fbpx
Kapan Motor Jawa Mulai Melaju Dijalanan Pulau Jawa?

Kapan Motor Jawa Mulai Melaju Dijalanan Pulau Jawa?

"Beberapa tahun belakangan ini motor bergaya retro menjadi trends dan banyak dicari oleh penggemar sepeda motor di Indonesia. Berkesan klasik tetapi gagah dan mencirikan seperti seorang biker sejati di tahun '70an' itulah yang membuat motor jenis ini mulai banyak penggemarnya, bahkan dikalangan anak muda jaman sekarang"
Wisnu YPH
Author

Motor JAWA adalah salah satu merek motor yang menghadirkan konsep retro, dimana beberapa tahun belakangan ini sangat digemari oleh para pecinta motor di Indonesia. Memang terlihat sangat klasik, bahkan berkesan sangat kuno bila dibandingkan dengan motor-motor keluaran terbaru. Walau bergaya retro dan terlihat kuno, motor JAWA sebenarnya sudah memiliki spesifikasi mumpuni dan fitur canggih sesuai dengan jaman.

Bila dilihat dari namanya, motor ini seperti ada hubungannya dengan salah satu nama pulau di Indonesia. Tetapi sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali, bahkan kita sama sekali tidak pernah melihat motor ini melaju di jalanan pulau Jawa.     

  • Dok JAWA Motorcycle Company

Sejarah Motor JAWA

Berasal dari Negara Cekoslovakia seorang bernama Frantisek Janecek mengakusisi Wanderer, salah satu pabrikan motor asal Jerman yang kemudian menggabungkan dari namanya Janecek dan Wanderer menjadi JAWA. Berdiri pada tahun 1929 motor ini mempunyai ciri khas desain bergaya klasik retro seperti motor-motor pada perang dunia kedua. pada tahun 1950-an, JAWA pernah menjadi merek motor terlaris dengan berhasil menjual model 350 ke hampir 120 negara berbeda, dan kesuksesan itu berlanjut terus sampai dengan tahun 1970 dengan mengeluarkan model terbarunya 350 Californian. Dikarenakan sesuatu hal, pada tahun 1990 pabrikan motor ini mengalami kemunduran penjualan sampai dengan mengalami krisis. Walaupun begitu pabrikan motor ini masih mengeluarkan model terbarunya pada tahun 1997 dengan menganti nama perusahaan menjadi Týnec nad Sázavou dan mengganti nama JAWA menjadi JAWA Motors.

Sampai dengan saat ini JAWA Motors masih tetap selalu mengeluarkan varian terbarunya walaupun masih mempertahankan ciri khasnya sebagai motor bergaya klasik retro. Model terbaru keluaran JAWA Motors yang diberi nama 350 OCH. Motor barunya ini memiliki mesin 4-Tak dengan kapasitas 395 CC injeksi 1 silinder dan telah memenuhi syarat regulasi Euro4. Motor ini memiliki mesin bertenaga 27.7 Tk dengan torsi 30.6 Nm. Sebenarnya pada sekitar tahun 2017 perusahaan ini hampir saja gulung tikar, tetapi berhasil diselamatkan oleh pabrikan asal India bernama Mahindra yang telah mengakusisinya. 

Model Terbaru JAWA Motors

Pada tahun 2018 lalu, JAWA Motors sebenarnya sudah mengeluarkan 3 model terbarunya di India yaitu Jawa, Jawa Perak dan jawa 42 ketiga varian tersebut memiliki model Bobber dan sangat terlihat klasik retro. Walaupun terlihat sangat retro klasik ketiga varian motor tersebut memiliki spesifikasi dan fitur yang cukup mumpuni untuk motor dikelasnya. Sebagai salah satu contoh pada varian termahal dan tertinggi yaitu Jawa Perak, dimana motor ini sudah menggunakan mesin 334cc, satu silinder, berpendingin cairan, DOHC yang menghasilkan tenaga 30.4 hp dan torsi 31 Nm. Mesin menggunakan bore yang lebih besar dengan stroke yang sama. Dengan dibekali kemampuan mesin seperti itu dan memiliki model yang sangat keren, motor ini dijual dengan harga cukup murah, di India motor varian tertinggi ini dibandrol dengan harga Rs 1.89 lakh atau bila dalam rupiah hampir setara dengan Rp. 38 juta saja.

JAWA Motors sudah mempersiapkan motor model adventure sebagai pesaing Royal Enfield Himalayan, diperkirakan motor ini akan diluncurkan sekitar awal tahun 2020. Melalui beberapa sketsa teaser yang ditunjukan, motor adventure keluaran JAWA Motors ini akan didukung dengan kemampuan mesin yang sama dengan type roadster, yaitu mesin 300 cc yang akan menghasilkan tenaga 27 PS dan torsi 28 Nm, dengan kapasitas mesin seperti itu tentunya akan handal digunakan di medan off road.

  • Dok JAWA Motorcycle Company

Kapan akan Hadir di Indonesia ?

Memiliki model retro klasik yang mengagumkan dengan ditunjang spesifikasi mesin dan fitur mumpuni, ditambah juga dengan harga cukup terjangkau tentu sangat menarik perhatian dan ditunggu para penggemar dan pengendara motor di Indonesia. Namun sampai dengan artikel ini diposting belum ada kejelasan kapan motor Jawa ini akan dijual di Indonesia. Mudah-mudahan di akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 bersamaan dengan munculnya varian adventura yang sedang mereka persiapkan, motor ini sudah dapat berpacu di jalanan indonesia, kita nantikan saja.

RELATED STORIES