fbpx

Nikon Hengkang dari Indonesia, Apakah Berdampak Bagi Pengguna Fanatiknya?

“Nikon hengkang dari Indonesia telah menimbulkan banyak pertanyaan bagi para penggemar fotografi, terutama para pengguna fanatiknya. Saat ini ketersediaan suku cadang, aksesoris dan service jika terjadi kerusakan tengah menjadi perbincangan hangat di forum-forum komunitas pengguna kamera Nikon di Indonesia”  

Nikon adalah sebuah merek kamera yang bisa dikatakan sebuah icon dibidangnya, dan telah memiliki banyak pengguna fanatik bukan hanya di jepang sebagai negara asalnya. Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki banyak komunitas fotografi salah satu diantaranya, bahkan karena Nikon memiliki pangsa pasar yang cukup menjanjikan di Indonesia, mendorong produsen kamera ini mendirikan Imaging Division di Indonesia dengan nama PT. Nikon Indonesia.

Setelah selama 8 tahun beroperasi di Indonesia akhirnya Nikon memutuskan untuk berhenti beroperasi di Indonesia efektif per tanggal 22 oktober 2020. Pengumuman tentang penghentian beroperasinya Nikon di Indonesia membuat banyak pengguna fanatiknya seperti kebakaran jenggot, wajar saja karena yang mereka khawatirkan adalah ketersediaan suku cadang, aksesoris dan layanan service jika terjadi kerusakan pada kamera Nikon yang mereka gunakan saat ini.         

Kamera Seperti Pacar dan istri Kedua Bagi Para Fotografer Profesional

Bagi para fotografer profesional, kamera bagaikan pacar dan istri kedua mereka, bagaimana tidak? karena selain untuk memuaskan hasrat dan hobi mereka, kamera adalah alat utama untuk menghasilkan kepuasan karya fotografi dan mengais rezeki. Di Indonesia sendiri sudah banyak melahirkan para fotografer profesional yang sudah diakui karya-karyanya hingga mancanegara, dan cukup sukses untuk menjadi mata pencaharian utama mereka.  

Nikon Banyak Digunakan oleh Para Fotografer Profesional

Untuk menjadi seorang fotografer profesional tentu harus didukung dengan kamera berkualitas yang dapat menghasilkan gambar berkualitas seperti yang diharapkan. Nikon adalah salah satu merek kamera yang sudah sangat diakui kualitasnya oleh para fotografer profesional, terutama untuk kamera jenis DSLR. Sehingga Nikon telah banyak direkomendasikan oleh para fotografer profesional untuk digunakan oleh mereka yang ingin menekuni dibidang fotografi.

Kenapa Nikon Hengkang dari Indonesia?

Nikon hengkang dari Indonesia menimbulkan banyak pertanyaan besar bukan saja dari penggunanya, namun dari semua kalangan penggemar fotografi. Pihak management PT. Nikon indonesia tidak pernah memberikan keterangan secara rinci penyebab hengkangnya Nikon dari Indonesia. ketidak terbukaan pihak management PT. Nikon Indonesia membuat banyak penggunanya resah, karena mereka khawatir dengan ketersediaan suku cadang, aksesoris dan layanan service jika terjadi kerusakan pada kamera Nikon yang mereka gunakan.

Untuk segala keperluan suku cadang, aksesoris dan layanan service pengguna kamera Nikon tidak perlu khawatir, karena Nikon telah menunjuk PT. Alta Nikindo sebagai distributor resmi di Indonesia yang siap memberikan pelayanan service dan menyediakan suku cadang beserta aksesoris yang diperlukan, dan memberikan layanan yang sama seperti PT. Nikon Indonesia.

Pergeseran teknologi akibat perubahan jaman mungkin menjadi salah satu alasan yang dapat diterka penyebab Nikon hengkang dari Indonesia. Kemajuan teknologi fotografi yang disertakan pada perangkat smartphone telah membuat banyak orang mulai melupakan kamera DSLR dan kamera pocket, sehingga penjualan kamera jenis DSLR dan kamera pocket sangat terasa dampaknya di indonesia, ditambah dengan dukungan banyaknya aplikasi canggih yang membuat kualitas foto dari perangkat smartphone dapat sebaik hasil jepretan dari kamera DSLR.  

Karya seni adalah mengenai keindahan yang dihasilkan oleh ide dan keahlian seniman yang membuatnya, sehingga tidak akan mungkin tergantikan oleh banyaknya campur tangan teknologi. Begitu juga dengan foto hasil karya seorang fotografer yang berkualitas seni tidak akan mungkin dapat tergantikan oleh banyaknya campur tangan teknologi, sehingga kehadiran teknologi pada perangkat smartphone tidak dapat menggantikan foto dari hasil karya ide dan keahlian seorang fotografer.

Baca artikel lainnya di : Alevizone Stories

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: