fbpx

Dr. Martens, Sepatu Boots Kulit Kebanggan Komunitas Punk Skin Head

dr-martens-alevizone-cover-2

Memiliki model rambut pelontos, bertubuh kurus, menggunakan celana jeans, kaos dibalut jaket kulit dan sepatu Boots kulit tinggi, itulah komunitas Skinhead. Sepatu Boots yang mereka gunakan pada umumnya bermerek Dr. Marten’s, karena mereka menganggap Dr. Marten’s memiliki model yang sesuai dengan karakter yang mereka miliki sebagai golongan pekerja menengah kebawah

Komunitas Skinheads lahir dari golongan anak muda pekerja di Kota London yang berusaha mengikuti mods yang mewabah pada sekitar tahun 60′ an. Walaupun mereka dari golongan pekerja menengah kebawah, tetapi mereka mempunyai cita rasa life style yang cukup tinggi. Generasi pelopor Skinheads ini biasa disebut Trads (Traditional skinheads) atau Trojan Skinheads.

Golongan Trads ini memiliki gaya berpakaian yang mudah dikenali, yaitu T-shirt berbalut jaket kulit dipadukan celana jeans semi ketat dan sepatu Boots kulit. Pamor mereka sempat meredup di sekitar tahun 70’an dan kemudian bangkit kembali bersamaan dengan kelahiran musik Punk sekitar tahun 77’an, sehingga mereka menjadi bagian komunitas Punk di Eropa.

Gambar oleh PGB

Salah satu style mereka yang selalu menggunakan sepatu boots kulit tinggi menjadi ciri khas yang tidak bisa ditinggalkan oleh komunitas ini. Bersamaan dengan kepopuleran gaya kaum Skinheads menggunakan sepatu Boots kulit, saat itu lahir juga Dr. Marten’s sebagai sepatu Boots kulit yang mempunyai konsep military, sehingga sangat digemari dan populer diantara komunitas para pekerja termasuk komunitas Skinheads.

Sepatu Dr. Marten’s sendiri lahir di Jerman dan diciptakan oleh Dr. Klaus Marten’s, walaupun ada sebagian orang yang menyatakan bahwa Dr. Marten’s lahir di London. Desain Dr. Marten’s lahir dari ide Dr. Klaus yang berfrofesi sebagai dokter militer Jerman pada perang dunia ke dua, yang menganggap jika sepatu militer yang ada pada saat itu memiliki desain yang sangat kaku, sehingga sangat tidak nyaman untuk digunakan. Dr. Klaus membuat desain Dr. Marten’s senyaman mungkin, sehingga memberikan sepatu rancangan dengan bahan kulit halus dan sol berlapis udara yang terbuat dari ban. Sepatu Boots bergaya militer ciptaan Dr. Klaus sangat berhasil, tetapi Dr. Klaus mempunyai masalah di penjualan. Dibantu oleh salah seorang kenalannya yang bernama Herbert funck dan merubah beberapa bagian dari Dr.Marten’s, membuat sepatu ini memiliki banyak penggemar dan akhirnya penjualan sepatu Boots ini sangat berhasil dan berkembang hingga ke daratan Inggris.

Photo oleh Dr. Marten's

Para pekerja di Inggris yang memerlukan sepatu Boots jenis ini menyambut dengan sangat baik. Sehingga sepatu ini banyak digunakan oleh golongan pekerja dan tidak ketinggalan komunitas Skinheads yang memiliki style selalu menggunakan sepatu Boots. Dr. Marten’s seperti menjadi sebuah icon bagi komunitas Skinheads dan Punk hingga saat ini. Di Indonesia sendiri Dr. Marten’s pernah sangat populer di sekitar tahun 90’an, walaupun saat ini Dr. Marten’s kurang populer di Indonesia tetapi masih memiliki penggemar yang loyal, terutama bagi komunitas musik Punk dan Grunge.

Dr. Marten’s masih dijual di beberapa Outlet Mall dan di beberapa Toko Online indonesia. Bagi Anda generasi muda dekade tahun 2000’an sekarang, dapat mencoba sepatu Boots ciptaan Dr. Klaus ini dan berani tampil beda dari kebanyakan style yang tengah menjadi trend saat ini. 

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: