fbpx

Suunto, Berawal dari Inovasi Kompas Karya Seorang Surveyor Berkebangsaan Finlandia

Suunto beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu merek sportwatches yang cukup diperhitungkan, selain melahirkan trend baru pada desain tampilannya, jam tangan produk dari Suunto ini juga memberikan fitur-fitur canggih yang sangat diperlukan oleh para penggemar aktivitas outdoor

Pertama kali saya mengenal merek Suunto ialah hanya sebuah kompas dan clinometer saja, tetapi saat itu sekitar tahun 2000’an awal. Kompas dan clinometer Suunto yang saya kenal pada saat itu terbuat dari metal alumunium, pada bagian dalam kompas tersebut berisi cairan sehingga jarum kompas yang menjadi penunjuk arah seolah-olah mengambang.

Pada sekitar awal tahun 2010’an barulah saya menjumpai jam tangan dengan merek Suunto, mungkin ketika itu di negara-negara Eropa jam tangan Suunto sudah banyak yang menggunakannya, namun di Indonesia masih sangat jarang sekali yang menggunakannya, bahkan mungkin sebagian besar orang Indonesia sangat awam dengan merek Suunto. Sekarang para penggemar olahraga outdoor di Indonesia semakin banyak yang telah menggunakan jam tangan merek Suunto yang bersaing dengan merek Garmin. Jam tangan Suunto bisa dikatakan termasuk golongan smartwatch dikarenakan jam tangan keluaran Suunto ini memiliki fitur-fitur canggih yang sangat membantu, terutama bagi para penggemar aktivitas outdoor. Selain fitur GPS  yang terdapat pada hampir semua varian jam tangan Suunto, fitur-fitur canggih lainnya juga telah disematkan pada jam tangan Suunto, seperti pendeteksi detak jantung, pengukur kecepatan dan masih banyak lagi yang tidak terdapat pada jam tangan outdoor yang umum kita kenal.

Awal Mula Lahirnya Merek Suunto

Tuomas Vohlonen, seorang surveyor berkebangsaan Finlandia pada tahun 1932 telah mencipatakan sebuah kompas ringan dengan bahan utama berupa seluloid yang diisi oleh cairan yang berfungsi untuk meredam jarum dan melindunginya dari guncangan dan kehausan akibat gerakan yang berlebihan. Setelah mendapatkan hak paten dari hasil karyanya tersebut barulah dimulainya produksi massal pada tahun 1936, yaitu berupa gelang tangan kompas yang diberi nama M-311. Karena desainnya yang kompak dan ringan, maka angkatan darat Finlandia meadopsi jam desain kompas ini dan diberi nama M-34.

Setelah Tuomas Vohlonen meninggal dunia pada tahun 1952 istrinya yang bernama Elli Vohlonen menjual perusahaan kepada Paavo Kajanne beserta beberapa mitra bisnisnya yang memiliki Redox Oy. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1999 sebuah perusahaan besar yang bernama Amer Sports membelinya kembali, selanjutnya pada tahun 1996 Suunto Oy mengakusisi Recta SA yang sudah terkenal sebagai produsen kompas Swiss.

Photo oleh Suunto

Suunto Sportwatches

Setelah lama malang melintang di dunia kompas, Suunto Oy melakukan sebuah inovasi baru dengan menghadirkan jam tangan elektronik multi-fungsi yang dapat menyediakan berbagai fungsi seperti compass bearings, altitude, training effect sampai dengan GPS, tergantung dari seri model.

Jam tangan multi-fungsi Suunto dibuat dan desain untuk berbagai macam keperluan olahraga outdoor, seperti hiking, memancing, bersepeda, ski, petualangan di alam liar, mendaki gunung, hingga berkendara motor.

Suunto membagi beberapa seri pada jam tangan elektronik multifungsinya, dimana seri G, S, T dan X adalah seri yang pertama kali diperkenalkan. Untuk seri 3 merupakan jam tangan Suunto untuk pemula, sedangkan 6 untuk seri menengah dan 9 adalah seri yang diperuntukan bagi para profesional atau seri tertinggi dari jam tangan produk Suunto.

Meskipun sebagian besar jam tangan elektronik multifungsi Suunto dibuat di Finlandia, namun ada beberapa seri yang dibuat di Cina untuk pemasaran di Asia, diantaranya adalah seri T (kecuali T-6), seri M, Lumi, Core dan sebagian besar PODs. Untuk mempertahankan kepercayaan dan kualitas, Suunto berusaha untuk mengurangi produksinya di Cina, selain itu Suunto ingin menjaga hak cipta dan duplikasi produk yang marak dilakukan di Negara Cina.

Sejak awal saya menggunakan jam tangan Suunto, saya tidak pernah merasa kecewa dan beberapa kawan saya yang telah menggunakannya sudah sangat fanatik dengan produk ini, terutama bagi mereka penggemar olahraga outdoor atau para pekerja lapangan, karena kami merasakan banyak manfaat dari fitur-fitur yang ada di jam tangan elektronik multi-fungsi ini. Dan jika Anda sudah mencoba untuk menggunakannya, saya jamin Anda akan jatuh cinta, untuk saat ini mungkin hanya Garmin sebagai kompetitor Suunto.    

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: