fbpx

Penyebab Terjadinya Tsunami yang Perlu Diketahui oleh Masyarakat Awam yang Tinggal di Pesisir Pantai

“Tsunami adalah suatu fenomena alam akibat terjadinya aktivitas geologi di dasar laut yang menyebabkan terjadinya gelombang atau perpindahan air laut dalam jumlah yang sangat besar dan dapat menimbulkan suatu bencana alam yang sangat dahsyat dan menimbulkan banyak korban jiwa”  

Mengenang kejadian tsunami pada tahun 2006 yang sangat dahsyat dan telah menimbulkan banyak korban jiwa sepertinya mulai dilupakan oleh kita semua, padahal bencana alam ini bisa datang lagi dengan tiba-tiba dan kita tidak mempersiapkan segala sesuatunya. Aceh adalah salah satu wilayah di Indonesia yang paling besar terkena dampak dari tsunami, walaupun beberapa wilayah di negara lain juga terkena dampak dari gelombang yang sangat dahsyat dan telah menyebabkan banyak korban jiwa ini.        

Mengenal Lebih Dekat dengan Tsunami

Istilah tsunami diambil dari bahasa jepang yaitu tsu yang artinya pelabuhan dan nami yang artinya gelombang, dimana Jepang sendiri adalah salah satu negara di dunia yang paling sering terkena fenomena tsunami, dan istilah tsunami diperkenalkan oleh para nelayan di Jepang yang sering melihat dan mengalami fenomena alam ini.

Penyebab terjadinya tsunami adalah adanya gangguan pada dasar laut yang menyebabkan terjadinya perpindahan atau gelombang air laut, gangguan pada dasar laut tersebut pada umumnya berupa aktivitas geologi, seperti gempa bumi yang berpusat di dalam dasar laut, letusan gunung atau pergerakan dasar laut lainnya seperti longsoran. Selain disebabkan oleh adanya gangguan pada dasar laut, tsunami juga dapat disebabkan oleh jatuhnya benda asing ke laut, seperti jatuhnya meteor yang berukuran sangat besar, bahkan bisa juga disebabkan oleh ulah manusia sendiri, seperti ledakan nuklir di laut yang berkekuatan sangat dahsyat.

Kawasan yang Rawan dengan Tsunami di Indonesia

Tsunami adalah suatu fenomena alam yang ada penyebabnya, dan pada umumnya tsunami terjadi akibat dari adanya gangguan pada dasar laut yang disebabkan oleh aktivitas geologi. Gempa bumi yang berpusat di dalam pada dasar laut adalah penyebab tsunami yang paling sering terjadi.

Selain Jepang, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki potensi yang sangat besar dan wilayah yang cukup luas dari rawan tsunami. Mengenang kejadian tsunami yang telah banyak menimbulkan banyak korban jiwa pada tahun 2006, menandakan jika tsunami adalah salah satu bencana alam yang sangat berbahaya dan sangat sulit dikendalikan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai.

Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki wilayah yang cukup luas dari dampak fenomena tsunami ini, yaitu sepanjang bagian barat Pulau Sumatra, selatan Pulau Jawa, sebagian utara Pulau Sulawesi dan bagian selatan pulau-pulau kecil di selatan wilayah Indonesia.

Pulau Kalimantan, Papua dan bagian selatan Pulau Sulawesi adalah wilayah-wilayah di Indonesia yang cukup aman dari dampak tsunami, dikarenakan wilayah-wilayah tersebut berada jauh dari zona tumbukan lempeng benua dan lempeng samudra yang menjadi penyebab utama dari semua rentetan fenomena alam akibat dari aktivitas geologi di Indonesia. Baca juga  “Sebenarnya Apa Penyebab Indonesia Sering Terkena Bencana Gempa Bumi”

Peta wilayah rawan tsunami di Indonesia

Apa yang Harus Dilakukan oleh Masyarakat yang Tinggal di Kawasan dengan Rawan Tsunami ?

Masyarakat yang tinggal atau banyak melakukan aktivitas di pesisir pantai seperti nelayan sangat berpotensi terkena dampak dari tsunami, sehingga perlu mengetahui atau memiliki pengetahuan untuk dapat menyelamatkan diri jika terjadi tsunami yang dapat datang dengan tiba-tiba ini. Upaya peringatan dini yang seharusnya dilakukan oleh instansi berwenang kadang-kadang tidak selalu cepat dan tepat, sehingga perlu dilakukan tindakan menyelamatkan diri lebih dini.

Adanya gempa bumi yang terasa di wilayah pesisir pantai adalah salah satu ciri pertama yang dapat mendeteksi akan kehadiran tsunami, walaupun dengan terasanya gempa bumi tidak selalu akan adanya kehadiran tsunami namun hal ini perlu diwaspadai. Penyusutan muka air laut yang tiba-tiba diiringi dengan adanya suara gemuruh, adanya gelombang yang tidak biasa dan perpindahan kumpulan burung yang tidak biasa adalah tanda-tanda jika tsunami sudah mendekat. Jika terjadi kondisi seperti tersebut, maka langkah pertama yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah segera menjauh dari pesisir pantai dan mencari daratan yang lebih tinggi, jika ada berupa bukit.

Selain upaya penyelamatan diri dengan menghindar, mempersiapkan peralatan keselamatan seperti rompi pelampung untuk setiap anggota keluarga, atau perahu karet untuk setiap keluarga dapat menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan. Kesadaran untuk turut memelihara alat pendeteksi tsunami yang telah diupayakan oleh pemerintah mungkin suatu tindakan bijaksana masyarakat. 

Fenomena tsunami yang sering terjadi di Indonesia dan telah memakan banyak korban jiwa seharusnya menjadi pelajaran berharga bukan saja bagi masyarakat yang berpotensi akan terkena dampaknya, tetapi juga bagi pemerintah, instansi, atau lembaga yang diberikan wewenang untuk ini dan memiliki dasar dibidang keilmuan yang berhubungan dengan tsunami atau sumber yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

Baca artikel lainnya di : Alevizone Stories

RECOMMENDED STORIES

Leave a Reply

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: