fbpx

Memviralkan Adalah Upaya untuk Mengungkap Kenyataan Sebenarnya yang…

Viral dapat diibaratkan seperti virus yang sengaja disebarkan untuk menarik perhatian banyak orang melalui suatu media, saat ini media yang paling banyak digunakan ialah media sosial.

Fenomena viral mendapatkan nama dari bagaimana virus dapat menyebarkan dirinya sendiri secara alami, sehingga cara ini banyak digunakan pada jaman sekarang untuk menyebarkan berita atau suatu kejadian secara cepat hingga hampir keseluruh dunia.

Kemajuan teknologi dibidang internet sangat mendukung cara ini, sehingga dapat menguntungkan siapa saja yang menginginkan apapun yang dibuat, ditulis atau direkam dalam bentuk digital dapat cepat menyebar hingga seantero dunia dan cara ini sangat efektif didalam bidang marketing.

Asal Mula Fenomena Viral Ada di Muka Bumi ini 

Saat manusia belum mengenal tulisan dan masih buta huruf, kebanyakan berita akan di sebar luaskan melalui mulut ke mulut, seperti cerita rakyat hingga pantun. Berita dari mulut ke mulut akan melalui pengulangan dari orang yang satu ke orang yang lainnya. Seiring berjalannya waktu setelah adanya media tulisan, maka berita disebarkan melalui tulisan berupa artikel, brosur dan lain sebagainya.

Kini di era semuanya serba menggunakan teknologi digital dan internet maka fenomena viral akan sangat membantu siapa saja yang menginginkan tulisan, banner atau rekaman video untuk menyebar dengan sangat cepat hingga seantero dunia. 

Viral Berbeda dengan Hoax 

Viral sangatlah berbeda dengan hoax, karena hoax merupakan suatu berita bohong yang dibuat dengan tujuan yang tidak jelas dan dapat merugikan individu, kelompok, organisasi, hingga instansi dengan level lebih besar seperti sebuah negara. Namun yang terjadi adalah hoax atau berita bohong dapat menjadi viral jika disebarkan melalui media elektronik atau internet, karena penyebarannya bisa sangat cepat seperti sebuah virus.

Viral dapat berisi sebuah hoax atau berita bohong, namun kini masyarakat banyak yang memanfaatkan media di internet seperti media sosial untuk menyebarkan suatu kejadian atau berita sesungguhnya yang terjadi di tengah masyarakat. Berita atau rekaman kejadian kini bukan hanya sebuah tulisan atau foto, namun kini sudah beralih ke media yang lebih canggih, seperti rekaman video yang dapat menampilkan kejadian sebenarnya secara nyata.

Memviralkan Merupakan Cara Masyarakat untuk Mengungkap Kejadian Sebenarnya

Sudah banyak kejadian di masyarakat baik itu kejadian lucu, kesewenang-wenangan, arogansi, hingga ketidak adilan terungkap melalui rekaman digital di media-media internet, namun hal ini justru dianggap sebagai momok yang tidak menyenangkan bagi sebagian orang dan golongan yang merasa dirugikan, walaupun sebenarnya justru tindakan dan prilaku mereka yang menyimpang.

Dari rekaman digital yang sebenarnya lebih banyak diambil secara tidak sengaja oleh masyarakat telah mengungkap banyak kejadian nyata yang saat ini tengah terjadi, hal tersebut dikarenakan rekaman digital tersebut telah menjadi viral di media-media internet. Sebuah rekaman digital dapat menjadi viral sebenarnya karena keinginan masyarakat yang menganggap adanya suatu hal yang janggal dari konten rekaman digital tersebut dan sebenarnya itu adalah hukum sosial masyarakat yang tidak dapat dihindari, itu seperti virus yang menular dan menyebar dengan sangat cepat.   

Sebuah kejadian menyimpang yang ada di tengah masyarakat menjadi viral sebenarnya adalah hal positif bagi siapa saja yang memiliki pikiran positif dan terbuka. Mereka yang merasa memiliki rasa tanggung jawab terhadap hal menyimpang dan janggal yang ada di dalam konten sebuah rekaman digital seharusnya berterima kasih pada masyarakat yang telah berhasil memviralkan-nya, karena pada dasarnya itu telah membantu mengungkap segala hal kejadian menyimpang di tengah masyarakat dan selanjutnya dapat dilakukan tindakan perbaikan untuk kemajuan bangsa dan negara ini. Memviralkan adalah salah satu bentuk gotong royong masyarakat untuk mendapatkan keadilan demi kesejahteraan rakyat dalam bentuk sikap dan pendapat.

Sumber artikel : Alevizone Stories

Lihat produk menarik di : Alevizone Store

RECOMMENDED STORIES

COMMENTS

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019