fbpx

Beberapa Danau atau Situ yang Direkomendasikan untuk Tempat Mancing sambil Berkemah di Sekitar Kota Bandung

Mancing ikan di danau rasanya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan mancing ikan di kolam pemancingan biasa. Selain memancing ikan, di kita juga dapat melakukan aktivitas outdoor lainnya, apalagi jika kita lakukan sambil berkemah. Menikmati suasana alam yang hening dan udara segar sambil menunggu kejutan tali pancing, akan memberikan pengalaman yang berbeda

Orang Jawa Barat menyebut danau biasanya dengan sebutan situ, diambil dari bahasa sunda yang artinya adalah danau, jadi jangan heran jika beberapa sub judul disini akan lebih banyak menyebut danau dengan situ. Di sekitar Kota Bandung  sendiri walaupun sudah cukup padat penduduknya dibandingkan dengan sekitar kota-kota lainnya di Indonesia, tetapi setidaknya masih memiliki beberapa danau yang masih layak untuk mancing ikan sekaligus berkemah. Memang danau-danau yang ada ini pada umumnya sudah berubah menjadi tempat wisata, namun di beberapa sisi daratan masih dapat kita temukan tempat-tempat yang belum banyak tersentuh oleh wisatawan lokal. 

Situ Cileunca

Situ Cileunca secara geografis berada pada koordinat S 7.1891716 – E 107.5533233, sedangkan secara Administratif Situ Cileunca yang berada di selatan Kota Bandung ini merupakan bagian dari sebuah kota kecil Pangalengan, yang masih masuk kedalam Kabupaten Bandung. Untuk menuju Situ Cileunca sangat mudah, dengan menempuh jarak ± 50 km dari Kota Bandung Anda hanya memerlukan watu tempuh sekitar 2 jam saja, apalagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. 

Suasana Situ Cileunca sangat banyak perubahannya dibandingkan ketika saya mengunjunginya sekitar tahun 1990-an, Situ Cileunca sekarang sudah sangat berkembang menjadi tempat parawisata, namun suasana alam dan kesegaran udaranya masih tetap sama. Walaupun sedikit lebih ramai, namun masih banyak dapat kita temukan spot-spot yang layak dijadikan tempat mancing sekaligus berkemah. Keunikan dari Situ Cileunca adalah udaranya yang sangat dingin, sehingga jika Anda ingin mancing dan berkemah ditempat ini sebaiknya persiapkan jaket yang tebal dan perlengkapan tidur yang bisa menahan udara dingin.  

Situ Patengan atau Patenggang

Ada sebagian orang Jawa Barat yang menyebut Situ Patengan dengan sebutan Situ Patenggang, namun ketika kita mengunjungi danau ini kita akan menemukan sebuah gapura pintu masuk dengan tulisan “Selamat Datang di Situ Patengan”, jadi selanjutnya kita akan menyebut danau ini dengan sebutan Situ Patengan.

Situ Patengan secara geografis berada pada S 7.163690 – E 107.357070 yang berda di selatan Kota Bandung dan secara adminstratif kedalam wilayah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, namun banyak orang lebih mengenal Situ Patengan merupakan bagian dari Kecamatan Ciwidey. Untuk menuju Situ Patengan tidaklah sulit, Anda hanya perlu menempuh jarak ± 50 km saja, atau sekitar 1 jam 30 menit dari pusat Kota Bandung, apalagi sekarang sudah ada akses jalan tol hingga Soreang.

Hampir sama dengan Situ Cileunca, Situ Patengan berada di dataran tinggi, yang dikelilingi oleh hamparan kebun teh, sehingga udara sejuk sangat terasa di danau ini. Selain itu Situ Patengan memilik keunikan sebuah pulau kecil yang penuh dengan cerita mitos. Spot-spot tempat mancing ikan sambil berkemah akan banyak kita temukan disini, dan sambil menunggu kejutan tali pancing sangat asyik jika kita menikmati jagung bakar ditambah dengan hangatnya minum bandrek, yang merupakan minum khas daerah sini.      

Situ Lembang

Situ lembang secara geografis berada pada koordinat S 6.739444444 – E 107.5775, yang berada di Utara – Barat dari Kota Bandung, dan secara administratif Situ Lembang termasuk kedalam Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju Situ Lembang sangat mudah dan jaraknya lebih dekat dibandingkan dengan Situ Cileunca dan Situ Patengan jika berpatokan dari Kota Bandung. Dengan jarak tempuh ± 20 km, kita hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam saja dari pusat Kota Bandung.

Situ Lembang yang diapiti oleh kaki Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu ini sebenarnya adalah tempat latihan militer Angkatan Darat, namun karena keindahan alamnya menjadikan Situ Lembang sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Walaupun telah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, Situ Lembang masih memiliki banyak spot-spot yang berkesan untuk mancing ikan sambil berkemah. Udara sejuk pegunungan akan meninggalkan pengalaman mancing ikan sambil berkemah yang sangat berkesan.

Itulah tiga danau atau situ yang direkomendasikan untuk tempat memancing sambil berkemah, dan ketiga danau tersebut memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan, sehingga sangat disayangkan jika ketiga danau tersebut harus rusak atau menjadi kotor akibat prilaku atau kurangnya kesadaran kita untuk menjaga kelestariannya. Untuk menjaga kelestarian alam sebenarnya sangat mudah dan sederhana, kita mulai dengan membuang sampah pada tempatnya, atau bila perlu kita bawa kembali sampah-sampah bekas aktivitas kita, terutama sampah-sampah pelastik. Semoga anak cucu kita masih dapat mancing ikan sambil berkemah dan menikmati keindahan alam ketiga danau tersebut.

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019