fbpx

Bouldering, Metoda Latihan Rock Climbing yang Kini Menjadi Trend Olahraga Extreme Baru

rock-bouldering-2

Bouldering pada awalnya hanya sebuah metoda latihan para penggemar olahraga Rock Climbing, tetapi kini sudah menjadi trend baru para penggemar olahraga Extreme. Bagi Anda yang takut ketinggian tetapi ingin mencoba Rock Climbing, sepertinya Bouldering bisa menjadi pilihan untuk Anda

Rock climbing adalah termasuk olahraga extreme yang sebenarnya tidak banyak penggemarnya di Indonesia, mungkin karena faktor fasilitas yang terbatas. Dinding batu yang menjadi media utama sebenarnya banyak terdapat di Indonesia, tetapi mungkin kurang memenuhi syarat untuk dapat menjadi media olahraga extreme yang satu ini. Alternative lain untuk mengganti media dinding batu alam ini biasanya dengan cara membuat dinding buatan yang terbuat dari susunan papan, untuk yang satu ini sangat banyak tersedia di Indonesia, terutama di kampus atau sekolah yang memiliki organisasi Pecinta Alam.

Para penggemar rock climbing pada umumnya melakukan latihan untuk meningkatkan kemampuan dan menciptakan teknik-teknik baru, mereka melakukan latihan tersebut pada media yang seolah-olah hampir sama dengan kondisi sebenarnya. Batuan beku Boulder dengan dimensi yang besar tetapi mendekati kondisi sebenarnya itu adalah pilihan utama.   

Batuan Boulder Sebagai Media

Tidak semua batuan Boulder dapat dijadikan media olahraga ini, karakteristik dan jenis batuan adalah hal yang sangat penting. Batuan beku sangat ideal untuk dapat dijadikan media olahraga extreme ini, sebagai contoh yang umum ditemukan ialah batuan beku granit memiliki karakteristik cenderung memiliki rekahan panjang, selain itu batuan gamping dan batuan vulkanik.

Untuk batuan beku granite dan vulkanik dengan dimensi atau susunan yang ideal di Indonesia sedikit sulit didapat, sehingga batuan gamping dapat dijadikan pilihan seperti susunan batuan gamping di daerah Citatah Padalarang, Jawa Barat yang banyak dikunjungi oleh para Rock Climber.

Gambar oleh PGB

Menggunakan Media Buatan untuk Bouldering

Susunan batuan beku yang terjadi karena proses alami pada umumnya terdapat di lokasi yang sulit dijangkau, atau bisa dikatakan berada di area terpencil, sehingga inilah salah satu yang menjadi hambatan para penggemar olahraga ini. Para penggagas telah membuat media yang dirancang hampir sama dengan kondisi aslinya. Media ini dibangun dengan menggunakan dinding dari bahan panel kayu, panel semen polymer, cetakan beton atau diambil dari batuan yang sebenarnya. Dimensi dan rute panjatan juga dirancang hampir sama dengan kondisi sebenarnya, seperti permukaan yang curam atau muka dinding menghadap ke bawah. Di Negara yang sudah sangat mengenal olahraga ini pada umumnya membangun dinding buatan ini di dalam ruangan, sebagai pusat latihan Bouldering. Yang menjadi masalah dari dinding buatan ini ialah biaya yang diperlukan untuk membangunnya cukup mahal, dikarenakan memerlukan ruangan yang sangat luas. Perusahaan-perusahaan penyedia peralatan Climbing biasanya menyediakan fasilitas ini, seperti yang dilakukan oleh brand Black Diamond, Patagonia dan brand terkenal lainnya.

Gambar oleh PGB

Yang Perlu Anda Persiapkan Untuk Memulai Bouldering

Media adalah yang utama untuk dapat memulai olahraga ini, pastikan Anda memiliki lokasi dan media yang ideal. Setelah Anda menemukan lokasi yang ideal sebaiknya Anda ikut sertakan ahli yang dapat menganalisa karakteristik batuan yang akan Anda jadikan media Bouldering.

Tidak cukup media utamanya saja, peralatan pendukung tentu menjadi hal yang penting. Sebaiknya Anda menggunakan sepatu yang dibuat untuk olahraga Rock Climbing. Anda jangan kawatir, karena sepatu untuk olahraga ini sebenarnya sudah sangat banyak diproduksi oleh perusahaan-perusahaan dari brand terbaik. Kantung kapur serta kapurnya sebaiknya Anda persiapkan juga, karena kapur menjadi salah satu kebutuhan standar agar jari-jari Anda tidak licin dan mengalami luka yang serius. Carabiner dan tali yang diciptakan untuk Rock Climbing bisa juga Anda persiapkan, tetapi itu dapat disesuaikan dengan ketinggian yang akan Anda jangkau. Jika Anda merasa tidak akan terluka jika mengalami jatuh maka kedua peralatan itu bisa Anda abaikan, tetapi jika dirasakan Anda akan terluka sebaiknya Anda menggunakan kedua peralatan itu. Matras yang tebal sebaiknya Anda persiapkan untuk menghindari luka serius ketika Anda terjatuh.

sepertinya olahraga ini sangat menantang dan mengasyikan, apalagi jika dilakukan dengan teman-teman yang memiliki minat yang sama dengan olahraga ini dan dilakukan di alam bebas. Alam sepertinya tidak punya batas untuk menyediakan semua keperluan manusia, tinggal bagaimana kita menjaganya agar alam akan tetap indah. Kebiasaan buruk seperti membuang sampah sembarangan dan mencoret-coret dinding alam sebaiknya kita tinggalkan.

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: