fbpx

Mungkinkah Ditemukannya Butiran Emas Dalam Jumlah yang Sangat Banyak?

Penemuan emas dalam bentuk butiran di salah satu bukitan Negara Kongo telah menjadi berita yang cukup viral dan menjadi perhatian banyak orang, karena fenomena ini sangat jarang terjadi.

Fenomena penemuan emas dalam bentuk butiran dengan jumlah yang sangat banyak, seperti yang terjadi di salah satu bukit yang berada wilayah yang menjadi bagian dari Negara Kongo memang cukup menggemparkan dan menjadi salah satu berita yang viral di hampir seluruh dunia. Fenomena ini memang jarang terjadi, karena emas biasanya ditemukan dalam bentuk bijih dan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Tetapi fenomena ini memang terjadi dengan nyata dan diluar dugaan banyak orang, kemungkin ini bisa menjadi sejarah baru penemuan emas yang pernah terjadi di muka bumi ini. 

Asal Mula Terbentuknya Emas di Bumi 

Sebenarnya tidak akan pernah ada yang tahu secara pasti bagaimana sebenarnya asal mulanya berbagai elemen mineral logam yang ada di dalam perut bumi ini bisa ada, termasuk salah satu diantaranya mineral logam emas yang mempunyai nilai sangat berharga. Dalam ilmu kimia, emas merupakan unsur kimia yang di dalam tabel periodik diberi simbol Au, yang dalam bahasa latin ialah Aurum. Secara fisik emas memiliki sifat lunak, berwarna kuning, mengkilap, berat, malleable dan ductile.

Ada beberapa teori yang mengungkap asal mula adanya mineral logam emas ini bisa berada di dalam perut bumi, namun teori fisika yang paling diyakini oleh banyak orang adalah emas kemungkinan besar lahir akibat tabrakan bintang mati yang dikenal sebagai bintang neutron.

Ledakan supernova yang pernah terjadi di alam semesta ini telah membuat setiap bintang melepaskan energi sebanyak yang disatukan oleh semua bintang di galaksi, hingga akhirnya membentuk atom emas yang terlempar ke alam semesta bersamaan dengan unsur-unsur lainnya hasil dari ledakan itu.  Emas menjadi salah satu unsur yang ada di dalam magma hasil dari ledakan supernova yang diantaranya telah membentuk planet bumi.

Bagaimana Butiran Emas Bisa Berada di Permukaan Bumi?  

Para geologist yang ahli di bidang ini mengungkapkan jika emas bisa berada di permukaan bumi akibat dari proses magmatisme. Namun beberapa diantaranya dapat juga terbentuk akibat dari proses metasomatisme kontak dan larutan hidrothermal. Dari proses magmatisme yang ada di kerak bumi, emas biasanya akan mengalami proses mekanisme pelapukan dan transportasi yang menghasilkan endapan di permukaan bersamaan dengan scree dan endapan sedimen, yang disebut dengan endapan placer.

Proses pelapukan dan transportasi tersebut telah mengakibatkan unsur emas terlepas dari material pembawanya, sehingga mengakibatkan emas menjadi bebas atau free gold. Untuk emas yang ter-transportasi dan telah bebas dari material pembawanya akan terendapkan bersamaan dengan material atau batuan lainnya yang membentuk suatu lapisan sedimen.

Jika dilihat dari proses terbentuknya, maka mungkin saja akan dapat ditemukan emas berbentuk butiran dalam jumlah yang banyak, tergantung dari seberapa banyak unsur emas yang terkandung bersamaan dengan proses magmatisme sebagai awal terbentuknya.

Lapisan tanah yang diperkirakan mengandung emas

Dimana Emas dalam Bentuk Butiran Dapat Ditemukan? 

Sesuai dengan proses terendapkannya, maka emas dalam bentuk butiran lepas biasanya dapat ditemukan di sepanjang sisi sungai yang terdapat endapan sedimen, seperti delta sungai atau pada lekukan sungai. Namun bisa saja emas butiran ditemukan pada tanah perbukitan hasil dari lapukan batuan dasar yang terbentuk dari proses magmatisme. Selain itu banyak juga emas dengan jenis seperti ini ditemukan pada daratan yg jauh dari sungai, namun dahulunya merupakan sungai purba berusia ribuan tahun yang lalu.

Emas adalah salah satu unsur kimia berbentuk logam yang memiliki nilai tinggi, namun keberadaanya sangat sulit didapat, sehingga memerlukan profesi dengan keahlian khusus di bidang ini. Walaupun memerlukan keahlian khusus untuk bisa mendapatkan endapan emas dengan jumlah cadangan yang bernilai ekonomis, ada juga beberapa kejadian penemuan endapan emas dalam jumlah besar karena ketidak sengaja-an, namun itu jarang terjadi.

Gemerlapnya emas sesuai dengan gemerlap harganya yang terus naik dan selalu berharga, sehingga dimana telah ditemukannya endapan emas maka akan menjadi perhatian banyak orang. Dalam kondisi seperti ini biasanya akan terbentuk suatu wilayah dengan kehadiran banyaknya penambang-penambang liar, yang selanjutnya akan terjadi adalah hukum alam akan berlaku, siapa yang kuat dialah yang dapat, seperti Texas di masa lampau.

Sumber artikel : Alevizone Stories

Lihat produk menarik di : Alevizone Store

RECOMMENDED STORIES

COMMENTS

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019