fbpx
Bushcraft, Seni Bertahan Hidup di Alam Liar Seperti Petualang Dimasa Lampau

Bushcraft, Seni Bertahan Hidup di Alam Liar Seperti Petualang Dimasa Lampau

"Yang sangat menarik dari Bushcraft adalah komunitas yang telah terbentuk, memiliki gaya yang unik membuat mereka seperti petualang sejati di masa lampau"
Pandu GBKH
Author

Tidak seperti komunitas pada umumnya, komunitas ini sepertinya ingin kembali pada masa lampau yang jauh dari kemajuan teknologi saat ini. Menjelajah alam liar dengan berbekal peralatan yang digunakan penjelajah di masa lampau membuat mereka tampak seperti berada di masa itu. Membuat api dengan sebatang ranting pohon dan rumput kering sepertinya hal biasa dan keharusan bagi mereka, ini adalah hanya sebagian kecil ilmu yang bisa didapat. Bushcfart populer pada acara televisi di Britania Raya oleh Les Hiddins pada program televisi bertahan hidup. Sebenarnya ungkapan Bushcraft berasal dari Australia yang memiliki banyak daratan semak belukar. 

Bushcraft adalah tentang bagaimana bertahan hidup di alam liar sehingga mendapatkan banyak pengetahuan keterampilan tentang itu. Keterampilan yang dimaksud termasuk cara menghidupkan api, pelacakan, berburu, memancing dan membangun tempat berlindung. Tidak seperti jaman sekarang yang menggunakan GPS untuk navigasi, mereka hanya mengandalkan alam seperti arah terbit dan tenggelamnya matahari. Mereka juga mempelajari alat-alat bertahan dan berburu seperti pisau, kapak dan panahan, bahkan peralatan memasak juga menggunakan peralatan yang digunakan oleh petualang dimasa lampau.

Gaya Berpakaian Penggemar Bushcraft

  • Gambar oleh pihak ketiga

Sesuai dengan tema petualangan di alam liar, pakaian yang mereka gunakan pada umumnya sesuai dengan kondisi tersebut. Dengan nuansa warna alam seperti hijau daun dan coklat tanah membuat mereka benar-benar seperti penjelajah alam liar sejati. Bahkan diantara mereka terinspirasi oleh gaya berpakaian militer pada perang dunia ke 1. Walaupun begitu mereka tidak meninggalkan kemeja flannel sebagai pilihan gaya berpakaian dan canvas sebagai bahan favorite untuk celana yang diguanakan. 

Tas dan Sepatu Penggemar Bushcraft

  • Gambar oleh pihak ketiga

Sebenarnya tas yang mereka gunakan lebih banyak terinspirasi dari tas ransel yang digunakan oleh militer pada perang dunia 1 dengan warna hijau daun dan coklat tanah masih menjadi warna favorite. Untuk yang satu ini sudah cukup banyak penggemarnya bahkan dari kalangan bukan penggemar Bushcraft juga banyak menggunakannya. Selain memiliki warna khas hijau daun dan coklat tanah, tas Bushcraft memiliki desain dengan banyak kantung penyimpanan dengan berbagai fungsi. Ada juga beberapa desain tas yang memiliki perekat kain dengan banyak tali webbing. Ada beberapa produsen tas yang menawarkan desain khusus para penggemar bushcraft, seperti The Hidden Woodsmen dan Helikon-Tex yang sebenarnya lebih bertema tactical tetapi banyak digunakan juga oleh para penggemar Bushcraft.

Sementara itu sepatu boot kulit dengan desain seperti para petualang di masa lampau masih menjadi favorite mereka. Semua kesan petualang masa lalu yang mereka gunakan terlihat sangat menarik untuk diikuti.

  • Gambar oleh pihak ketiga

Aksesoris dan Peralatan

  • Gambar oleh pihak ketiga

Pisau dan kapak tidak pernah tertinggal untuk mereka bawa, dan ini adalah aksesoris favorite mereka, bahkan mereka berani membelinya dengan harga tinggi. Bukan saja digunakan untuk memotong atau membelah kayu, pisau dan kapak bagi mereka adalah senjata untuk melindungi diri yang wajib dimiliki.

Mereka biasanya menggunakan topi, tetapi tidak ada topi khusus untuk digunakan, artinya itu tergantung selera dengan ciri khas masing-masing. Sudah pasti biasanya mereka menggunakan gelang, gelang berbau militer atau berbahan kulit biasanya lebih disukai oleh mereka. Scraft dengan tema alam dan biasanya berwarna hijau daun atau coklat tanah sangat mereka sukai, dan sudah pasti itu menjadi ciri khas mereka.