fbpx

Sebenarnya Apa Penyebab Indonesia Sering Terkena Bencana Gempa Bumi?

“Bencana gempa bumi di Indonesia termasuk yang sering terjadi dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Sudah banyak korban jiwa dan materi akibat bencana yang diakibatkan oleh aktivitas geologi ini”  

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki tingkat resiko bencana gempa bumi yang cukup tinggi, dan sudah banyak korban jiwa serta kerugian materi yang disebabkan oleh bencana yang bisa datang dengan tiba-tiba ini.

Gempa bumi adalah suatu bencana yang diakibatkan oleh aktivitas geologi yang sulit diprediksi kehadirannya, sehingga upaya untuk mencegah terjadinya korban jiwa dan materi akibat bencana ini sangat sulit dilakukan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari bencana ini adalah dengan cara mencari tempat hunian di area atau lahan yang aman dari aktivitas geologi aktif.  

Apa Hubungannya Gempa Bumi dengan Aktivitas Geologi ?

Pengertian sederhana dari aktivitas geologi adalah terjadinya suatu aktivitas di dalam dan permukaan bumi yang mengakibatkan terjadinya peristiwa pada bumi. Aktivitas geologi disini terbagi-bagi lagi dalam beberapa istilah yang terdapat dalam ilmu geologi, diantaranya adalah aktivitas sesar, aktivitas tektonik, aktivitas vulkanik, aktivitas likuifasi dan masih banyak lagi istilah aktivitas geologi lainnya yang menyebabkan terjadinya peristiwa pada bumi. 

Aktivitas-aktivitas geologi tersebutlah penyebab terjadinya suatu peristiwa pada bumi yang dapat menyebabkan terjadinya suatu bencana pada bumi, tetapi peristiwa geologi tersebut dapat juga memberikan keuntungan pada manusia, contohnya adalah berupa hasil tambang dan pariwisata seperti geopark. Bencana gempa bumi sendiri merupakan suatu peristiwa pada bumi yang diakibatkan oleh aktivitas geologi berupa aktivitas tektonik.

Aktivitas tektonik sendiri adalah suatu aktivitas geologi di dalam perut bumi dimana terjadinya pergerakan lempeng-lempeng yang ada pada kerak bumi (litosphere). Dari pergerakan dan tumbukan lempeng tersebut yang dapat mengakibatkan terjadinya gempa bumi, pembentukan pegunungan (orogenesa) dan aktivitas magmatisme atau vulkanik.

Wilayah di Indonesia yang Rawan Gempa Bumi

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang rawan terhadap gempa bumi dikarenakan berada dekat dengan zona pertemuan dua lempeng bumi, yaitu lempeng samudra dan lempeng benua. Salah satu ciri yang sangat mudah dilihat pada permukaan bumi jika Indonesia berada dekat dengan zona tumbukan lempeng adalah jajaran pegunungan berapi yang membentang dari Pulau sumatera, jawa hingga sulawesi.

Ketiga pulau tersebut dan pulau-pulau kecil disekitarnya merupakan wilayah di Indonesia yang memiliki potensi dan rawan terhadap bencana gempa bumi, karena ketiga pulau tersebut berada paling dekat dengan zona tumbukan lempeng benua dan samudra. Pulau kalimantan adalah satu-satunya pulau di wilayah Indonesia yang paling aman dari potensi rawan gempa, mungkin ini salah satu penyebab kenapa Soekarno berkeinginan memindahkan Ibu Kota Negara ke Pulau Kalimantan. 

Gambar ilustrasi tumbukan lempeng benua dan samudra

Agar Aman dari Gempa Bumi Apa yang Harus Dilakukan ?

Gempa bumi adalah kejadian alam akibat aktivitas geologi yang sulit diprediksi kedatangannya, bisa dikatakan teknologi yang ada saat ini hanya sebatas pendeteksi pada saat gempa bumi terjadi, yang dinamakan seismograph.

Para ahli geologi hingga saat ini masih terus melakukan penelitian agar dapat mendeteksi gempa bumi lebih cepat, agar dapat mencegah terjadinya korban jiwa akibat bencana ini. Walaupun secara waktu bencana ini masih belum dapat diprediksi kehadirannya, tetapi para ahli geologi dapat memastikan wilayah-wilayah mana saja yang rawan dari bencana gempa bumi.

Dari kondisi tersebut maka cara terbaik yang dapat dilakukan agar dapat terhindar dari bencana gempa bumi adalah memiliki tempat tinggal di wilayah yang aman dari bencana ini. Karena Indonesia adalah negara yang memiliki luas wilayah rawan gempa cukup luas, atau sekitar 60% dari seluruh luas wilayah Indonesia, maka mau tidak mau penduduk Indonesia akan memiliki tempat tinggal di wilayah yang rawan gempa bumi tersebut.

Memiliki tempat tinggal di wilayah yang rawan terhadap gempa bumi sebaiknya perlu mempersiapkan segala sesuatunya jika kemungkinan terburuk terjadi, beberapa contoh yang dapat dilakukan misalnya ialah membangun rumah dengan menggunakan material ringan, menyediakan alat pelindungan dari gempa dan memberikan pembelajaran tentang cara berlindung dari gempa  kepada seluruh anggota keluarga.   

Gempa bumi adalah aktivitas alam yang tidak dapat dikendalikan oleh manusia, namun gempa bumi hanya sebuah dampak dari aktivitas geologi yang harus terjadi untuk menjaga keseimbangan bumi dan alam. Walaupun aktivitas geologi dapat menyebabkan terjadinya bencana, namun disisi lain dapat memberikan banyak manfaat bagi manusia, contohnya adalah menghasilkan sumberdaya alam yang banyak dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. 

Baca artikel lainnya di : Alevizone Stories

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: