fbpx
Mengenal Berbagai Jenis Mountain Bike dan Penggunaan Medannya

Mengenal Berbagai Jenis Mountain Bike dan Penggunaan Medannya

"Hobby olahraga outdoor yang satu ini selain menyehatkan juga menyenangkan, bahkan ada kalanya adrenalin kita menjadi terpacu. Sebelum mencobanya, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu berbagai type mountain bike dan sesuaikan dengan kebutuhan medan yang Anda inginkan"
Pandu GBKH
Author

Sebetulnya untuk mendapatkan sepeda gunung tidak terlalu mahal, walaupun ada beberapa sepeda dijual dengan harga cukup mahal. Ada satu cara yang biasa dilakukan oleh para penggemar sepeda gunung untuk bisa mendapatkan sepeda gunung dengan harga tidak terlalu mahal. Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh mereka ialah merakit atau membangun sendiri sepeda sesuai dengan yang diinginkannya. Anda bisa memasukan beberapa bagian dari berbagai merek, tetapi biasanya mereka akan memilih beberapa bagian utama dengan harga yang mahal, seperti frame dan fork, karena dua bagian utama itu dapat menunjukan jati diri mereka sebagai penggemar mountain bike sejati. Bagi Anda yang baru akan memulai mencoba olahraga outdoor ini sebaiknya mengenal terlebih dahulu berbagai type mountain bike, sehingga Anda tidak salah menggunakannya di medan yang Anda inginkan.

Cross Country MTB

  • Gambar modifikasi dari redbull

Cross Country Mountain Bike atau biasa disebut XC adalah salah satu type sepeda gunung yang paling banyak digunakan dan ditemukan. Untuk dapat memiliki sepeda gunung dengan type ini tidaklah sulit, karena sudah banyak toko-toko sepeda yang menjualnya. Sepeda gunung dengan type ini biasanya sangat ringan dan dirancang untuk kecepatan, sebenarnya sepeda gunung type XC ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu;

  • XC Race Bikes, adalah sepeda gunung yang dirancang untuk kecepatan, sehingga didesain dengan sangat simple dan dibuat seringan mungkin. Sepeda XC jenis ini merancang si pengendara lebih berat kedepan. Sepeda ini tidak dirancang untuk lompatan dan pendaratan melainkan dirancang untuk menghadapi tanjakan dan tikungan yang tajam.
  • XC Trail Bikes, Perbedaan dengan XC Race Bikes sebenarnya hanya sedikit saja, perbedaan yang paling umum adalah memiliki bobot yang lebih berat sedikit, tetapi masih bisa dianggap ringan. XC jenis ini dirancang untuk hampir semua medan, mulai dari medan berlumpur hingga medan dengan tanah yang keras.

All Mountain (Enduro MTB)

  • Gambar modifikasi dari redbull

All Mountain atau Enduro MTB adalah pilihan paling tepat bila Anda bingung untuk memilih sepeda gunung yang tepat untuk Anda miliki. Sepeda gunung type ini dirancang hampir sama dengan XC Trail, tetapi sepeda ini didesain lebih kokoh dan memiliki banyak suspensi. Dengan menggunakan suspensi yang lebih lengkap menjadikan sepeda ini dapat melalui medan yang lebih berat daripada XC Trail bahkan untuk medan yang lebih curam dan lebih rumit. 

Selain kerangka yang lebih kokoh dan suspensi lebih lengkap dibandingan dengan XC, Enduro juga dirancang dengan ban lebih lebar dan cengkraman lebih baik. Jadi untuk anda yang ingin melalui jalur lebih menantang, Enduro MTB adalah pilihan terbaik.

Downhill MTB

  • Gambar modifikasi dari bikerumor

Sepeda ini dirancang hanya untuk pengendara yang ingin menuruni bukit dengan sangat cepat dan jalur penuh tantangan, sehingga sepeda gunung type ini dirancang untuk memenuhi hasrat itu. Roda gigi akan disetel lebih besar dan tinggi untuk dapat mengayuh lebih cepat diatas medan yang lebih kasar, selain itu ban dan pelek akan dirancang lebih lebar, roda gigi dan rangka dirancang lebih kuat terhadap guncangan kasar dan berat.

Untuk sepeda type ini suspensi adalah sesuatu yang sangat penting sekali, dan semua suspensi memiliki pengaturan penuh, walaupun guncangan koil sangat berat, tetapi lebih banyak dapat menyerap daya. Untuk pengendara yang sudah berpengalaman tidak akan menggunakan klip di pedal Downhill MTB, tetapi mereka akan menggunakan sol karet yang benar-benar lengket, sehingga mereka dapat melompat dengan segera bila merasa akan ada kesalahan.

Downhill MTB benar-benar dirancang untuk medan turunan dengan kecepatan tinggi, sehingga akan terasa tidak nyaman jika Anda menggunakannya di medan tanjakan. Downhill MTB yang dirancang untuk seorang profesional biasanya memiliki harga cukup mahal, tetapi jika Anda ingin memiliki sepeda jenis ini dengan harga lebih murah Anda dapat merakitnya sendiri. Baca juga Cara Memiliki Downhill Mountain Bike dengan Dana Terbatas…

Freeride MTB

  • Gambar modifikasi dari vitalbike

Ketika Anda pertama kali melihat Freeride MTB jenis ini pasti akan sulit membedakannya dengan Downhill MTB, kedua jenis MTB ini memang sangat sedikit sekali memiliki perbedaan. Perbedaan yang utama adalah tujuan dari para Freeriders lebih menakankan kepada berat badan, frame lebih kompak sehingga sangat memudahkan dalam bermanuver. Selain itu Freeride dirancang untuk melompat dan melakukan aksi, sehingga frame dirancang lebih fleksibel. Untuk mudahnya Freeride MTB adalah perpaduan antara Downhill MTB dengan XC MTB, sepeda type ini sangat tidak direkomendasikan untuk Anda yang ingin berkendara menaiki bukit, dikarenakan frame yang tebal akan menyulitkan Anda.

Dirt Jump Bikes

  • Gambar modifikasi dari bikeradar

Pada sub judul diatas saya tidak mencantumkan MTB tetapi cukup Bikes saja, karena walaupun masih dalam kelompok type MTB sepeda jenis ini adalah perpaduan antara Freeride MTB dengan BMX. Dirt Jump lebih dikenal sebagai sepeda gunung jalanan yang banyak digunakan untuk atraksi di perkotaan seperti BMX, dan sepeda jenis ini hanya memiliki suspensi dibagian depan saja.

Untuk lebih mudahnya sepeda ini adalah MTB yang digunakan untuk melakukan atraksi diperkotaan. Ciri-ciri khusu sepeda jenis ini biasanya hanya memiliki gigi satu kecepatan, satu rem, setang besar dan frame kecil ditambah dengan kursi yang sangat rendah. Sepeda jenis ini biasanya digunakan oleh orang muda diperkotaan untuk atraksi tanpa rasa takut.