fbpx

Kawasaki W175 Review

Kawasaki W175 – Ada suatu pepatah yang mengatakan bahwa “Seni tidak akan pernah lekang oleh waktu”, walaupun sekarang adalah jaman digital teknologi, seni akan selalu hadir disekitar kita. Suatu produk walaupun terbilang canggih dan modern, tetap memerlukan balutan desain yang dibuat dengan dasar seni. Kawasaki mencoba menerapkan itu pada produk moge baru nya, produk baru itu mereka beri nama Kawasaki W175. W175 terbilang cukup unik dan kawasaki terbilang cukup berani untuk memproduksi motor “bergaya retro-modern ini

Desain

Kawasaki W175 memiliki desain dengan konsep retro-modern, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar motor moge. Dari sisi depan terlihat seperti motor Honda CB100 yang pernah trend sekitar tahun 70 – 80an. Memiliki headlamp dan kaca spion berbentuk bundar, memang terlihat sangat klasik sekali. Lampu sein dibuat sedikit lebih kecil, sehingga terlihat sangat simple. Untuk tampak depan saya kira tidak ada yang terlalu spesial, Kawasaki berhasil menciptakan W175 benar-benar seperti motor tahun 70-an.

Bergerak ke arah samping, kesan bulat masih terlihat mendominasi W175. Tangki bensin terlihat membulat dihiasi logo kawasaki yang berkesan jadul. Begitupun dengan dop mesin dan accu atau tempat penyimpanan tools, sangat berkesan klasik. Bahkan bentuk jok pun sangat terlihat kuno, terlihat dari samping tidak ada sedikitpun yang memberikan kesan bahwa motor ini dibuat di tahun-tahun sekarang.

Untuk penampakan bagian belakang, W175 sedikit memperlihatkan kesan modernnya pada lampu keselamatan yang disematkan diantara lampu sein, karena pada tahun 70-an tidak akan kita temukan model lampu keselamatan seperti itu. Secara keseluruhan untuk desain W175, Kawasaki telah berhasil menghadirkan motor dengan desain retro-modern, bahkan kesan modern terlihat dominasinya sangat kecil sedikit.

Speedometer dengan Instrumen Indikator Analog

Sesuai dengan konsepnya, W175 didesain oleh kawasaki memiliki sistem indikator yang klasik dan simple. Dengan sistem indikator analog yang simple, W175 menampilkan informasi yang minimalis, namun penting, seperti kecepatan km/jam dan jarak tempuh. Bentuk speedometer yang dimiliki W175 pun masih didesain membulat sesuai dengan konsepnya. Sama dengan motor pada umumnya, speedometer W175 menampilkan juga beberapa lampu indikator seperti lampu sorot jauh/dekat, lampu netral dan lampu sein. Walaupun panel indikator terlihat minimalis, namun cukup informatif dan standar bagi pengendaranya.

Dimensi yang Minimalis

Memiliki desain yang klasik dan keren, menurut saya Kawasaki memberikan W175 dimensi yang terlalu minimalis untuk ukuran moge, sebenarnya dimensi tersebut sangat cocok untuk ukuran orang Asia, jadi tidak terlalu menjadi kekurangan. Tetapi bagi Anda yang memiliki tubuh lebih besar diatas rata-rata orang Asia, sebaiknya perlu pikir 2x untuk memiliki motor ini. Walaupun memiliki dimensi yang minimalis untuk ukuran moge, Kawasaki cukup baik dalam merancang dan memilih rangka dalam rancangan struktur dimensinya. Mimiliki ukuran dimensi panjang 1930 mm, lebar 765 mm, tinggi 1030 mm, dan berjarak sumbu roda 1275 mm, walaupun minimalis tetapi tetap terlihat ideal. W175 memiliki bobot sekitar 126 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 13.5 l dan jarak terendah ground mencapai 165 mm. Kawasaki W175 menurut pengamatan saya sudah memiliki dimensi yang cukup ideal, sehingga sangat cocok digunakan oleh Anda, dan bila melihat dari jarak ground clearance Anda juga tidak perlu khawatir bila berkendara menelusuri jalan-jalan pedesaan yang penuh jalan berlubang dan lubang berjalan.   

Photo oleh Pihak ketiga

Suspensi Handal Menjaga Keseimbangan Motor

Untuk spesifikasi pada kaki-kaki, moge klasik minimalis ini dibekali suspensi yang kokoh dan kuat, sehingga kesan gagah terlihat dan terasa bila Anda mengendarainya. Suspensi yang disematkan Kawasaki pada W175 berupa Telescopic Fork berukuran 30 mm yang terpasang pada bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang, Kawasaki W175 akan mengandalkan suspensi tipe Swing Arm, dengan Dual Shock Absorbers yang dilengkapi pengaturan atau spring preload adjustability sehingga pengguna pun bisa mengatur daya redamnya sesuai kebutuhan. Velg yang digunakan berukuran 17 inc, di mana setiap velg tersebut akan dibalut ban berukuran 80/100-17M/C di bagian depan, sedangkan ban bagian belakangnya akan menggunakan ban yang berukuran 100/90-17M/C.

Kawasaki W175 ini pun juga akan dilengkapi rem handal berupa piringan cakram tunggal berdiameter 220 mm yang tersematkan di bagian depannya. Sementara itu, pada rem bagian belakangnya akan menggunakan tipe rem Drum berukuran 110 mm. Untuk rem ditempatkan dengan diposisi yang nyaman untuk digunakan, sehingga pengendara akan dengan mudah menggunakannya terutama dalam kondisi-kondisi seperti harus melakukan rem mendadak. Untuk kaki-kaki dan suspensi, Kawasaki W175 cukup Ok, bahkan bisa dibilang diatas standar rata-rata motor dikelasnya.

Performa Mesin Cukup Gahar

Berlanjut ke bagian mesin, Kawasaki memberikan mesin SOHC berkapasitas 177 cc. Dengan dibekali mesin seperti itu, W175 memiliki tenaga yang cukup besar, yakni hingga 9.6 kW per 7500 rpm, sedangkan titik puncak torsi yang bisa dicapai hingga 13.2 Nm per 6000 rpm. Tetapi semua itu berkat sistem pengapian DC–CDI yang mana dikolaborasikan dengan transmisi 5 percepatan Wet Multi Disc. Selain itu semua, W175 dilengkapi ruang pacu berupa Carburattor Mikuni VM24 yang diklaim oleh pihak Kawasaki dapat lebih menghemat bahan bakar. Dengan memiliki spesifikasi mesin yang cukup gahar, moge minimalis ini bisa dibilang mempunyai kelebihan pada mesinnya.

Fitur Canggih Menunjang Kenyamanan dan Keamanan Pengendara

Seperti kebanyakan motor keluaran Kawasaki, W175 juga ditunjang dengan fitur yang cukup canggih, walaupun motor ini memiliki desain body yang klasik. Fitur-fitur canggih yang disematkan kawasaki pada W175 diantaranya adalah  rem cakram tunggal berukuran 220 mm dan rem Drum 110 mm. Walaupun belum dilengkapi dengan teknologi ABS, menurut saya sudah sangat baik untuk moge sekelas W175. Teknologi injeksi berupa Carburattor Mikuni VM24 pun menjadi salah satu fitur andalan yang membuatnya menjadi moge minimalis yang ramah lingkungan.

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: