fbpx

Mengenal Lebih Dekat dengan Kutai Kartanegara

kutai-kertanagara-cover

Jakarta memang sudah sangat padat, bahkan pada sekitar pertengahan bulan juli pernah mendapatkan rekor sebagai kota dengan tingkat polusi nomor 2 di dunia. Ada wacana jika Ibu kota Negara Indonesia akan pindah ke Kabupaten Kutai Kartanagara, yang menjadi pertanyaan adalah kenapa Kutai Kartanegara dianggap layak dan dijadikan pilihan menggantikan Jakarta untuk menjadi Ibu kota baru…?

Memiliki Ibu kota Kabupaten berada di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Memiliki luas wilayah sekitar 27.263,10 km² ditambah dengan luas perairan sekitar 4.097 km², Kabupaten Kutai Kertanagara dibagi kedalam 18 wilayah kecamatan dan 225 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk lebih dari 626.000 jiwa. Bila dibandingkan antara luas wilayah dengan jumlah penduduk yang ada saat ini, bisa dibilang Kabupaten Kutai Kertanagara masih sangat cukup untuk menampung jumlah penduduk baru, yang diperkirakan akan datang dalam jumlah yang sangat banyak ketika Kabupaten ini menjadi Ibu Kota Negara baru. 

Penduduk asli dari Kutai Kartanegara ialah Suku Kutai, Dayak Benuaq, Dayak Tunjung, Dayak Modang dan Dayak Kayan. Sedangkan suku pendatang yang telah lama menetap ialah Suku Jawa, Banjar, Bugis, Mandar, Madura, Buton dan Timor.

Geografi dan Administrasi Kabupaten Kutai Kartanegara

Bila kita lihat dari peta, Kabupaten Kutai Kartanegara terletak diantara 115°26’28” BT – 117°36’43” BT dan 1°28’21” LU – 1°08’06” LS dengan batas Administrasi di bagian utara Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara; bagian timur Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang; bagian selatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kota Balikpapan; dan bagian barat Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Mahakam Ulu.

Topografi Kabupaten Kutai Kartanegara dan Sekitarnya

Topografi Kabupaten Kartanegara dan sekitarnya tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya di Pulau Kalimantan, dengan sebagian besar merupakan pedataran bergelombang dan perbukitan dengan kemiringan lereng landai hingga curam. Pedataran dengan kemiringan landai mencakup wilayah pantai dan pinggiran sungai Mahakam, sedangkan perbukitan berada di wilayah lebih ke pedalaman dengan ketinggian 500 hingga 2.000 meter diatas permukaan laut (mdpl). 

Wilayah Kabupaten Kartanegara dan sekitarnya memiliki cukup banyak danau yang diakibatkan oleh cekungan permukaan tanah, danau-danau yang berada di wilayah Kabupaten Kartanegara diantaranya ialah (dari yang terkecil hingga yang terbesar):

  1. Danau Tanah Liat (45 ha)
  2. Danau S’kajo (100 ha)
  3. Danau Puan Rabuk (350 ha)
  4. Danau Meranbi (350 ha)
  5. Danau Batu Bumbu (450 ha)
  6. Danau Loa Kang (450 ha)
  7. Danau Karang (750 ha)
  8. Danau Wis (750 ha)
  9. Danau Perian (750 ha)
  10. Danau Siran (750 ha)
  11. Danau Mulupan (750 ha)
  12. Danau Tempatung (1.300 ha)
  13. Danau Ngayau (1.900 ha)
  14. Danau Melintang (11.000 ha)
  15. Danau Semayang (13.000 ha)
Gambar Peta diambil dari Google Map

Sejarah Kabupaten Kutai Kartanegara

Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Kutai pada tahun 1999. Yang termasuk wilayah Kutai ialah Balikpapan, Bontang dan Samarinda dan merupakan wilayah kekuasaan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Sebenarnya pada tahun 1947 Kesultanan Kutai Kartanegara memiliki status Daerah Swaparja Kutai dan termasuk dalam Federasi Kalimantan Timur bersama dengan 4 Kesultanan lainnya, yaitu Bulungan, Sambaliung, Gunung Tabur dan Pasir.

Dengan berakhirnya Daerah Istimewa Kutai, maka berakhir pula kekuasaan Sultan Kartanegara ing Martadipura. Pada akhirnya Kabupaten Kutai dimekarkan menjadi 4 daerah otonom yaitu: 

  1. Kabupaten Kutai, dengan Ibu kota Tenggarong
  2. Kabupaten Kutai Barat, dengan Ibu kota Sendawar
  3. Kabupaten Kutai Timur, dengan Ibu kota Sangatta
  4. Kota Bontang, dengan Ibu kota Bontang

Pemberian nama Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri adalah usulan dari Presiden RI yang menjabat pada saat itu yaitu Abdurrahman Wahid.

Kondisi Ekonomi

Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama hasil dari perut bumi, seperti minyak bumi, gas dan pertambagan batu bara, yang memberikan kontribusi bagi Pemerintah Daerah hingga lebih dari 70%, sedangkan kontribusi sisanya sebesar kurang dari 30% berasal dari sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, industri setempat, perhotelan, keuangan dan lainnya. 

Gambar Modifikasi dari Pihak Ketiga

Destinasi Parawisata dan Kuliner untuk Para Backpacker

Seperti wilayah di Pulau Kalimantan yang lainnya, Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki wilayah hutan yang cukup luas sehingga bagi Anda yang senang mengunjungi wisata dengan jenis seperti itu terutama para Backpacker, maka cukup banyak daerah wisata yang dapat dikunjungi, seperti Pantai Pangempang di Muara Badak, Bukit Bangkirai di Samboja, Pantai Tanah Merah di Samboja, Danau Semayang di Kota Bangun, Danau Murung di Kota Bangun, Waduk Panji Sukarame di Tenggarong dan Pulau Kumala di Tenggarong.

Kutai Kartanegara salah satu daerah yang memiliki keanekaragaman kuliner, beberapa kuliner yang dapat Anda coba diantaranya adalah Sate payau, Nasi bakepor, Bobongko, Sayur asam kutai, Rabo ruan, Gegicak, Amparan tatak dan masih banyak lagi.

Gambar Modifikasi dari Pihak Ketiga

Kesampaian Daerah

Untuk menuju Kabupaten Kutai Kartanegara sebenarnya tidak terlalu sulit, bila berpatokan dari Kota-kota besar di Indonesia maka cukup banyak pesawat menuju Kota Balikpapan yang telah memiliki Bandara Internasional. Dari Kota Balikpapan Anda bisa menggunakan jalur darat atau air dengan jarak tempuh sekitar 2 jam saja.

Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia ke Kabupaten Kutai Kartanegara tentu sudah dengan perencanaan yang sangat matang, selain tujuannya untuk menyelamatkan Kota Jakarta sendiri dan sekitarnya, tentu diharapkan akan memberikan banyak dampak positif bagi masa depan Negara Indonesia terutama rakyatnya.

Referensi:

  • Wikipedia 
  • Peta wilayah Indonesia
  • Peta wilayah Provinsi Kalimantan Timur

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: