fbpx
DJI Inspire 2 Review

DJI Inspire 2 Review

DJI Inspire 2 - Dahulu jika ingin mengambil gambar atau film dari udara orang harus membuat sendiri dengan hasil yang tidak memuaskan. Tiba-tiba DJI hadir dengan menggunakan helikopter mainan yang membawa kamera 4K pro-level dengan harga $ 3,000.00. Cerita diatas adalah 3 tahun yang lalu dan sekarang Drone sudah berkembang dengan sangat pesat, banyak teknologi terbaru yang disematkan pada Drone dengan harga murah. DJI Inspire 2 adalah salah satu Drone keluaran terbaru dari DJI, kami akan mengulas apa saja yang ada pada Drone keluaran terbaru DJI ini.
Pandu GBKH
Author
  • Gambar oleh pihak ketiga

Dji menyebutnya Inspire 2 karena memiliki kelebihan dari varian DJI lainnya. Bisa dibilang inklusi terbesar adalah pengaturan baterai ganda yang memberi Inspire 2 sejumlah manfaat. Tidak hanya memberi lebih banyak waktu terbang tetapi juga melindunginya dari kerusakan baterai dan yang lebih penting adalah memberikan daya yang cukup untuk sistem tambahan seperti kamera, stabilisator dan sensor.

Berbicara mengenai kamera, drone rock ini tidak hanya memiliki cam Zenmuse yang dapat dilepas dan mudah diupgrade (milik kami datang dengan X5S), juga memiliki kamera FPV yang menghadap ke depan, yang memungkinkan pilot mengawasi apa yang ada di depan drone sementara secara bersamaan dapat melihat atau mengendalikan kamera Zenmuse.

Drone yang satu ini juga dilengkapi dengan sensor gerakan inersia ganda, barometer ganda dan prosesor khusus untuk berbagai subsistem, termasuk sensor penghindaran masalah yang baru ditambahkan dan Anda bahkan bisa menerbangkannya dengan dua pengendali. Dengan tambahan fitur baru ini membuat Inspire 2 jauh lebih andal, stabil dan aman untuk terbang dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Kualitas dan Desain

Dalam hal bentuk, Inspire 2 tidak jauh berbeda dari model sebelumnya. Memiliki konfigurasi prop yang sama, sistem landing gear yang sama dan kurang lebih bentuk yang sama. Namun ada beberapa peningkatan di beberapa desain kecil yang membuat Inspire 2 lebih fleksibel daripada pendahulunya, meskipun sebenarnya tidak terlihat jauh berbeda.

Perubahan pada desain yang paling menonjol adalah pada kamera FPV baru yang menghadap ke depan dan sistem penghindaran rintangan. Kedua sistem menggunakan sensor yang dipasang ke depan yang berisi lensa optik kecil dan dua pengukur jarak menggunakan laser. Secara estetika, ini adalah perubahan yang cukup kecil, tetapi dalam hal fungsionalitas, sistem ini memberikan manfaat yang sangat besar. Penghindaran rintangan memberikan kemampuan untuk mencegah crash, sementara kamera FPV memungkinkan pilot dapat melacak jejak Inspire kemanapun pun Zenmuse X5S menghadap.

Kualitas build Inspire 2 dibangun dengan sangat baik dan alat peraga memiliki sistem penguncian baru yang memastikan tidak akan lepas selama penerbangan. Sementara lengan penyangga terbuat dari tabung serat karbon super kuat yang sama dengan yang dimiliki generasi sebelumnya. Jika drone ini jatuh (kemungkinan kecil), satu-satunya komponen yang kemungkinan akan mengalami kerusakan serius adalah alat peraga dan kamera. Drone ini bisa diibaratkan seperti tank terbang.

Secara keseluruhan inspire 2 memiliki kelebihan pada desainnya dan telah melakukan perubahan besar-besaran. DJI juga telah melakukan perubahan pada bagian-bagian kecil drone. Dengan menerbangkan inspire 2, Anda seperti menemukan sensasi baru dalam berkendara.

