fbpx

Fenomena Road Biker yang Memicu Pro dan Kontra Bersepeda di Jalanan Kota

Road bike saat ini tengah menjadi salah satu olahraga bersepeda yang cukup banyak peminatnya. Melaju kencang di jalan raya dengan menggunakan sepeda jenis ini memang memberikan sensasi tersendiri.

Bersepeda dengan menggunakan road bike memang memberikan sensasi tersendiri bagi penggunanya, bahkan nafsu kita seperti memaksa untuk dapat selalu melaju dengan kecepatan tinggi. Jalan aspal dengan permukaan yang mulus tanpa lubang adalah harapan para penggemar hobi yang satu ini.

Hobi bersepeda untuk jenis yang satu ini termasuk memiliki resiko yang cukup tinggi, bukan hanya bagi road biker-nya saja, tetapi bisa saja membahayakan pengguna jalan lainnya. Bersepeda jenis ini mau tidak mau harus melalui medan jalan aspal, sesuai dengan fungsinya. Namun yang jadi masalah disini adalah mereka harus berdampingan atau bahkan berbagi ruas jalan dengan pengguna jalan lainnya, salah satu diantaranya adalah pengendara motor.

Dilema Para Road Biker

Sensasi yang akan dirasakan oleh para road biker ialah mengendalikan nafsu untuk mengontrol kecepatan sepeda. Ketika berada di jalanan beraspal yang mulus, keinginan para road biker untuk memacu sepeda sekencang-kencangnya sangatlah sulit untuk dikontrol. Semakin kencang sepeda melaju semakin kencang juga adrenalin yang mengalir dalam tubuhnya, apalagi jika dilakukan bersama dengan komunitasnya

Sebenarnya memacu sepeda di jalanan dengan kecepatan tinggi bukanlah suatu masalah, namun para road biker berada di jalanan tidaklah hanya sendirian atau dengan komunitasnya saja. Pengendara motor dan mobil sebenarnya sebagai pengguna utama jalan dan dua kelompok pengguna jalan ini kebanyakn akan menganggap jika para road biker sangat mengganggu perjalanan mereka. Jujur saja jika para road biker sedang berada diposisi dua kelompok pengendar itu sepertinya akan merasakan hal yang sama.

Yang lebih mengganggu lagi ialah para road biker arogan yang bersepeda secara berkelompok tanpa menyisakan ruas jalan bagi pengguna utama jalan, Sebenarnya kerugian besar akan dialami para road biker jika terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh bersinggungan atau bahkan bertabrakan dengan kendaraan bermotor, karena sudah pasti para road biker akan mengalami luka yang lebih parah dan serius dibandingkan dengan pengendara motor yang menjadi lawannya. Hal ini tentu menjadi suatu dilema bagi para road biker, karena sebenarnya mereka memiliki hak yang sama sebagai pengguna jalan.

Trek yang Aman dan Menyenangkan untuk Para Road Biker

Yang menjadi pemicu pro dan kontra perlakuan para pengguna kendaraan bermotor yang merasa terganggu dengan kehadiran para road biker, sebenarnya adalah hanya masalah penggunaan jalan saja. Para pengendara motor merasa terganggu dengan cara berkendara sepeda road biker yang berkelompok dan menghabiskan ruas jalan, sedangkan para road biker merasa jika jalan adalah milik bersama dan mereka mempunyai hak yang sama untuk menggunakannya.

Kembali kepada fungsi road bike sebagai alat olahraga dan hobi yang dapat memberikan kesenangan, pada dasarnya berkendara road bike akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukannya di jalan aspal luar kota yang masih sepi dari pengendara bermotor.

Selain lebih aman, berkendara road bike dengan trek yang menghubungkan satu desa dengan desa lainnya di luar kota, akan memberikan banyak nilai lebih, seperti udara segar bebas polusi dan pemandangan pedesaan yang indah. Semua itu akan terasa sangat berbeda dibandingkan dengan berkendara road bike di kota yang hiruk pikuk penuh dengan polusi dan cacian para pengendara motor, juga resiko kecelakaan yang lebih besar.

Melalui trek jalan pedesaan diluar kota akan terasa lebih menyenangkan - Gambar diambil dari trekbikes.com

Bersepeda road bike adalah salah satu hobi yang sangat menyenangkan dan menyehatkan, namun saat ini keberadaannya sedang menjadi sebuah fenomena pro dan kontra bagi sebagian besar masyarakat pengguna kendaraan bermotor di perkotaan. Sudah cukup banyak komunitas yang terbentuk dan masih dapat bertahan, walaupun trend bersepeda sudah turun sangat drastis. ini bisa dikatakan suatu kabar positif. Pada akhirnya semua kembali kepada toleransi semua pihak sebagai pengguna jalan dan empati saling menghargai satu sama lainnya.

Sumber artikel : Alevizone Stories

Lihat produk menarik di : Alevizone Store

RECOMMENDED STORIES

COMMENTS

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019