu petualangan ini juga akan membangun mental positif pantang menyerah hingga tujuan tercapai, walaupun segala rintangan dalam perjalanan harus dilalui. Sepertinya aktivitas outdoor yang satu ini sudah saatnya diperkenalkan pada anak laki-laki kita agar terbangun mental positif pantang menyerah.

Sumber artikel : Alevizone Stories

Lihat produk menarik di : Alevizone Store

RECOMMENDED STORIES

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019