fbpx

Filosofi Persahabatan Nikotin dan Kafein yang Menuai Penolakan

Persahabatan mereka seperti tidak pernah lekang oleh waktu, jika salah satu diantara mereka tidak ada rasanya seperti tidak ada artinya. Persahabatan mereka menjadi teman setia untuk menemani banyak Pria dalam berbagai aktivitas, walupun kehadirannya menuai banyak penolakan oleh sebagian masyarakat.

Bagi penggemarnya, mereka sudah dianggap seperti pasangan serasi yang tidak dapat dipisahkan, walaupun ada juga yang hanya menikmati salah satu diantaranya saja. Nikotin dan kafein memang sangat luar biasa serasinya, mereka adalah pasangan ideal yang dapat memberikan sensasi kenikmatan dibandingkan dengan yang lainnya, padahal menurut para ahli kedua senyawa organik ini jika dikonsumsi berlebihan akan membahayakan kesehatan penikmatnya.

Indonesia adalah salah satu negara dengan penikmat nikotin dan kafein dalam jumlah yang cukup besar, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara produsen tembakau dan bijih kopi berkualitas. Kandungan nikotin pada rokok dan kafein pada kopi bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, dapat dikatakan jika salah satu diantaranya tidak ada maka seperti tidak ada artinya.

Sekilas Mengenal Nikotin dan Kafein ?

Nikotin adalah senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh berbagai macam tumbuhan, dan tumbuhan yang paling populer sebagai penghasil nikotin dengan kadar tinggi adalah tembakau. Bukan hanya pada tembakau, ternyata nikotin juga terkandung di dalam tanaman terung-terungan, seperti terung, kentang dan tomat, walaupun terdapat dalam kadar yang rendah. Selain itu nikotin merupakan senyawa kimia organik yang dapat memberikan dampak terhadap suasana perubahan hati dan berfungsi sebagai perangsang dan penenang, sehingga membuat penggunanya menjadi merasa relaks, lebih tajam panca inderanya, tenang dan juga waspada. Penggunaan nikotin pada umumnya terkandung di dalam tembakau sebagai bahan utama pembuatan rokok.

Keberadaan kafein sebenarnya hampir sama dengan nikotin, yaitu sebagai senyawa kimia organik yang terdapat pada tumbuhan. Tumbuhan yang paling banyak mengandung kafein ialah biji kopi, walaupun begitu kafein juga banyak terkandung di dalam daun teh dan kakao. Berbeda dengan nikotin yang dapat memberikan pengaruh relaks pada penggunanya, kafein justru dapat memberikan dampak rangsangan aktif pada penggunanya, sehingga banyak minuman-minuman energi yang menggunakan kafein sebagai kandungan yang ada di dalamnya.

Filosofi Persahabatan Nikotin dan Kafein

Dampak yang dihasilkan oleh kedua senyawa organik ini memang saling bertolak belakang, bisa diibaratkan bagaikan dua arah mata angin yang berbeda. Mungkin karena kedua faktor dampak tersebut yang membuat nikotin dan kafein menjadi seperti sahabat yang tidak dapat terpisahkan. Nikotin yang akan memberikan dampak rileks dan kafein yang memberikan dampak aktif seperti dua orang sahabat yang saling membutuhkan dan saling mengisi kekurangannya.

Terlepas dari sisi buruk kedua senyawa organik ini, namun ada sisi positif yang dapat dipetik menjadi sebuah pelajaran. Ketergantungan satu sama lain yang membuat candu penikmat-nya seperti tidak dapat dipisahkan, sehingga jika salah satu diantaranya tidak ada maka akan terasa hambar dan tidak ada artinya.

Persahabatan ini tidak melihat dari sisi negatif masing-masingnya, karena satu sama lain akan menutupi kekurangan yang lainnya dan kelebihan yang dimiliki yang satu akan diberikan kepada yang lainnya, sehingga persahabatan mereka tidak dapat terpisahkan, karena mereka akan selalu saling membutuhkan.

Nikotin dan kafein bagaikan sahabat sejati - Gambar diambil dari bolojawan.com

Dalam sebuah persahabatan atau bahkan pasangan suami dan istri akan menemukan percikan-percikan masalah yang datang dari faktor external. Nikotin sesungguhnya belum terbukti secara ilmiah dapat mengganggu kesehatan, dan kafein hanya akan berdampak buruk jika dinikmati secara berlebihan.

Zat lain yang sesungguhnya lebih berbahaya ialah kandungan tar pada sebatang rokok dan gula pada segelas kopi. Kedua zat itu bagaikan faktor external yang dapat memicu perpecahan antara dua orang sahabat yang sesungguhnya merupakan sahabat sejati.

Sumber artikel : Alevizone Stories

Lihat produk menarik di : Alevizone Store

RECOMMENDED STORIES

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019