fbpx

Garmin, Merek GPS yang Awalnya Ditujukan untuk Keperluan Maritim

Garmin awal mulanya ditujukan untuk keperluan maritim, dengan produk pertamanya yang bernama GPS 100. Namun seiring berjalannya waktu, garmin berkembang menjadi sebuah merek yang memberikan banyak manfaat, terutama dalam urusan teknologi untuk keperluan Geographic Information System

Mengenang pengalaman lama saat masih belum dikenalnya GPS, sekitar tahun 1990-an hingga 2000-an awal. Mungkin saat itu GPS sudah ada, tetapi tidak seperti sekarang yang mudah didapat dengan banyak merek yang ditawarkan. Ketika mendaki gunung Kita benar-benar tidak dibekali apa-apa untuk mengetahui posisi Kita saat itu, mungkin beberapa pendaki hanya menggunakan kompas dan peta keluaran jaman Belanda, karena yang dikenal hanya itu saja. Tetapi jaman sudah berbeda, para pendaki saat ini rata-rata sudah dibekali dengan GPS, sehingga kemungkinan tersesat di hutan pegunungan sangat kecil, dan GPS yang banyak digunakan biasanya ber-merek Garmin.

Garmin adalah salah satu merek yang memproduksi teknologi GPS, dan untuk di Indonesia sendiri Garmin bisa dibilang satu-satunya merek yang dapat dipercaya untuk urusan yang satu ini. Garmin adalah merek yang lahir dari sebuah perusahaan yang bernama Garmin Ltd. yaitu sebuah group perusahaan yang lahir di George Town, Amerika Serikat, dan nama perusahaan ini diambil dari dua orang pendirinya, yaitu Gary dan Kao Min. Untuk pemasarannya di Asia Garmin mempercayakan tempat produksinya di Kota Sijhih, Taiwan. 

Awal mulanya garmin diperkenalkan dan diproduksi untuk memenuhi keperluan maritim, dan GPS pertama yang diproduksinya bernama GPS 100, saat itu dijual dengan harga US$ 2500 dan diluncurkan di acara International Marine Technology. Kecanggihan teknologi baru yang diperkenalkan oleh Garmin menjadi perhatian banyak aktivis maritim, dan penjualan Garmin meledak hingga mencapai penjualan 5000 unit. Pada Tahun 1991 tepatnya di Bulan Januari, Garmin mulai melakukan ekspansi di Asia dan mendirikan fasilitas produksi-nya di Taiwan.

Selain terkenal untuk semua kegiatan maritim, GPS keluaran Garmin ini sangat populer di kalangan militer, terutama saat terjadinya perang teluk di Kuwait dan Arab Saudi yang terjadi sekitar Tahun 1991. Pada tahun 2003 Garmin meluncurkan GPS yang menyertakan tampilan map di dalamnya, yang diberi nama GPS iQue, dimana GPS ini disatukan dalam PDA sehingga tidak membutuhkan komputer untuk menampilkan map.

Seiring berjalannya waktu, Garmin terus mengembangkan teknologi terbarunya, dan sudah banyak varian dari Garmin yang diluncurkan dan disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas penggunanya. Beberapa varian dari Garmin yang banyak digunakan dan dicari adalah GPS untuk keperluan maritim dan olahraga outdoor, bahkan saat ini para pengendara kendaraan bermotor atau mobil sudah banyak yang memanfaatkan kecanggihan teknologi GPS dari Garmin. 

Selain GPS untuk keperluan yang disebutkan tadi, Garmin saat ini tengah gencar mengembangkan teknologi GPS yang disematkan pada smartwatch atau jam tangan digital. Smartwatch yang mereka kembangkan memiliki banyak fungsi diluar teknologi GPS yang mereka miliki. Beberapa fitur canggih yang disematkan pada smartwatch produksi Garmin diantaranya adalah fitur sensor, smart harian, keselamatan dan pelacakan, pelacakan aktivitas, gym, perencanaan/analisa, heart rate, berlari, golfing, outdoor recreation, bersepeda, berenang, hingga konektifitas dengan smartphone.

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: