fbpx

Berjalan Kaki, Olahraga Sederhana yang Memberikan Banyak Manfaat

Manfaat berjalan kaki secara rutin sebenarnya hampir semua orang dewasa sudah mengetahuinya, namun karena kesibukan pekerjaan dan tidak adanya waktu yang tersedia membuat banyak orang seperti sulit untuk melakukannya.

Sebenarnya ukuran tubuh saya tidak gemuk seperti kebanyakan orang seusia saya, bisa dibilang masih cukup ideal dan bahkan masih bisa bersaing dengan laki-laki yang usianya jauh dari saya. Namun kebiasaan buruk merokok, minum kopi dan begadang sedikit ada pengaruh untuk kesehatan tubuh saya, walaupun pada waktu-waktu tertentu saya masih aktif bersepeda dan hiking, namun itu dilakukan tidak rutin dengan rentang waktu satu bulan sekali dalam waktu dua minggu.

Penambahan usia tidak dapat dihindari oleh siapapun mahluk ciptaan Tuhan, dan itu mulai saya rasakan disaat usia seperti sekarang ini. Beberapa gejala perubahan tubuh karena pengaruh usia dan kebiasaan buruk yang saya lakukan mulai saya rasakan, walaupun saya berusaha untuk tetap energik menyeimbangi dengan beberapa teman yang usianya jauh dari saya.

Penurunan kemampuan fisik saya rasakan pertama kalinya ketika bersepeda gunung dengan beberapa teman  yang usianya jauh lebih muda dari saya. Dulu ketika masih dalam usia emas, sekitar usia 20 tahun hingga 30 tahun bisa dibilang saya selalu menjadi yang terdepan ketika bersepeda gunung atau hiking, namun kini kejayaan itu sepertinya sudah mulai redup dan saya selalu menjadi yang terbelakang, bahkan ketika menghadapi tanjakan, sepeda yang saya gunakan lebih banyak dituntun daripada dinaiki, ada sedikit rasa malu, tetapi usia memang tidak dapat dibohongi.

Pergi dan Pulang Kerja dengan Banyak Berjalan Kaki 

Walaupun sudah banyak tempat kerja yang menyediakan fasilitas kebugaran tubuh yang cukup memadai ada kalanya akan ada rasa enggan untuk menyentuh peralatan kebugaran yang ada, bahkan untuk memasuki ruangannya saja penuh dengan rasa keengganan. Kebetulan di area lokasi kerja saya saat ini jarak antara kantor dan mess letaknya cukup jauh dan ada perbedaan ketinggian yang cukup signifikan antara keduanya, sehingga jika pulang kerja biasanya para karyawan menggunakan fasilitas kendaraan perusahaan atau berjalan menyusuri lorong jalan yang sebagian besar merupakan anak tangga.

Pertama kali saya mencoba berjalan dan meyusuri anak tangga yang jumlahnya lebih dari 100 lutut sepertinya mau lepas, ditambah lagi dada rasanya seperti diduduki wanita yang beratnya lebih dari 100 kg. Namun setelah saya lakukan secara rutin setiap sore hari sepulang kerja perbedaan pada tubuh mulai saya rasakan, diantaranya adalah nafas sudah mulai terasa nyaman, tidur bisa lebih cepat dan tubuh terasa lebih ringan. 

Selain Kebugaran Tubuh, Ada Manfaat Lainnya yang Dapat Dirasakan 

Setelah mulai rutin berjalan sepulang kerja dan tubuh terasa lebih nyaman, ada satu hal baru yang saya rasakan dari manfaat berjalan, yaitu pengaruh terhadap kesehatan mental dan pikiran kita. Selama dalam perjalanan saya dapat menikmati pemandangan disekitar jalan yang dilalui, termasuk orang-orang yang saya jumpai dalam perjalanan.  Sapaan selamat pagi dan selamat sore kepada setiap orang yang saya jumpai ternyata dapat menggembirakan hati dan membuat hubungan sosial kita lebih baik, tidak pandang bulu siapapun orang yang kita jumpai.

Berjalan adalah olahraga yang tidak disengaja tetapi dapat memberikan banyak manfaat untuk kita, selain dapat membuat tubuh lebih bugar pikiranpun akan terasa lebih cerah, sehingga ide-ide baru bisa datang tanpa diduga-duga. Mulailah Anda mencoba lebih banyak berjalan kaki, lakukan dari kegiatan rutin yang tidak perlu sengaja dilakukan, Anda akan merasakan manfaatnya setelah dilakukan secara rutin, saya salah satu orang yang sudah membuktikannya.      

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: