fbpx

Menikmati Indahnya Sunset dari Ujung Utara Pulau Kalimantan

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi muda di Indonesia yang masih memiliki keindahan alam hutan alami yang sangat menawan. Dari ujung utara provinsi ini ada sebuah keindahan alam yang jarang ditemukan ditempat lain di Indonesia, yaitu pancaran cahaya sunset yang memberikan keindahan luar biasa

Ketika berada di tempat ini awalnya semua akan sedikit terasa membosankan, karena pemandangan yang saya temukan sejauh mata memandang hanyalah hamparan hutan rawa hijau dengan pemandangan jajaran perbukitan di bagian utara yang masuk kedalam wilayah Negara Malaysia. Saat ini saya berada di koordinat 3°3′34″N – 117°40′1″E, tepatnya diatas sebuah bukit yang berada di wilayah Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.  

Peta Lokasi Tempat Menikmati Cahaya Sunset yang Menakjubkan

Pemandangan Sunset yang Luar Biasa dari Atas Bukit

Bukit yang saya jejaki hanyalah salah satu bukit dari sedikit bukit yang ada di wilayah ini, karena memang wilayah ini merupakan hamparan rawa yang sangat luas dengan sedikit sekali bukit yang dapat ditemukan. Ketika pukul 18:00 memasuki waktu shalat Maghrib, inilah saat yang ditunggu-tunggu untuk dapat melihat pemandangan sunset yang luar biasa itu. Pelan-pelan cahaya menakjubkan itu menampakan dirinya diantara celah-celah gumpalan awan diatas bukit dan diantara celah-celah pepohonan. Dari kejauhan dibawah cahaya menakjubkan ini kita bisa melihat pemandangan jajaran perbukitan yang berada di wilayah Negara Malaysia, dan terlihat sangat mengagumkan.

Pemandangan Sunset dari Atas Salah Satu Bukit

Selain Keindahan Cahaya Sunset Wilayah ini Memiliki Potensi Wisata Alam yang Sangat Besar 

Jika dilihat sekilas wilayah tempat saya menikmati pemandangan sunset ini sepertinya sedikit sekali memiliki potensi pariwisata, karena wilayah yang masuk kedalam Provinsi Kalimantan Utara ini sebagian besar merupakan hamparan hutan rawa yang terlihat sedikit membosankan. Hutan-hutan rawa tersebut sebagian sudah berubah fungsinya menjadi perkebunan sawit yang menjadi salah satu komoditas utama dari provinsi ini. Namun kondisi alam seperti ini jika dapat dikelola dengan baik oleh dinas pariwisata setempat dapat menjadi sebuah objek wisata alam yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Hamparan rawa yang dibelah oleh beberapa sungai besar merupakan habitat dari buaya rawa yang sangat terkenal di daerah ini. Membuat penangkaran buaya mungkin salah satu ide yang dapat diterapkan disini, ditambah lagi di wilayah ini merupakan habitat dari monyet bekantan yang populasinya sudah hampir punah. Kejelian Dinas Pariwisata setempat untuk mengelola kekayaan alam di wilayah ini sangat diperlukan, bagaimanapun juga kondisi alam seperti ini adalah aset paling berharga, karena merupakan bagian dari paru-paru dunia.

RECOMMENDED STORIES

Leave a Reply

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: