fbpx

Tetap Kreatif Agar Tahan dari Dampak Resesi Ekonomi

“Tetap kreatif agar tahan dari dampak resesi ekonomi adalah suatu hal yang perlu dilakukan, dan ketika Anda kehilangan pekerjaan hingga tidak memiliki penghasilan, satu-satunya aset paling berharga ialah kreatifitas yang Anda miliki dan mental positif pantang menyerah”

Banyak orang menganggap jika kreatifitas adalah anugrah yang tidak dimiliki oleh semua orang dan anggapan itu ada benarnya, tetapi jangan salah jika kreatifitas bisa hadir disaat orang dalam kondisi terpaksa. Sudah banyak contoh kesuksesan yang terjadi karena keterpaksaan dan kondisi ekonomi, contoh nyata yang dapat kita jadikan panutan adalah Jack Ma, seorang pendiri Alibaba yang pernah merasakan hidup dalam kesusahan, kondisi yang dialami Jack Ma pada saat itu membuatnya terpecut untuk berkreatifitas dan menghasilkan karya luar biasa. 

Orang yang memiliki tingkat pendidikan tinggi bukanlah jaminan untuk dapat menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat bagi banyak orang dan menghasilkan pundi-pundi uang. Bukan hanya Jack Ma, Bill Gates, Mark Zurkenberg hingga Steve Jobs adalah orang-orang sukses yang tidak pernah merasakan kelulusan  dari pendidikan formal yang pernah dijalaninya, tetapi kreatifitas dan selalu bermental positif pantang menyerahlah yang membuat kesuksesan mereka terwujud.

Jangan Takut Membuat dan Mempublikasikan Hasil Karya Sendiri

Pada saat kita membuat suatu karya akan ada suatu rasa tidak percaya diri, hal itu wajar saja karena orang belum benar-benar mengenal dan mendapatkan manfaat dari karya kita. Namun yang menjadi point penting disini adalah orang tidak akan mengenal karya Anda jika Anda tidak memperkenalkannya. Vincent Van Gogh adalah sebuah contoh seorang pelukis yang selama hidupnya tidak pernah menikmati banyak dari hasil karyanya, karena Van Gogh tidak pernah memperkenalkan karyanya, padahal saat ini karya lukisan yang dibuatnya mempunyai nilai sangat tinggi dan sangat berharga.

Berbeda dengan Van Gogh, seorang ahli teknologi sekaligus desainer terbaik yang bernama Steve Jobs telah berhasil membuat karyanya cepat dikagumi dan diburu oleh banyak orang. Keahliannya menciptakan desain sebuah karya teknologi dan kepiawaiannya dalam memperkenalkan karyanya membuahkan hasil yang luar biasa bukan hanya di negaranya saja, tetapi sampai ke penjuru dunia. Steve Jobs adalah contoh seorang pencipta karya teknologi yang berhasil karena keberaniannya untuk memperkenalkan karyanya kepada banyak orang di dunia.

Manfaatkan Teknologi untuk Memperkenalkan Karya Anda 

Saat ini siapa sih yang tidak mengenal social media, jika masih ada yang belum menggunakannya, saya yakini jika orang tersebut adalah balita, orang-orang yang hidup di pedalaman atau mungkin orang-orang yang usianya sama dengan Kakek dan Nenek kita. Social media adalah sarana untuk memperkenalkan karya kita yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya, kecuali jika Anda memiliki dana lebih untuk mempublikasikannya melalui layanan berbayar seperti Facebook ads atau Instagram Ads, namun jika Anda tidak memiliki dana tersebut Anda dapat memperkenalkan karya anda melalui update status atau share kepada banyak teman. Disinilah saat yang paling tepat untuk mengevaluasi karya Anda, ketika komen-komen datang dari teman-teman anda disitulah Anda akan mengetahui harga dari karya Anda. Dan jika dirasa sudah cukup mendapatkan respon positif, maka Anda dapat menjual karya melalui marketplace dan media sosial.

Mulai dari Ide Kreatif Sederhana

Facebook, Instagram dan Youtube lahir dari ide kreatif sederhana yang tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang. Bayangkan saja Facebook sebenarnya hanya sebuah aplikasi media sosial yang menghubungkan pertemanan saja, namun karena pendirinya memiliki jiwa sangat kreatif maka dikemas sedemikian rupa hingga sangat bermanfaat untuk banyak orang.

Anda juga dapat melakukan hal seperti itu dalam bentuk yang berbeda sesuai dengan passion Anda, agar anda menguasai setiap prosesnya hingga detail. Contohnya misalkan jika Anda seorang penggemar olahraga outdoor maka Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menyewakan peralatan outdoor, bahkan jika anda memiliki dana lebih, Anda dapat membuat produk-produk peralatan outdoor dengan harga yang lebih murah. Bahkan jika Anda senang dengan desain, Anda dapat membuat karya dan dijual di beberapa situs yang menyediakan fasilitas seperti itu.

Ada istilah “The Power of Kepepet” dimana dalam kondisi tertentu atau dalam kondisi seperti saat sekarang ini sepertinya akan banyak lahir karya-karya kreatif yang memiliki nilai jual dan dapat menghasilkan penghasilan baru bagi pembuatnya. Semoga saja ada hikmah dibalik resesi ekonomi akibat dari wabah virus corona ini, kreatifitas adalah aset terbesar yang kita miliki, karena datang dari diri kita sendiri dan solusi terbaik dimasa-masa seperti sekarang ini.       

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019

%d bloggers like this: