fbpx

Jayagiri, Merek Kebanggan Para Penggemar Aktivitas Outdoor Era Tahun 80′ – 90’an

Merek kebanggan para penggemar aktivitas outdoor di era tahun 80′ – 90’an” ini telah membuat sejarah baru di dunia penggemar aktivitas outdoor Indonesia. Bayangkan saja, merek yang telah berdiri dari tahun 1978 ini masih tetap eksis sampai dengan saat ini, padahal sebelumnya saya tidak menduga jika Jayagiri sebenarnya masih ada dan masih berkualitas

Tas carrier Jayagiri-lah yang pertama kali saya beli ketika saya baru pertama kali akan mendaki salah satu gunung di Jawa Barat, pada saat itu sekitar tahun 1993. Tas carrier yang sedang trend saat itu berbeda dengan tas carrier yang ada sekarang, karena desain yang dibuat masih memperlihatkan besi alumunium sebagai penyanggah di bagian luar dan dengan bentuk yang bulat melingkar dari atas hingga bawah. Kami sangat bangga menggunakan produk-produk dari Jayagiri, karena selain memiliki desain yang keren, produk-produk dari Jayagiri pada umumnya memiliki kualitas yang sangat baik dan kuat terutama untuk membawa beban yang berat. 

Sejarah Lahirnya Merek Jayagiri

Jayagiri telah lahir cukup lama, yaitu sekitar tahun 1978 di Kota Bandung yang didirikan oleh seorang penggemar aktivitas outdoor bernama Kang Dody. Jayagiri adalah salah satu pioneer merek peralatan outdoor di Indonesia dan bisa dikatakan Jayagiri adalah sebuah legenda. Nama Jayagiri sendiri diambil dari sebuah tempat yang berada diantara kaki Gunung Burangrang dan kaki Gunung Tangkuban Perahu di utara Kota Bandung Jawa Barat.

Seingat saya sekitar tahun 80’an akhir atau 90’an awal, Jayagiri sempat dirubah namanya menjadi DODY sesuai dengan nama pendirinya, namun sepertinya perubahan nama tersebut kurang berhasil, karena justru banyak penggemarnya yang menyangka jika DODY adalah sebuah merek baru dan tidak sama dengan Jayagiri yang berakibat pada hilangnya popularitas merek Jayagiri. Ditambah lagi perubahan nama tersebut bersamaan dengan mulai lahirnya merek-merek peralatan outdoor baru, seperti Eiger, Consina dan Avtech, dan perlahan-lahan seiring berjalannya waktu dan pergantian generasi, nama Jayagiri mulai dilupakan.     

Photo oleh Dody Jayagiri

Jayagiri Masih Ada Sampai dengan Saat Ini

Sudah sekian lama saya melupakan merek yang satu ini, namun memory saya kembali diingatkan ketika tanpa sengaja saya melihat salah satu outlet Jayagiri di suatu daerah di Kota Bandung. Tanpa pikir panjang lagi sayapun langsung menyempatkan waktu untuk mampir ke outlet Jayagiri tersebut. Ketika masuk kedalam outlet tersebut kesan pertama yang saya rasakan adalah suasana outdoor sangat kental dengan berbagai gambar photo dan aksesoris yang terpajang. Akhirnya saya membeli salah satu produk dari Jayagiri, dan selama berada di dalam outlet tersebut saya melihat-lihat beberapa produk yang terpajang, kesan yang saya dapatkan adalah ternyata Jayagiri masih mempertahankan kualitasnya, dan dengan desain yang lebih fresh dan sangat keren. Bahkan untuk beberapa item produk backpack, Jayagiri telah menyertakan teknologi tinggi, tidak kalah dengan produk-produk dari beberapa merek luar yang telah terkenal, seperti Deuter dan The North Face.

Selain menawarkan produk-produk untuk aktivitas pendakian gunung, Jayagiri kini terlihat berusaha untuk menghadirkan beberapa varian produk, seperti tas untuk bersepeda, tas kerja hingga tas untuk aktivitas harian.  

Jaminan Kualitas Tinggi Ditambah Desain Keren yang Menjadi Andalan Jayagiri

Sampai dengan saat ini semenjak Jayagiri lahir di tahun 1978, dan selama saya menggunakan beberapa produk dari Jayagiri dapat dipastikan sang legenda ini tetap konsisten dalam mempertahankan kualitasnya. Menggunakan bahan-bahan berkualitas dengan desain-desain yang keren menjadikan Jayagiri masih memiliki banyak penggemar fanatik seperti saya. 

Gempuran produk-produk luar akibat kemajuan teknologi online yang memberikan kemudahan untuk dibeli, mungkin salah satu penyebab Jayagiri sedikit terlupakan, terutama oleh generasi di tahun 2000’an. Saya dan beberapa teman yang masih menggunakan merek ini merasa jika Jayagiri memiliki kualitas yang tidak kalah, bahkan bisa dikatakan lebih baik untuk beberapa item tertentu, dan saya sangat bangga jika sampai dengan saat ini masih menggunakan beberapa produk dari Jayagiri.

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: