fbpx
Dell XPS 13 (2019) Review

Dell XPS 13 (2019) Review

Dell XPS 13 2019 - Wow..., itulah kata-kata pertama yang keluar dari mulut saya ketika pertama kali melihat laptop keluaran Dell terbaru ini. Dari design nya saja orang yang pertama kali melihat Dell XPS 13 2019 akan mengatakan "inilah laptop impian saya"
Dody G
Author

Dell telah memperbaiki posisi kamera yang sebelumnya berada di bawah layar, sekarang XPS 13 2019 telah memiliki kamera diatas layar tanpa memperbesar ukuran bezel dan menurut saya Dell telah berhasil membuat desaign yang bisa dibilang nyaris sempurna. Untuk performa dapur pacunya sendiri XPS 13 2019 memberikan peningkatan yang pada awalnya hadir dengan processor Core i5 Whiskey Lake, RAM 4GB dan 128GB SSD sekarang telah ditingkatkan dengan performa processor i7, RAM 8GB dan 1 terabyte penyimpanan solid-state.

Penyegaran Desaign pada XPS 13 – 2019

Kami berpendapat jika XPS 13 memiliki desaign terbaik dibandingkan dengan varian Dell lainnya. Memiliki bezel super trim dengan aspek rasio  16:19 terlihat lebih kecil dibandingkan dengan beberapa laptop sejenisnya. Sangat mendukung untuk pekerjaan yang memiliki mobitas tinggi dan mendapatkan banyak perbaikan pada desainnya sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilisasi aktifitas tinggi.

Penyegaran pertama yang sangat mencolok dilakukan Dell pada XPS 13 keluaran tahun 2019 ini ialah pada warna yang sebelumnya XPS 13 dibalut oleh warna putih dikombinasi dengan warna gold sekarang dibalut oleh warna putih dikombinasi dengan warna frost, yang sebenarnya frost adalah wana perak tetapi terlihat lebih soft. Ada pilihan kombinasi warna lainnya yaitu gold dan black silver, tetapi kombinasi warna frost menurut kami adalah paduan warna kesukaan kami. Khusus untuk warna putih, Dell memberikan XPS 13 2019 ini serat kaca di dek keyboard dan palmrest lebih ringan. Walaupun memiliki warna putih yang rentan terhadap noda terutama jejak jari, XPS 13 2019 memiliki bahan casing yang tidak mudah menyerap noda bahkan jejak jari Anda.

Perbaikan atau penyegaran lainnya yang dilakukan Dell pada XPS 13 terbaru ini ialah pada engsel monitor, sekarang Anda akan lebih mudah saat membuka monitor dikarenakan teknologi “engsel torsi variabel” yang sebelumnya masih menggunakan engsel ketat sehingga memerlukan dua tangan untuk membukanya.

Dell tidak pernah memberikan pernyataan jika XPS 13 2019 ini adalah laptop tertipis dan teringan didunia, tetapi setidaknya XPS 13 2019 sangat mendekati rekor itu. Dengan tebal 0.46 inc dan berat 1.2 kg memang lebih tebal dan lebih berat dibandingkan kompetitornya HP Specter 13, tetapi lebih ringan dibandingkan Razer Blade Stealth dan MacBook Air.

Dell tidak memberikan perubahan pada bagian port XPS 13 2019 dari generasi sebelumnya. Anda masih mendapatkan 2 buah port Thunderbolt 3, port USB-C standar, slot microSD dan sebuah jack headphone 3.5 mm. Sebelumnya Anda tidak mendapatkan port USB-A, tapi sekarang Anda sudah bisa mendapatkannya.

Sebelumnya Dell sangat bersikeras untuk menyimpan webcam di bawah layar dan sepertinya Dell menyadari bahwa itu adalah salah satu kekurangan pada XPS 13 generasi sebelumnya. Menyadari kekurangan itu, kini Dell berusaha memperbaikinya walaupun tidak mudah. Dengan mengurangi ukuran sensor dan memperbesar sangat sedikit sekali ukuran bezel (1 milimeter) XPS 13 generasi terbaru ini sekarang memiliki webcam diatas layar, sehingga akan terasa lebih nyaman saat difungsikan.

Walaupun banyak penyegaran, XPS 13 generasi terbaru juga mendapatkan beberapa pengurangan, salah satu yang dikurangi dari XPS 13 generasi terbaru ini adalah dengan dihilangkannya inframerah yang berfungsi mendukung Windows Hello sebagai password pengenalan wajah. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena Dell memberikan penggantinya yang lebih berarti berupa password sidik jari di tombol power. Pada keyboard telah didesain ulang dengan teknologi yang digunakan pada XPS 15 2 in 1. Pada bagian tutup XPS 13 generasi ini tidak terlalu licin, dikarenakan bahan material yang digunakan memiliki tekstur yang mendukung.

Penambahan dan Pengurangan

Sebelumnya Dell sangat bersikeras untuk menyimpan webcam di bawah layar dan sepertinya Dell menyadari bahwa itu adalah salah satu kekurangan pada XPS 13 generasi sebelumnya. Menyadari kekurangan itu, kini Dell berusaha memperbaikinya walaupun tidak mudah. Dengan mengurangi ukuran sensor dan memperbesar sangat sedikit sekali ukuran bezel (1 milimeter) XPS 13 generasi terbaru ini sekarang memiliki webcam diatas layar, sehingga akan terasa lebih nyaman saat difungsikan.

Walaupun banyak penyegaran, XPS 13 generasi terbaru juga mendapatkan beberapa pengurangan, salah satu yang dikurangi dari XPS 13 generasi terbaru ini adalah dengan dihilangkannya inframerah yang berfungsi mendukung Windows Hello sebagai password pengenalan wajah. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena Dell memberikan penggantinya yang lebih berarti berupa password sidik jari di tombol power. Pada keyboard telah didesain ulang dengan teknologi yang digunakan pada XPS 15 2 in 1. Pada bagian tutup XPS 13 generasi ini tidak terlalu licin, dikarenakan bahan material yang digunakan memiliki tekstur yang mendukung. Terlihat backlight keyboard yang bisa dibilang tidak terlalu istimewa, karena hanya memberikan dua tingkat kecerahan.

Pada bagian touchpad tidak ada perubahan sama sekali, masih terasa sangat fantastis. Memang terasa lebih keras tetapi memiliki tingkat keakurat sangat tinggi dengan multi touch. Memiliki ukuran sangat pas, tidak terasa terlalu lebar seperti Apple Macbook Pro atau terasa lebih sempit seperti Asus Zenbook UX333.

Tampilan Menawan Karena Pengaruh Bezel

XPS 13 generasi terbaru ini hadir dengan 3 type tampilan, yaitu 1080p non-sentuh, 1080p yang mendukung sentuhan, dan 4K yang mendukung sentuhan. Apapun yang Anda pilih, panel yang disertakan pada ketiga type tersebut semuanya sangat layak untuk Anda miliki. Layar monitor XPS 13 ini sangat nyaman walaupun hanya dengan mata telanjang dapat mengantisipasi pantulan cahaya yang keras dan tajam seperti lampu-lampu kantor. Warna-warna yang keluarpun terlihat sangat alami.

XPS 13 generasi terbaru ini memiliki rasio kontras 980 : 1, artinya kurang cocok digunakan untuk game dengan grafis tingkat tinggi, tetapi dengan 99 % sRGB kami rasa sangatlah cukup dan tidak ada alasan untuk menjadi suatu kekurangan. Layar 4K memang terlihat sangat tajam, tetapi dengan layar 13″ sepertinya cukup menggunakan 1080p, karena sudah menjadi rahasia umum 4K sangat mempengaruhi pada penggunaan masa baterai.

Dell memberikan XPS 13 speaker dengan kemampuan cukup baik, walaupun pada volume tinggi suaranya sangat melengking. Tidak lebih baik dibandingkan para kompetitornya, tetapi kami rasa juga tidak mengecewakan.

XPS 13 – 2019 Memiliki Daya Quad Core dengan Penyimpanan Tambahan

Dell menjamin jika XPS 13 generasi terbaru ini merupakan laptop 13 inc tercepat. Itu semua dikarenakan penggunaan 2 buah kipas, 2 buah pipa panas dan strip kain gore-tex, sehingga panas yang dihasilkan dapat dikendalikan dengan baik. Selain itu ada tambahan berupa processor intel core “whiskey lake” dan Anda mempunyai pilihan Core i5-8555U atau Core i7-8565U, keduanya quad-core dan sangat cepat.

Ruang penyimpanan sedikit berubah dengan drive NVMe mempunyai kemampuan baca dan menulis lebih dari 1000 mb/second dan kapasitas berkisar mulai dari 128GB  hingga 2TB. Walaupun 128GB tidak banyak tetapi ini sangat membantu dalam memangkas harga.

XPS 13 – 2019 Bukan Laptop Game

Sebenarnya masih bisa dibilang cukup mendukung untuk bermain game, tetapi bukan game serius yang menggunakan graphic tingkat tinggi. Intel UHD 620 Graphic yang digunakan kurang mendukung untuk game-game berat.

Laptop lainnya seperti MateBook X Pro, Asus ZenBook 13 dan Razer Blade Stealth semuanya menggunakan Nvidia MX150, sehingga memberikan kualitas randering video dan game lebih baik dibandingkan XPS 13 ini.

Performa Baterai

XPS 13 selalu menjadi laptop dengan kemampuan baterai terbaik di kelasnya, tetapi itu berlaku pada saat menggunakan 1080p, begitu menggunakan 4K citra itu menjadi hilang begitu saja. Penurunan performa baterai karena menggunakan 4K berlaku untuk hampir seluruh merek laptop.

Dell menyatakan bahwa penggunaan CPU Whiskey Lake dapat menghabiskan daya lebih sedikit, tetapi kami belum melihat perbedaan itu. Walaupun begitu kami melihat ini bukan suatu masalah yang besar dan masih baik-baik saja.

XPS 13 generasi terbaru ini  memiliki peningkatan performa baterai lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya, terutama pada saat menghadapi beban yang lebih berat, XPS 13 – 2019 memiliki kinerja jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Tetapi dengan catatan perbandingannya sama-sama menggunakan type 1080p.

+ Desain lebih baik

+ Performa dapur pacu meningkat sehingga terasa lebih cepat dan ringan

+ Webcam terletak diatas layar, sehingga terasa lebih nyaman dibandingkan generasi sebelumnya.

Pada type 4K performa baterai sangat menurun

  • Processor : 8th Generation Intel® Core™ i7-8565U Processor (8MB Cache, up to 4.6 GHz, 4 cores)
  • Operating System : Windows 10 Home 64bit English. 
  • Video Card : Intel® UHD Graphics 620 with shared graphics memory
  • Display : 13.3″ 4K Ultra HD (3840×2160) InfinityEdge Touch Display
  • Memory : 16GB LPDDR3 2133MHz
  • Hard Drive : 256GB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive
  • Microsoft Office : Microsoft Office 30 Day Trial
  • Security Software : McAfee LiveSafe 12 Month Subscription
  • Support : –
  • Accidental Damage Service :
  • Ports : 2 Thunderbolt™ 3 with power delivery and DisplayPort (4 lanes of PCI Express Gen 3)
    1 USB-C 3.1 with power delivery and DisplayPort
    1 MicroSD card reader
    1 Headset jack
  • Slots : 1 Wedge-shaped lock slot
  • Dimension & Weight : Height: 0.3″- 0.46″ (7.8mm – 11.6mm) x Width: 11.9″ (302mm) x Depth: 7.8″ (199mm)
    Weight: Starting at 2.7 lbs (1.23 kg)i
  • Camera : Widescreen HD (720p) 2.25mm webcam with 4 array digital microphones; Far Field Cortana capable
  • Audio & Speakers : Stereo speakers professionally tuned with Waves MaxxAudio® Pro; 1W x 2 = 2W total
  • Keyboard : Full size, backlit chiclet keyboard; 1.3mm travel
  • Touchpad : Precision touchpad, seamless glass integrated button
  • Wireless : Killer 1435 802.11ac 2×2 and Bluetooth 4.1
  • Battery : 52WHr battery (built-in)i
  • Regulatory Compliance : Regulatory Model: P82G ; Regulatory Type: P82G002
    ENERGY STAR 7.1
    EPEAT 2018 Bronze Registered. For specific country participation and rating, please see www.epeat.net
    Hg-Free/Arsenic-Free
    BFR/PVC free (not including PSU)