fbpx

Club Motor yang Punya Pengaruh Besar dan Melegenda di Indonesia

club-motor-indonesia

Club motor yang punya pengaruh besar dan melegenda di Indonesia ini punya sejarah yang cukup panjang. Club motor ini hadir dan dibentuk dari kumpulan Pria yang memiliki hobi dan minat yang sama pada motor yang ditungganginya.

Beberapa club motor ini hadir dari sekumpulan Pria yang memiliki minat dan hobi yang sama, walaupun ada sebagian yang hanya sekedar mengikuti trend atau ikut-ikutan saja. Para bikers sejati akan berbeda dengan para bikers musiman, para Bikers sejati biasanya akan sangat memahami seluk beluk motor yang ditungganginya, bahkan biasanya mereka akan lebih toleransi terhadap sesama pengguna jalan, tidak arogan seperti para Bikers musiman yang hanya sekedar mengikuti trend semata.

Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang memiliki cukup banyak club motor, mulai dari kelas motor kecil sejenis motor matic, hingga kelas motor besar sejenis motor Harley Davidson. Berikut ini adalah beberapa club motor di Indonesia yang mempunyai pengaruh cukup besar dibidang otomotif dan sudah melegenda karena kehadirannya sudah cukup lama dengan jumlah anggota hingga ribuan Bikers.

Brotherhood

Brotherhood hadir dari kumpulan Pria pecinta motor besar klasik yang didirikan di Kota Bandung pada 13 juni 1988. Nama Brotherhood sebagai salah satu club motor dari Indonesia ini namanya sudah sangat melegenda dan sangat disegani, bahkan hingga ke mancanegara.

Brotherhood mungkin satu-satunya club motor dari Indonesia yang paling sering mendapatkan undangan di beberapa event internasional, terutama untuk kawasan Asia. Pada awal mula berdirinya, para bikers Brotherhood berpedoman pada azas persaudaraan untuk sesama anggotanya.

Awal mulanya Brotherhood didirikan oleh 33 orang pecinta motor klasik di Kota Bandung pada tahun 1988. Benny “Beben” Gumilar adalah salah satu pendirinya, yang sebelumnya tergabung dalam “Harley Club Bandung”, namun dikarenakan tidak merasa mendapatkan kepuasan, maka Ia keluar dari HCB dan mendirikan Brotherhood bersama beberapa rekannya yang memiliki minta dan tujuan yang sama.

Seiring berjalannya waktu, Brotherhood menjadi salah satu ikon club motor yang sangat disegani di Indonesia, bahkan hingga tahun 2000-an Brotherhood telah memiliki anggota hingga 1600 bikers hingga keseluruh Indonesia. Namun sangat disayangkan, karena konflik internal para pengurus dan pendirinya, kini Brotherhood telah terpecah menjadi dualisme Bikers yaitu BB1%MC dan BBMC, sehingga azas persaudaraan antara anggota yang menjadi moto awal berdirinya club motor ini sepertinya harus dipertahankan.

Brotherhood - Foto diambil dari carmudi.co.id

Satudarah Indonesia

Satudarah MC sebenarnya didirikan di Belanda dan baru terbentuk di Indonesia pada bulan Agustus 2012, namun pendiri club motor ini adalah warga keturunan Maluku Indonesia yang tinggal di Belanda. Satudarah Indonesia adalah sebuah club motor Internasional yang telah membuka cabang di banyak negara. Khususnya di Indonesia Satudarah MC punya komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati, tidak dengan Narkoba dan keributan.

Yang unik dan membanggakan dari club motor ini bahwa Satudarah menerima semua ras untuk menjadi Bikers di club ini, dikarenakan club motor ini didirikan oleh sekolompok keturunan maluku dan teman-temannya yang asli Belanda. Satudarah Indonesia semenjak berdiri di Indonesia pada tahun 2012 telah berkembang sangat pesat, dan kini telah memiliki ribuan anggota Bikers di Indonesia.

Satudarah - Foto diambil dari grid.co.id

Vespa Antique Club Indonesia

Vespa Antique Club Indonesia (VAC Indonesia) merupakan club motor legendaris di Indonesia dari segmen motor antik jenis scooter. Club motor ini mungkin satu-satunya club motor di Indonesai yang memiliki anggota Bikers paling banyak dan dari berbagai golongan masyarakat pecinta motor scooter antik. 

VAC Indonesia didirikan pada bulan Oktober tahun 1993 di Kota Bandung Indonesia. VAC Indonesia mungkin satu-satunya club motor jenis scooter yang terdaftar di IMI (Ikatan Motor Indonesia) Bandung dan merupakan club motor jenis scooter tertua yang ada di Indonesia. VAC Indonesia berdiri karena kesamaan pandangan sesepuh pendiri club motor ini dan tidak memandang bulu bagi siapa saja yang ingin menjadi scooterist VAC Indonesia.

Seiring berjalannya waktu dan makin banyaknya para scooterist yang ingin menjadi anggota club motor ini maka para pengurus aktif VAC Indonesia memberlakukan aturan yang lebih ketat untuk calon scooterist-nya, diantaranya adalah berusia minimal 17 tahun, memiliki SIM C yang aktif, mengisi formulir kepersertaan dan wajib ijin orang tua bagi pelajar. Peratutan lainnya yang wajib dipatuhi adalah tidak mengkonsumsi NARKOBA, kondisi motor lengkap dengan kaca spion dan aksesoris lainnya, para scooterist VAC Indonesia wajib menggtunakan helm, celana panjang, sepatu dan jaket saat mengendarai scooter-nya. VAC Indonesia terus berkembang dan kini telah memiliki ribuan scooterist aktif yang tersebar di seluruh Indonesia.

VAC Indonesia - Foto diambil dari carmudi.co.id

TRABAS – Trail Adventure Bandung Assosiation

Trail Adventure Bandung Assosiation atau disingkat dan lebih dikenal dengan sebutan TRABAS adalah sebuah club motor dari segmen trail. Sama dengan VAC Indonesia, TRABAS merupakan salah satu club motor jenis trail yang paling tua di Indonesia. Club motor ini berdiri pada tahun 1995 dan merupakan sebuah club motor trail dengan anggota paling banyak, yaitu lebih dari 1000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Didirikan oleh Frans Tanujaya sebagai crosser senior, TRABAS memiliki anggota yang rata-rata penggemar motor trail untuk adventure offroad. TRABAS didirikan atas dasar kesamaan minat para pendirinya dengan anggota awal tidak lebih dari 10 orang Bikers saja. TRABAS merupakan pioneer kebangkitan motor trail adventure offroad di Indonesia, dan untuk menjadi anggota club motor adventure ini harus melalui proses seleksi yang cukup ketat.

Para calon anggota club motor ini harus melalui proses latihan dasar dan masa bimbingan hingga mampu dan memiliki mental yang kuat untuk menjadi seorang offroader adventure. TRABAS sangat membuka pintu lebar-lebar bagi siapa saja yang ingin bergabung untuk menjadi adventure offroader. TRABAS kini sudah menjadi anggota IMI, sehingga lebih mengutamakan faktor keamanan disetiap petualangannya.

TRABAS Indonesia - Foto diambil dari wordpress.com

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki club motor dengan jumlah terbanyak kedua di Asia. Club motor didirikan atas dasar minat dan kecintaan yang sama terhadap motor, sehingga rasa persaudaraan yang kuat biasanya akan terbentuk secara alami. 

Sumber artikel : Alevizone Stories

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019