fbpx
Royal Enfield Himalayan Diciptakan untuk Semua Medan

Royal Enfield Himalayan Diciptakan untuk Semua Medan

"Sesuai dengan namanya, salah satu series motor keluaran Royal Enfield ini bisa dibilang terlihat sangat tangguh dan kokoh. Himalayan telah diklaim oleh Royal Enfield menjadi motor yang dirancang untuk semua medan jalan dan bahkan untuk medan yang berat sekalipun"
Wisnu YPH
Author

Pada mulanya Royal Enfield hanya sebuah perusahaan yang mensuplai suku cadang mesin presisi kepada pabrik senjata di Enfield Middlesex, yang didirikan oleh R.W. Smith dan Albert Eadie pada tahun 1891. Pada tahun 1891 R.W. Smith merancang sebuah sepeda motor roda empat, dengan menggunakan mesin proprietary 11/2 hp De Dion.

Pada tahun 1901 barulah Royal Enfield memproduksi sepeda motor roda dua pertamanya yang dirancang oleh R.W. Smith dan Jules Gotiet seorang yang berkebangsaan Perancis. Mesin pertama yang digunakan ialah Minerva 11/2 hp, yang awalnya terpasang di kepala kemudi. Seiring berjalannya waktu Royal Enfield terus berkembang dan telah memiliki beberapa series. Bullet adalah salah satu series keluaran Royal Enfiled yang menjadi motor legendaris.  

Pada tahun 1949 adalah awal mula Royal Enfield mendarat di tanah India yang didatangkan oleh K.R. Sundaram yang juga mendatangkan mesin Norton dan Matchless. Tidak lama setelah itu, sekitar tahun 1955 “Enfield India” berdiri atas mitra dari perusahaan  Redditch dan Madras Motors yang merupakan sebuah perusahaan lokal India.   

  • Oleh Royal Enfield

Tahun 2016 Diperkenalkannya Model Himalayan

Setelah malang melintang selama puluhan tahun, akhirnya di tahun 2016 Royal Enfield memperkenalkan model series terbarunya yang diberi nama “Himalayan”. Menggunakan mesin LS410 terbarunya dan model suspensi Terrain Tested, menandakan motor ini memang dirancang untuk semua medan jalan, bahkan medan yang tidak memiliki jalan sekalipun seperti medan berpasir atau berbatu.

Ekspedisi dengan menggunakan motor mulai menjadi trend dan menjadi bagian gaya hidup Pria. Tetapi masih jarang motor yang memiliki kemampuan untuk itu, mesin yang mumpuni untuk semua medan dengan ditunjang desain yang sesuai dengan kemampuannya telah menjadikan Himalayan menjadi motor yang handal untuk menunjang gaya hidup para petualang.

  • Oleh Royal Enfield

Desain yang Sesuai Untuk Jiwa Petualang

Himalayan memiliki bingkai setengah duplex split cradle, suspensi yang lebih panjang akan menjaga keseimbangan di medan berbatu dan jalan yang Anda tempuh. Untuk kenyaman Anda saat melaju di medan yang extreme, Royal Enfield telah memberikan Himalayan kursi dengan ketinggian 800 mm, ditunjang dengan setelan stang dan pijakan diposisi yang cukup sempurna. Anda tidak perlu kawatir dengan cedara punggung dan kelelahan walaupun posisi tubuh Anda berdiri saat mengendarai Himalayan.

Rotal Enfield sudah cukup royal untuk memberikan Himalayan pannier pada dua sisi di bagian belakang. Selain itu Himalayan juga dilengkapi dengan pelindung transparan di bagian muka yang dapat dilepas, sehingga penggunaannya tergantung selera Anda. Pada dashboard Himalayan sudah dilengkapi LCD yang dapat memberikan Anda informasi jarak tempuh dan pemeliharaan. Himalayan memiliki jarak ketinggian dengan tanah hingga 220 mm menjadikannya siap menerjang hampir semua medan.

Untuk bagian roda, Himalayan sebenarnya tidak memiliki ukuran ban yang berbeda, yaitu 17″ dan 21″ namun roda dengan ukuran itu terlihat sangat gagah digunakan oleh Himalayan yang telah dilengkapi dual fungsi. Ban bawaan yang diberikan pada Himalayan ialah tread-pattern sehingga memberikan cengkraman yang sangat kuat di medan manapun Anda berkendara. 

Royal Enfield memberikan Himalayan tiga pilihan warna, yaitu snow, granite dan sleet. Memang Himalayan memiliki pilihan warna yang sedikit, tetapi ketiga warna itu adalah warna-warna terbaik disesuaikan dengan konsep motor ini.

Dibandrol dengan harga Rp. 95,400,000.- untuk penjualan di Indonesia, sepertinya motor ini sesuai dengan ekspetasi yang diberikan oleh Royal Enfield. Karena bagi para penggemar motor, nama besar Royal Enfield sudah menjadi suatu jaminan.

  • Oleh Royal Enfield

+ Performa tangguh sesuai dengan konsep yang diusungnya

+ Cocok untuk yang memiliki jiwa petualang

– Masih sedikit dealer yang menjual Royal Enfield

Spare part masih sedikit sulit didapat

Mesin

Silinder Tunggal, 4-tak, SOHC, system pendingin udara, 411 cc, 24.5 bhp @ 6500 rpm,
32 Nm @ 4250 rpm

Casis

  • Bingkai Setengah Duplex Split Cradle
  • Suspensi Depan: Teleskopis, Jeruji 41 mm, pergerakan poros roda 200 mm
  • Suspensi Belakang: Suspensi tunggal dengan Linkage, pergerakan poros roda 180 mm

Rem & Tyres

  • Ban Depan: 90/90-21
  • Ban Belakang: 120/90-17
  • Rem Depan: Cakram 300 mm, Kaliper Mengambang 2-Piston
  • Rem Belakang: Cakram 240 mm, Kaliper Mengambang 1-Piston

Dimensi

  • 2190 mm x 840 mm x 1360 mm
  • Kapasitas Bahan Bakar: 15 +/- 0.5 Ltr
  • Berat Kosong: 191 Kg
  • Jarak Bagian Terbawah ke Tanah 220 mm

Kelistrikan

12 Volt – DC, Baterai: 12 Volt, 8 Ah

Warna

Granite, Snow, Sleet

IDR 95,400,000.- on the road