fbpx

Tingkatkan Beberapa Keahlian Ini, Agar Keuangan Selalu Aman

Tingkatkan beberapa keahlian ini, agar keuangan selalu aman. Terdengar klise namun kita semua akan melupakannya ketika sudah berada di zona nyaman dan ini berlaku untuk semua profesi. Fenomena covid bukan hanya merenggut banyak nyawa, tetapi banyak orang yang kehilangan penghasilan karena dampaknya.  

Ketika berada di zona nyaman dengan mendapatkan penghasilan konsisten setiap bulannya akan membuat kita terlena dan tidak mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi nantinya. Wabah covid yang kemungkinan akan menjadi salah satu sejarah terbesar abad ini sebenarna telah memberikan banyak pelajaran dan menjadi salah satu pengalaman terburuk sebagian besar orang yang mengalaminya. Selain banyaknya nyawa yang hilang, sebagian besar orang juga telah banyak yang kehilangan pekerjaannya hingga tidak memiliki penghasilan lagi.

Ada sebagian orang dengan profesi tertentu dapat dikatakan beruntung karena masih mendapatkan penghasilan, tetapi sebagian lagi tidak beruntung dan seperti mengalami mimpi buruk. Pelaku usaha kecil menengah dan pekerja swasta adalah diantara profesi yang mengalami mimpi buruk, walaupun tidak semua yang berkecimpung di profesi ini mengalaminya. Banyak pekerja swasta yang mendapatkan pemutusan hubungan kerja, sehingga harus menjual beberapa aset miliknya hanya untuk dapat menyambung hidup, tetapi itupun tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. 

Tidak memiliki keahlian tambahan menjadi salah satu masalah yang perlu direnungkan, karena kejadian yang sama bisa saja terjadi lagi dimasa depan. Kita tidak dapat banyak berharap bantuan dari pemerintah, karena jumlahnya tidak akan sepadan dan ditambah dengan birokrasi yang rumit hingga adanya praktek korupsi dari oknum-oknum tertentu yang menyebabkan distribusinya tidak sampai pada orang-orang yang benar-benar membutuhkannya. Artinya kita harus survive dengan usaha sendiri, caranya yaitu menggunakan berbagai kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Beberapa keahlian tambahan ini mungkin akan berguna jika sewaktu-waktu musibah seperti yang pernah dialami itu terjadi kembali, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dimasa depan, tidak ada salahnya jika kita sudah mempersiapkan diri dengan keahlian tambahan seperti yang ada di bawah ini.

Keahlian Menjual

Ini adalah salah satu keahlian dasar dan paling tua yang harus dimiliki oleh seseorang, walaupun tidak semudah seperti membalikan telapak tangan, tetapi jika keahlian ini sudah dikuasai maka semuanya akan baik-baik saja. Salah satu kunci ekonomi dunia ada dan tetap berjalan adalah karena adanya praktek jual beli. Di jaman sekarang ini praktek jual beli bisa dilakukan hanya dari rumah tanpa kita harus memiliki tempat untuk berjualan, sekarang praktek jual beli seperti ini lebih sering dikatakan dengan istilah jualan online. Keahlian menjual tidak harus dilakukan secara konvensional saja, tetapi juga dapat dilakukan secara online, karena sekarang ini sudah banyak aplikasi yang mendukung untuk itu. Siapapun orangnya walaupun memiliki barang yang bagus tetapi tidak dapat menjual akan percuma saja, karena pada dasarnya produk apapun yang akan dijual tentu harus dapat terjual untuk mendapatkan keuntungan.

Digital Marketing

Pada dasarnya digital marketing memiliki tujuan yang sama dengan marketing secara konvensional, yaitu untuk menarik perhatian calon pembeli potensial. Yang menjadi perbedaannya adalah metoda yang digunakan tidak lagi secara konvensional dengan menggunakan baliho, banner, poster dan lain sebagainya, namun semua dilakukan melalui media internet. Keuntungan memiliki keahlian ini ialah kita tidak memerlukan modal terlalu besar dan dapat menjual produk orang lain dengan mendapatkan komisi. Digital marketing ini berkembang sangat pesat sesuai dengan kemajuan teknologi dan banyaknya aplikasi-aplikasi sebagai penunjangnya, diantaranya melalui konten, blogger, endorsement, influencer dan masih banyak lagi. Sudah banyak orang yang berhasil mendapatkan keuntungan dari sini, kuncinya adalah tetap fokus dan sabar.  

Desain Komunikasi Visual

Apa itu komunikasi visual? mungkin masih banyak orang yang belum memahami dengan salah satu ilmu desain yang satu ini. Komunikasi visual adalah penyampaian pesan dengan menggunakan elemen desain grafis, seperti huruf warna dan layout. Namun semua itu harus di-desain sehingga akan efektif secara informatif, komunikatif dan efektif yang dikemas dengan kreatif sesuai dengan tema pesan yang akan disampaikan sehingga pesan dapat tersampaikan tepat sasaran. Keahlian desain komunikasi visual sangat dibutuhkan di zaman serba digital seperti saat ini dan berhubungan dengan digital marketing. Desain komunikasi visual saat ini sangat dibutuhkan untuk digital marketing di media sosial, jika kamu memiliki keahlian ini maka kamu dapat mendapatkan penghasilan dari jasa desain yang kamu tawarkan.

Keahlian Software Kreatif

Banyak orang yang memiliki penghasilan besar tanpa harus bekerja secara konvensional dan rutin hanya dengan memiliki keahlian ini. Pada dasarnya di zaman sekarang sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan cara digitalisasi, terutama pekerjaan-pekerjaan yang menuntut kreatifitas. Software-software pendukung yang akan memberikan banyak manfaat dan banyak digunakan diantaranya adalah coreldraw, photoshop dan software videography. Dengan menguasai software-software tersebut kamu dapat menjadi seorang freelancer yang memberikan jasa pembuatan berbagai macam jenis karya kreatif, seperti desain kaos, poster, logo hingga video promosi. 

Ilustrasi kemampuan digital marketing

Pekerjaan sebagai karyawan saja sebenarnya tanpa kita sadari memiliki banyak resiko, salah satunya ialah pemutusan hubungan kerja. Namun untuk memiliki keahlian tambahan yang tidak tergantung pada rutinitas kita di tempat kerja memerlukan proses dan kesabaran. Keahlian tambahan dapat kita asah disaat kita masih berada di zona aman yang sebenarnya tidak aman dengan sedikit meluangkan waktu.  Keahlian-keahlian diatas hanya sebagian kecil dari banyaknya keahlian lainnya yang dapat sangat bermanfaat dan menjadi bekal untuk persiapan dikala kita harus kehilangan pekerjaan.

RECOMMENDED STORIES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alevizone.com

Cyber Media & Online Store for Men’s Lifestyle

Copyright 2019