fbpx

Cara Memiliki Downhill Mountain Bike dengan Dana Terbatas

downhill-cover-3

Melaju menuruni bukit dengan kecepatan tinggi, melompati setiap tanggul, jari-jari di kedua tangan selalu siap untuk menarik pedal rem, menikung tajam disetiap tikungan, ranting-ranting dan dahan menampar wajah itu hal biasa

Memang luar biasa adrenaline yang dikeluarkan ketika kita melaju diatas Downhill Mountain Bike, menuruni perbukitan dengan kecepatan tinggi diatas medan yang curam dan kasar memang sangat mengasyikan, tetapi itu perlu ditunjang dengan sepeda yang memadai agar keselamatan dan kenyamanan tetap terjaga. Sepeda untuk dapat melaju seperti itu tentu bukan sepeda gunung biasa, sepeda ini adalah Downhill Mountain Bike, dirancang khusus untuk melaju menuruni bukit dengan kecepatan tinggi tentu harus lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan Mountain Bike pada umumnya. Bagi pemula harga sepeda jenis ini memang bisa dibilang cukup tinggi, sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk dapat memilikinya. Sebenarnya kendala itu dapat disiasati dengan cara merakit atau membangun sendiri, tentu dengan spesifikasi yang mumpuni. Bisa menggunakan komponen bekas pakai atau baru itu tidak masalah, yang terpenting komponen yang digunakan sesuai standard atau layak untuk digunakan. Beberapa komponen yang perlu diperhatikan adalah frame dan fork, karena kedua komponen itu yang utama membedakan dengan Mountain Bike pda umumnya.   

Frame

Photo diambil dari Pihak ketiga

Komponen set ini adalah perbedaan utama pada Downhill Mountain Bike dibandingkan dengan jenis Mountain Bike lainnya. Dirancang lebih kokoh dan bentuk dinamis sesuai dengan medan yang akan dilalui. Perbedaan mencolok pada frame untuk downhill adalah adanya shockbreker yang dapat meredam kejutan kuat ketika melalui medan kasar dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat mengurangi kelelahan dan cedera punggung penggunanya. Banyak produsen yang menjual komponen ini, tetapi bila dana Anda terbatas Anda dapat membelinya dalam kondisi bekas. Harga bekas frame Downhill tergantung dari merek atau produsen yang memproduksinya, produsen yang cukup terkenal dan telah teruji diantaranya adalah Giant, Scout, Kano, Canonnondale dan Specialized. Sebelum Anda membeli frame untuk Anda rakit, sebaiknya Anda rencanakan juga komponen lainnya, agar Anda tidak kesulitan saat memulai untuk merakit, dikarenakan beberapa merek memiliki ukuran komponen yang hanya sesuai dengan merek yang sama. 

Downhill Mountain Bike Fork

Photo diambil dari Pihak ketiga

Fork juga salah satu komponen utama yang memberikan perbedaan mencolok pada Downhill Mountain Bike, dibandingkan dengan jenis Mountain Bike lainnya. Shockbreaker kokoh pada fork sepeda downhill dirancang untuk meredam getaran dan benturan keras di medan yang kasar. Kecepatan tinggi saat melaju menuruni perbukitan dengan medan yang kasar dapat membuat hentakan keras dan dapat berakibat mencederai lengan, bisa Anda bayangkan berapa kali hentakan yang Anda terima pada saat menuruni bukit dalam kecepatan tinggi dengan jarak rata-rata 3 km. Para penggemar downhill pada umumnya sangat senang mengganti fork walaupun dalam kondisi masih baik, bila memiliki anggaran terbatas untuk membangun Downhill Mountain Bike, Anda dapat mengambil peluang untuk dapat memanfaatkan fork bekas yang sudah tidak digunakan oleh para profesional, tentu harus dalam kondisi barang masih baik.

Shock

Photo diambil dari Pihak ketiga

Shock yang satu ini biasanya ditempatkan pada bagian frame, sehingga akan include dengan frame yang Anda beli. Tetapi bila Anda berencana membeli frame bekas pakai sebaiknya hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah shock ini. Bila shock bawaan frame sudah terasa kurang baik kondisinya, Anda bisa menggantinya dengan yang baru atau dengan bekas pakai tetapi dalam kondisi masih baik.

Wheels & Tyres

Photo diambil dari Pihak ketiga

Komponen penting ini sebaiknya Anda beli dalam kondisi yang masih baru, karena bila Anda membeli dalam kondisi bekas akan sulit untuk mendeteksi kerusakannya. Terlihat sangat simple dan seperti yang tidak akan menimbulkan masalah, tetapi kerusakan yang terjadi bisa berakibat fatal pada keselamatan Anda. Bisa Anda bayangkan benturan yang didapat pada komponen ini ketika menuruni bukit dengan kecepatan tinggi, tentu akan terjadi perubahan set bahkan kerusakan yang dapat berakibat fatal.

Accessories Group Set

Photo diambil dari Pihak ketiga

Aksesoris set sepertinya terlihat tidak penting, padahal ini adalah komponen yang menunjukan kualitas sepeda yang Anda gunakan. Downhill Mountain Bike tidak seperti mountain Bike pada umumnya, seperti yang dijelaskan sebelumnya Downhill Mountain Bike sering mendapatkan benturan yang keras dalam kecepatan yang sangat tinggi, sehingga sering didapat kerusakan pada Accessories Group Set. Group set yang dimaksud disini diantaranya adalah seperti brake handle, shifters dll. Ada beberapa produsen yang menawarkan group set ini dengan harga tidak terlalu mahal, seperti Shimano. Jadi untuk komponen ini sebaiknya Anda mengunakan yang baru, agar penggunaannya lebih tahan lama, nyaman dan Anda lebih aman pada saat menuruni bukit dalam kecepatan tinggi.    

Bila Anda pemula dan baru mencoba untuk membangun Downhill Mountain Bike, sebaiknya Anda mengenal dahulu komunitas yang ada, atau tanyakan pada teman yang sudah lama menggeluti hobi ini agar Anda tidak salah dalam membangun yang ujung-ujungnya malah harus kerja dua kali dan bahkan Anda malah harus mengeluarkan biaya lebih banyak dari budget yang telah disiapkan. 

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: