fbpx
Smartphone Tahan Air Terbaik di Tahun 2019

Smartphone Tahan Air Terbaik di Tahun 2019

"Sebagian Pria sering melakukan kegiatan di luar ruang, seperti pekerja lapangan atau menjalankan kegemaran di luar ruangan seperti hiking, bersepeda dan masih banyak lagi. Smartphone adalah salah satu barang yang wajib dibawa untuk menemani aktifitas luar ruangan tersebut, dan smartphone tahan air adalah pilihan terbaik"
Dody G
Author

Cuaca yang tidak menentu terkadang bisa menjadi suatu kendala untuk menjalankan aktifitas luar ruangan, bukan saja karena terhadap kondisi tubuh kita, tetapi bisa mempengaruhi peralatan yang kita bawa. Saat menghadapi hujan bisa saja kita menghentikan aktifitas yang sedang kita jalankan dikarenakan peralatan yang kita bawa. Bisa jadi kita akan kawatir peralatan elektronik yang tidak tahan air akan rusak karena kebasahan atau terendam dalam genangan air. Tetapi itu adalah kendala yang sudah bisa diatasi saat ini, dengan banyaknya produsen barang elektronik yang tahan air. Handphone adalah salah satu barang elektonik tersebut, karena itu adalah barang elektronik yang biasanya selalu kita bawa. Anda tidak perlu kawatir dengan kondisi itu, karena di tahun 2019 ada beberapa handphone yang diciptakan untuk aktifitas luar ruangan yang tentunya tahan air, bahkan bukan saja tahan terhadap percikan air, tetapi tahan terhadap rendaman air hingga kedalaman 10 meter.  

Caterpillar CAT S61

  • Gambar oleh pihak ketiga

Bukan saja tahan terhadap percikan air, handphone ini bahkan tahan terhadap rendaman air hingga kedalaman 5 meter, bahkan handphone ini telah teruji tahan terhadap benturan karena terjatuh. CAT S61 memang sedikit lebih tebal dibandingkan handphone tahan air lainnya, tetapi handphone ini juga tahan terhadap radiasi, guncangan dan debu dikarenakan MIL-STD-810G. Handphone ini bahkan tahan benturan karena jatuh dari ketinggian hingga 6 kaki. Bekerja sama dengan perusahaan sensor Flir, S61 telah dilengkapi dengan kamera dengan sensor hingga 16 megapixel. selain itu S61 dilengkapi juga dengan pendeteksi panas, suhu dan hotspot.

Sebenarnya ponsel ini tidak memiliki spesifikasi yang tinggi dibandingkan dengan merek lainnya. Menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon 630 dan RAM 4GB, sedangkan layar 5,2 inci memiliki resolusi 1.920 x 1.080-piksel. Handphone ini memang tidak diciptakan memeiliki spesifikasi yang terllau tinggu, dikarenakan handphone ini memang hanya diciptakan untuk menunjang aktifitas luar ruangan. Caterpillar CAT S61 sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kegemaran luar ruangan seperti hiking dan arum jeram, bahkan untuk profesi pekerja lapangan seperti geologist, engineer dan surveyor. 

iPhone XS

  • Gambar oleh pihak ketiga

iPhone XS sebenarnya memiliki desain yang sama dengan iPhone X, tidak memiliki bezel terlihat sangat menarik. Tetapi XS diberikan kelebihan kekuatan dan tahan air oleh iPhone, sehingga ponsel ini masuk dalam daftar ponsel tahan air di tahun 2019. Memiliki layar OLED yang hitam pekat dipadu dengan warna-warna cerah membuat setiap orang yang melihat ingin memilikinya. Layar luas 5.8 inc. bukan apa-apa dibandingkan dengan kualitas fotografi iPhone XS. Sensor 12 megapixel di dua lensa dengan satu lensa sudut lebar dan satu lensa zoom, sepertinya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak menyukai ponsel ini. Efek bokeh seperti DSLR ditambah efek pencahayaan yang berbeda membuat Anda seperti fotografer profesional saat melihat hasilnya.  

Menggunakan chip B12 Aion terbaru dari Appel mmebuatnya sangat cepat dan efesien sehingga tidak ada tandingannya. Walaupun sudah tidak menggunakan Touch ID, Apple sudah menggantinya dengan Face ID yang lebih dapat diandalkan. Selain itu iPhone XS telah menggunakan Bluetooth 5.0 untuk mengganti jack headphone. iPhone XS memiliki peringkat IP67 sehingga lebih baik dari Samsung Galaxy S9 dalam hal tahan air. iPhone XS tahan hingga 30 menit dalam rendaman air dalam kondisi normal. Walaupun begitu, sebaiknya Anda tidak membawa iPhone XS untuk berenang di laut yang memiliki air dengan kadar garam tinggi. 

Samsung S10

  • Gambar oleh pihak ketiga

Jika Anda menginginkan smartphone tahan air dengan desain elegan, Samsung S10 adalah pilihan yang tepat. sudah menggunakan teknologi terbaru, S10 telah memiliki sertifikat IP68, itu artinya smartphone ini dapat bertahan di kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit.

S10 mengunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 dengan RAM 8GB. S10 juga telah memiliki kamera tiga lensa yang sangat baik di bagian belakang, menggabungkan dua lensa 12 megapiksel dan lensa sudut lebar 16 megapiksel, serta kamera 10 megapiksel di bagian depan. S10 Plus memiliki kamera depan dual-cam. Untuk perangkat lunak sendiri, S10 ditunjang oleh Android 9.0 Pie, dengan antarmuka pengguna Samsung sendiri di atasnya, membuatnya tampak sedikit berbeda dari Android di ponsel lain pada umumnya.

Menggunakan layar Dynamic AMOLED 6,1 inci tentu akan memberikan kepuasan bagi Anda, dengan resolusi 3.040 x 1.440-pixel dan getaran serta kecerahan yang seperti tidak ada tandingannya. Menggunakan baterai 3.400 mAh di dalam, sehingga cukup untuk bertahan sepanjang hari dalam kondisi layar terus menyala. Sementara peringkat IP68 menunjukkan kualitas tahan air, S10 memiliki kaca depan dan belakang melengkung, sehingga sangat riskan bila terjatuh.

Jika Anda memeiliki anggaran lebih, Anda bisa mendapatkan S10 Plus, yang menampilkan layar 6,4 inci, baterai 4,100 mAh, tetapi memiliki sertifikasi IP68 yang sama.