fbpx

Mountaineering atau Bushcraft, Mana yang Lebih Menantang?

Mountaineering atau Bushcraft, Mana yang Lebih Menantang?

Bushcraft dan Mountaineering memiliki tantangan utama yang sama, yaitu alam. Tetapi kedua aktifitas outdoor ini memiliki tujuan yang berbeda, bahkan bisa dibilang cukup banyak perbedaannya, walaupun banyak perbedaannya para aktivis kedua aktivitas ini biasanya adalah orang-orang yang bermental hebat dan memiliki fisik tubuh yang kuat

Tantangan alam yang masih alami dan gunung yang tinggi menjadikan kedua komunitas aktivitas outdoor ini terbentuk, bisa dibilang sebagian hidup mereka berada di alam. Kebugaran tubuh dan ketahanan mental adalah modal utama mereka, tetapi walaupun begitu kedua aktifitas outdoor dengan komunitas yang telah terbentuk ini memiliki perbedaan yang cukup banyak. Jika Anda  baru akan memulai dan mencoba salah satu aktivitas outdoor ini, Anda perlu mempersiapkan segalanya, bukan hanya mental dan fisik saja. Agar Anda tidak salah dalam memilih perlengkapan yang akan Anda bawa nantinya, sebab kedua aktivitas outdoor ini memiliki tujuan yang berbeda.

Mengenal Bushcraft dan Mountaineering

Apa itu Bushcraft?

Banyak orang yang menganggap jika Bushcraft itu sama dengan survival, sebenarnya anggapan itu tidak benar, walaupun keduanya adalah tentang bagaimana cara bertahan hidup di alam liar tetapi mempunyai tujuan yang berbeda. Saya akan perjelas pengertian survival terlebih dahulu, survival berasal dari kata survive yang artinya bertahan hidup, artinya “survival adalah teknik atau ilmu bertahan hidup dalam kondisi tidak terduga dan tidak diinginkan”, suatu contoh adalah ketika orang tersesat di dalam hutan karena sesuatu hal, maka orang tersebut dipaksa untuk dapat bertahan hidup. Teknik-teknik bertahan hidup dalam kondisi tidak diinginkan itulah yang disebut survival.

Teknik bertahan hidup dikarenakan kondisi keterpaksaan yang disebut survival itu berbeda dengan Bushcraft, karena Bushcraft adalah seni bertahan hidup di alam liar karena keinginannya sendiri. Para penggemar Bushcraft akan dengan sengaja mekondisikan dirinya untuk bertahan hidup, dan itu adalah seni bagi mereka. Mereka akan dengan sengaja meninggalkan semua fasilitas teknologi yang mempermudah mereka, semua peralatan yang mereka gunakan benar-benar seperti petualang dimasa lampau. (baca juga: Bushcraft, Seni Bertahan Hidup di Alam Liar Seperti Petualang Dimasa Lampau)

Apa itu Mountaineering?

Mountaineering berasal dari kata Mount, artinya sudah jelas jika aktivitas outdoor ini berhubungan dengan gunung. Jika diartikan dalam bahasa yang sederhana Mountaineering adalah aktivitas pendakian gunung. Ada beberapa sumber yang medefinisikan jika Hiking, Rock Climbing, Ice and Snow Climbing adalah bagian dari Mountaineering, saya kurang setuju dengan definisi tersebut, karena tujuan aktivitas tersebut berbeda. Mountaineering adalah aktivitas pendakian gunung yang mempunyai tujuan untuk mendaki gunung hingga puncaknya, sedangkan Hiking, Rock Climbing, Ice and Snowing Climbing adalah aktivitas outdoor yang berada di area gunung atau bukit dengan tujuan tidak untuk mendaki sampai puncaknya.

Komunitas Bushcraft dan Mountaineering

Berbeda dengan Mountaineering yang sudah memiliki banyak komunitas, Bushcraft memiliki komunitas yang sangat sedikit, bahkan bisa dikatakan komunitas ini sangat sulit ditemukan.

Sedangkan Komunitas Mountaineering pada umumnya telah membuat suatu organisasi yang baik, di Indonesia sendiri sudah banyak organisasi Mountaineering terbentuk dan namanya sudah cukup terkenal, seperti Wanadri, Mapala UI, Jana Buana dan masih banyak lagi. Komunitas Mountaineering ini pada umumnya akan sangat bangga jika sudah menaklukan banyak puncak gunung, dan puncak gunung yang menjadi idaman para pecinta Mountaineering ini untuk ditaklukan adalah puncak gunung Mount Everest yang merupakan bagian dari pegunungan Himalaya.      

Gambar Modifikasi dari Pihak Ketiga

Perbedaan Apparel yang Digunakan oleh Penggemar Bushcraft dan Mountaineering

Kembali karena sudah banyaknya penggemar dan komunitas Mountaineering, maka sudah banyak juga produsen apparel mendukungnya. Para penggemar Mountaineering cukup dimanjakan untuk hal yang satu ini, karena telah banyak hadirnya merek terkenal untuk mendukung mereka, dan merek-merek ini selalu melakukan inovasi dengan desain terbarunya. Merek terkenal yang sudah tidak asing lagi namanya seperti Columbia, The North Face, Lafuma, Marmot, dan yang lainnya telah banyak memberikan produk apparel terbaiknya, seperti kemeja, celana, hoodie, jacket dan masih banyak lagi  (untuk lengkapnya dapat lihat di sini).

Para penggemar Bushcraft memiliki kondisi yang berbeda, sangat minim atau sedikit sekali merek yang mendukung mereka. Namun demikian itu bukan masalah bagi mereka, karena para penggemar Bushcraft pada umumnya lebih senang menggunakan apparel bergaya militer atau petualang dimasa lalu. Apparel yang mereka gunakan umumnya berwarna hijau militer atau coklat tanah dengan ciri khas memiliki bahan yang cukup tebal dan kasar. Untuk terlihat seperti petualang sejati dimasa lalu, dan mereka akan mencari Apparel militer atau membuat sendiri seperti yang mereka inginkan.

Gambar Modifikasi dari Pihak Ketiga

Gear & Accessories

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, para penggemar Mountaineering sangat dimanjakan dengan ini, sudah banyak sekali produk gear & accessories yang mendukung mereka, dan umumnya peralatan yang mereka perlukan dibuat dengan teknologi canggih. Sebagai suatu contoh adalah tas ransel dan sepatu yang mereka gunakan umumnya didesain sangat teliti agar dapat memberikan manfaat saat menggunakannya. Anda dapat melihat beberapa produk terkenal untuk mendukung aktivitas para penggemar Mountaineering di sini.

Sekarang apa saja perlengkapan yang diperlukan oleh para penggemar Bushcraft? sesuai dengan tujuan mereka untuk dengan sengaja membawa perlengkapan apa adanya, maka tidak banyak peralatan yang mereka perlukan. Peralatan yang mereka bawa sangat sederhana saja, yang menjadi andalan dan kebanggan bagi mereka adalah pisau dan kapak, dikarena dua senjata atau benda tersebut yang akan banyak membantu aktivitas mereka saat berada di alam liar.

Para penggemar Bushcraft pada umumnya menggunakan tas yang terlihat seperti tas militer, dan untuk peralatan mereka benar-benar terlihat sederhana, bahkan untuk tenda saja mereka hanya mengandalkan terpal kecil atau bahkan mereka benar-benar membuat itu dari alam, seperti ranting pohon dan dedaunan. Mereka tidak memerlukan kompor portable atau lampu dengan tenaga baterai, bahkan ada kalanya mereka tidak memerlukan korek untuk membakar api. Semakin terlihat alami maka akan semakin membanggakan bagi mereka, sama halnya kebanggan para penggemar Mountaineering saat menaklukan puncak gunung.

Gambar Modifikasi dari Pihak Ketiga

Intinya kedua aktivitas outdoor ini dapat memberikan banyak pengaruh positif untuk yang telah melakukannya, dan alam yang menjadi sumber utama kehidupan telah memberikan segalanya pada mereka, termasuk keindahan, ilmu dan pengalaman. Tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba untuk melakukan kegiatan outdoor seperti Bushcraft dan Mountaineering yang penuh tantangan, dan Anda akan mendapatkan segalanya dari Alam.   

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: