fbpx

Pernahkah Terpikir Para Korban PHK dapat Bekerja di Instansi Pemerintah untuk Saat Ini?

Korban PHK belum berhenti sampai dengan saat ini, lagi-lagi ini salah satu fenomena korban dari ganasnya virus corona yang belum juga mereda, bahkan di beberapa negara virus ini semakin mengganas.

Gelombang korban PHK belum juga berhenti, bahkan kini mulai merambah perusahan-perusahan besar yang seharusnya lebih mapan dan siap secara financial. Mau tidak mau atau suka tidak suka para korban PHK ini harus menerima kenyataan pahit ini dan selanjutnya berjuang untuk menjaga agar keluarganya dapat tetap hidup dengan layak.

Bukan hanya dari dunia ritel dan hiburan yang paling merasakan dampaknya, bidang industri lainnya yang pada mulanya dianggap akan bertahan juga mulai goyah, bahkan terseok-seok untuk dapat tetap bertahan. Entah sampai kapan fenomena ini akan belanjut, namun pada akhirnya pemerintah menjadi harapan satu-satunya.

Berbagai Profesi yang Menjadi Korban PHK

Berbagai profesi telah menjadi korban PHK yang menjadi momok mengkhawatirkan para pekerja swasta saat ini, mulai dari level pekerja hingga level management atas seperti Manager hingga general manager. Berbagai keahlian dibidangnya sebenarnya sangat sayang jika tidak dapat dimanfaatkan, walaupun hanya disaat badai ini masih melanda.

Sebenarnya profesi-profesi korban PHK ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk mengisi posisi-posisi yang dapat memberikan banyak manfaat dan sumbangsih untuk pembangunan negeri ini. Keahlian dan etos kerja yang dimiliki dari bekal selama bekerja di perusahaan swasta akan memberikan warna dan energi baru untuk posisi dan tanggung jawab yang diembannya, tentu sesuai dengan profesi dan keahlian yang dimilikinya.

Mulai dari pilot, pekerja konstruksi, pekerja di dunia entertain, ahli perminyakan, ahli tambang, hingga scientist seperti biologist, geologist dan chemist, mereka adalah para profesional yang akan memberikan banyak keahlian dan pemikirannya untuk kemajuan bangsa ini. Bahkan para pemberi jasa dan para pekerja ritel yang bisa saja ditempatkan di bagian pelayanan pemerintah.

Ilustrasi para pencari kerja - Gambar diambil dari kontan.co.id

Akan Memberikan Persaingan yang Sehat untuk Meningkatkan Kinerja

Para korban PHK profesional yang ahli di bidangnya ini diyakini memiliki pengalaman yang tidak dimiliki oleh para pegawai pemerintahan dan akan sebaliknya. Perbedaan pengalaman akan memberikan warna-warni di dalam organisasi atau instasi yang akan diisi oleh para profesional korban PHK ini, sehingga akan saling menutupi kekurangan dan memberikan kelebihannya masing-masing.

Perlu diakui jika para pekerja swasta biasanya akan memiliki etos kerja dan tingkat kedisiplinan lebih, karena memang itu adalah tuntutan dari perusahaan tempatnya bekerja dan jika melanggar, maka ancaman PHK akan berada di depan mata. Kelebihan ini secara tidak langsung akan menuntut pegawai yang sudah ada untuk meningkatkan kedisiplinan dan etos kerjanya sehingga akan menumbuhkan persaingan yang sehat. Lika-liku sebagai pekerja swasta juga akan memberikan masukan untuk instansi yg berwenang, sehingga segala kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh instansi terkait akan berdasarkan referensi dari data yang objektif. 

BUMN Sebagai Perusahaan Negara yang Dibangun dari Rakyat dan Untuk Rakyat

Bukan hanya instasni pemerintah yang memungkinkan dapat menampung korban PHK yang profesional, BUMN sebagai perusahaan negara yang dibangun dari rakyat dan untuk rakyat ini, juga dapat memberikan peranan untuk memberdayakan para korban PHK. Banyak posisi yang dapat diisi oleh para korban PHK ini, contohnya adalah para pekerja di sektor ritel yang dapat dimanfaatkan sebagai customer service di BUMN dengan sektor pelayanan, atau para ahli konstruksi sebagai pekerja di BUMN sektor konstruksi.

BUMN yang ada sebaiknya mengutamakan para korban PHK dengan status kepala rumah tangga sebagai pekerja baru yang akan direkrut-nya, karena dengan merekrut pekerja dengan status ini sama dengan menyelamatkan beberapa kepala yang menjadi anggota keluarganya.

Badai mungkin saat ini belum berlalu, para korban PHK adalah bukti jika keganasan virus corona dampaknya sangat luar biasa. Disaat yang sama perekonomian harus tetap berjalan, karena walau bagaimanapun juga pemerintah memerlukan pendapatan dari sektor pajak untuk tetap dapat menjalankan fungsinya. Ini mungkin sebuah ide sederhana yang dapat membantu untuk mendapatkan jalan keluar dari permasalahan banyaknya korban PHK saat ini. Semoga badai cepat berlalu dan kapal berlabuh di pulau yang indah.

Sumber artikel : Alevizone Stories

Lihat produk menarik di : Alevizone Store

RECOMMENDED STORIES

COMMENTS

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019