fbpx
Kenapa Nissan All New Livina 2019 Harus Berwajah Xpander?

Kenapa Nissan All New Livina 2019 Harus Berwajah Xpander?

"Kenapa Nissan New Livina 2019 harus berwajah Xpander? - Pertanyaan itu muncul pada saat saya pertama kali melihat tampang New Livina 2019, dan itu mengingatkan saya pada beberapa mobil keluaran Toyota dan Daihatsu yang mempunyai tampang kembar, seperti Rush dengan Terrios, Alya dengan Agya dan sang legenda Avanza dengan Xenia"
Wisnu YPH
Author

Jika melihat dari sisi bisnis apakah mungkin akan menguntungkan bagi Nissan, karena seperti sudah kita tahu, Mitsubishi Xpander telah berhasil mencuri perhatian pengguna mobil jenis MPV. Dari awal launcing saja Xpander sudah mendapatkan banyak pesanan, padahal stock yang tersedia tidak dapat memenuhi permintaan. Dengan keberhasilan Xpander itu Nissan sepertinya ingin mencoba mendongkrak penjualan mobil jenis MPV, dan mobil jenis MPV milik Nissan yang sudah cukup familier di Indonesia sepertinya hanya ada Livina. Mitsubishi saat ini sudah beraliansi dengan Nissan sehingga sah-sah saja bila Nissan melakukan hal itu pada Livina dan Xpander. Atau dapat juga sebaliknya, para penggemar Nissan khususnya Livina akan memandang itu sebagai langkah mundur, karena ciri khas Livina sebagai mobil MPV rasa sedan menjadi hilang sehingga para konsumen akan mencari alternative lain untuk mendapatkan rasa itu.

Toyota telah me-akusisi Daihatsu sudah cukup lama, dengan beberapa produk kembarnya seperti Avanza dengan Xenia dan Rush dengan Terrios telah berhasil menguasai pasar di kawasan Asia khususnya Indonesia dan Malayasia, menurut analisa saya dan dari beberapa sumber, strategi tersebut dilakukan untuk mendongkrak penjualan Daihatsu yang pada saat itu tengah dalam kondisi terpuruk. Strategi jitu yang dilakukan Toyota dan Daihatsu sangat berhasil, sepertinya konsumen diberikan pilihan dua buah mobil yang tampak sama tetapi harga berbeda.

Pertanyaan yang muncul di benak saya adalah kenapa Nissan harus melakukan hal itu juga pada saudara angkatnya Mitsubishi? Ada beberapa analisa yang timbul dalam pikiran saya, 1. Apakah desainer Nissan sudah tidak kreatif lagi? sehingga tidak memiliki ide untuk membuat tampang New Livina lebih fresh? 2. Apakah dengan meniru strategi Toyota pada Daihatsu bisa mendongkrak penjualan segmen MPV nya? 2. Apakah Nissan tidak mau ambil resiko penjualan, bila Livina memiliki tampang yang berbeda dengan Xpander? dan sebetulnya masih banyak lagi pertanyaan yang ada dalam pikiran saya. Untuk menjawab semua itu mari kita bandingan kesamaan dan perbedaan dari kedua saudara kembar ini.

Desain All New Livina VS Xpander

  • Modifikasi dari Nissan & Mitsubishi

Dari tampang sekilas kedua saudara kembar ini tidak memiliki banyak perbedaan, Lampu utama depan  berbentuk kotak yang disematkan Xpander digunakan juga oleh New Livina 2019, memang terlihat sangat gagah tapi sebetulnya posisi lampu yang menjorok kedalam itu adalah salah satu kelemahan Xpander, ada beberapa konsumen yang mengeluhkan itu, tetapi kenapa malah ditiru oleh New Livina. Perbedaan yang mencolok adalah pada ciri khas wajah Nissan yang baru yaitu berupa list berbentuk V dengan bahan chrome seperti yang terdapat pada mobil keluaran Nissan baru lainnya. Jika diamati secara teliti saya melihat justru Xpander lebih gagah dibandingan New Livina.

Beralih kebagian samping, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dari saudara kembar ini bahkan sangat terlihat seperti pinang dibelah dua. Kedua saudara kembar ini sama-sama memiliki list body yang menjorok kedalam dengan aksen lurus dari pintu depan sampai dengan kebelakang. Pada desain tampak belakang juga tidak banyak perbedaan dari kedua mobil ini, tetapi bila diperhatikan secara seksama ada sedikit perbedaan tampak belakang dari saudara kembar ini, tampak belakang All New Livina terlihat sedikit lebih mancung kebelakang, namun terlihat lebih baik dibandingkan Xpander. Lampu belakang dan lampu rem Nissan tidak memberikan banyak perbedaan pada All New Livina, sehingga bila kedua mobil ini tidak menyematkan logo maka akan terlihat seperti mobil yang sama. Untuk desain saya rasa tidak banyak perbedaan dari kedua saudara kembar ini, sehingga menurut saya tidak terlalu banyak yang dapat diulas.

Fitur dan Interior All New Livina VS Xpander

  • Modifikasi dari Nissan & Mitsubishi

Seperti yang sudah kita ketahui, Nissan adalah salah satu merek mobil jepang yang jago dalam hal desain, bahkan beberapa variannya sangat laris di pasaran Eropa dan Amerika. Sekarang kita akan lihat, perbedaan desain interior yang ada pada All New Livina dan perbedaanya dengan Xpander.

Yang menjadi perhatian utama adalah perbedaan pada dashboard kedua saudara kembar ini. Secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan pada bagian dasboard kedua mobil ini, saya menemukan perbedaan yang sangat menonjol adalah pada sisi depan penumpang depan. Pada All New Livina kesan lancip pada sudut-sudut dashboar lebih terlihat gagah dibandingkan Xpander yang mempunyai kesan lebih membulat. Selain laci penyimpanan All New Livina dan Xpander memberikan ruang diatas laci utama untuk menyimpan barang-barang kecil. Untuk saluran AC All New Livina memiliki bentuk yang hampir sama dengan Xpander, kesan lancip sangat terasa disitu. Laci utama All Livina dan Xpander memiliki sitem pembukaan yang sama kebawah dengan tata letak yang sama.

Pada fitur unit set di bagian tengah, saya kira tidak ada perbedaan yang menonjol, memiliki tata letak yang sama mulai dari audio – video set sampai dengan panel perpindahan gigi. Dua nuah saluran AC sama-sama berada di bawah layar video yang disematkan dengan tombol panel lampu emergency, dan berlanjut pada tiga buah panel pengaturan AC yang berbentuk bundar. Pada bagian speedometer set, Nissan tidak memberikan banyak penyegaran, semua terlihat sangat mirip, mulai dari tata letak fitur-fitur nya sampai dengan bentuk stir pengemudi. Pada bagian stir pengemudi bahkan perbedaan menonjol yang dapat terlihat hanya berupa logo kedua merek mobil ini saja. 

Untuk bagian lain interior saudara kembar ini, saya rasa tidak ada yang banyak dapat diulas, karena semua tata letak dan desainnya sangat mirip sekali. Salah satu kelebihan yang diberikan Nissan pada All New Livina hanyalah tambahan lapisan kulit jok pada type VL atau type tertinggi All New Livina.

All New Livina memiliki fitur keselamatan yang sama dengan Xpander, fasilitas fitur keselamatan disesuaikan dengan type masing-masing dari kedua saudara kembar ini.

Performa Engine

  • Modifikasi dari Nissan & Mitsubishi

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, Mitsubishi Xpander mengusung spesifikasi mesin 1.449 cc DOHC yang mampu memberikan tenaga 04 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm. Jantung pacu tersebut sejalan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Bila melihat dari spesifikasi dan performa engine All New Livina, sepertinya tidak ada perbedaan yang signifikan bahkan dapat dikatakan sebenarnya All New Livina memiliki performa mesin yang sama dengan Xpander, sehingga saya tidak dapat mengulas banyak untuk perbedaan performa engine kedua mobil ini.

Kesimpulan

Dari ulasan All New Livina dan Xpander diatas, dapat disimpulkan bahwa sepertinya Nissan memang membuat All New Livina sebagai saudara kembarnya Xpander, namun demikian mereka pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Seperti yang sudah kita ketahui, Nissan adalah salah satu merek mobil buatan jepang yang telah berhasil di pasaran Eropa dan Amerika. Salah satu keunggulan yang membuat mereka berhasil di pasaran Eropa dan Amerika salah satunya adalah desain dan kualitas mereka miliki setara dengan mobil-mobil buatan Eropa dan Amerika. Sehingga langkah mereka untuk membuat All New Livina seperti sekarang ini sudah diperhitungkan secara detail. 

Menurut pandangan saya walaupun All New Livina dibuat sebagai kembaran Xpander bukanlah suatu langkah mundur bagi Nissan. All New Livina atau Xpander sangat layak untuk dijadikan pengganti mobil lama Anda. Hanya satu yang saya sesalkan dari All New Livina ini, yaitu kita jadi tidak bisa menikmati mobil MPV rasa sedan yang menjadi ciri khas Livina sebelumnya. Dan satu lagi pertanyaan saya, “kenapa Nissan tidak menjadikan mobil ini sebagai varian baru saja? sementara ciri khas Livina sebelumnya sebagai mobil MPV rasa sedan masih ada pada All New Livina. Selamat mencoba All New Livina……