Masa Penggunaan Baterai dan Lamanya Pengisian

DJI memberikan peningkatan pada masa penggunaan baterai. Bila dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya yang hanya mempunyai masa ketahanan 15 menit, inspire 2 diberikan penningkatan dengan masa penggunaan sekitar 25 menit. Seperti versi sebelumnya, jika Anda menggunakan fitur tambahan maka akan mengurangi masa pemakaian baterai.

Performa Penerbangan dan Autonomy

Saat di udara inspire 2 bisa diibaratkan seperti binatang buas, terlihat sangat kekar, sangat stabil dan bisa lebih diandalkan dibandingkan drone DJI sebelumnya. Walaupun sedikit lebih berat dibandingkan dengan Phantom dan Mavic Pro yang lebih cepat dan gesit. akselerasinya lebih lambat tetapi akan melesat dengan cepat hanya dalam beberapa detik saja.

DJI memeberikan kelebihan kecepatan pada Inspire 2 dibandingkan dengan varian sebelumnya. Anda dapat mencapai kecepatan 58 mil perjam dan dapat mencapai ketinggian lebih cepat. Inspire 2 sangat cocok untuk merekam benda yang bergerak cepat, seperti merekam gerakan mobil dan telah teruji dengan hasil yang mengesankan.

Inspire 2 juga memiliki fitur smart piloting, selain standar mode Penerbangan Cerdas dari DJI (TapFly, Waypoint, Point of Interest, Active Track, dll.), Inspire 2 juga dilengkapi dengan mode Pro Spotlight DJI yang baru, yang sangat berguna untuk merekam objek bergerak.

  • Gambar oleh pihak ketiga

Kamera dan Aksesoris

Inspire 2 dirancang tidak dengan benar-benar menggunakan kamera yang sudah terpasang. Tetapi dirancang dengan menggunakan beberapa kamera di jalur Zenmuse DJI dan kamera Micro Four Third yang bekerja dari bawah ke atas. 

Dalam hal kemampuan, menggunakan X5S adalah suatu terobosan besar dibandingkan pendahulunya yaitu Zenmuse X4S dan X5R, terutama pada sensor yang lebih besar. Dengan ukuran piksel 3,4 mikron, sensor 20,8 megapiksel dapat menangkap lebih banyak detail daripada generasi sebelumnya dan juga memiliki kepekaan warna yang lebih baik dan rasio signal-to-noise yang lebih tinggi. Adapun resolusi ini mampu memotret dalam 5,2K pada 30 frame per detik, 4K pada 60 frame per detik, dan turun hingga 720p.

Anda juga dapat menukar satu dari 8 lensa yang berbeda, mulai dari 18mm hingga 90mm. Ini memberikan Anda kebebasan dalam berkreatifitas dan Anda dapat memilih lensa yang paling cocok untuk bidikan yang menjadi target Anda. Tentu saja, Anda harus membayar ekstra untuk lensa ini, karena lensa tersebut tidak termasuk dalam paket stok X5S.

DJI juga menawarkan berbagai aksesori yang luar biasa untuk sistem kamera, seperti solid state drive berdedikasi 480GB yang dirancang khusus untuk menyimpan rekaman X5S, dan kendali jarak jauh yang memberi Anda kendali lebih cepat dan lebih taktis dalam pengaturan fokus kamera. Jadi antara lensa, opsi penyimpanan dan pengontrol khusus, memberikan Anda kebebasan dalam membuat film. Apakah Anda seorang amatir atau profesional ? DJI Inspire 2 memiliki perlengkapan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

+ Sangat cocok untuk mendukung pekerjaan profesional seperti pemetaan foto udara dll.

+ Kamera FPV yang berguna untuk mengambil gambar dengan gerakan kecepatan tinggi

+ Memiliki mode penerbangan otomatis yang mudah dioperasikan

+ Kokoh sehingga tidak akan terjadi kerusakan fatal bila terjadi benturan

Harga yang ditawarkan terlalu mahal

Tidak kompatibel dengan kamera Zenmuse sebelumnya

  • Berat: 3440 gr
  • Warna: Hitam, Perak