fbpx

Trend Gaya Hidup di Tahun 2020, Apakah akan Berlanjut di Tahun 2021 ?

Trend gaya hidup di tahun 2020 menjadi sangat populer dikarenakan kondisi yang terjadi sepanjang tahun. Tahun 2020 bisa dikatakan menjadi tahun yang suram untuk abad ini, bukan hanya menimpa pada satu atau dua negara saja, tetapi dialami oleh seluruh negara di dunia. 

Tahun 2020 merupakan tahun suram yang tidak akan pernah dilupakan oleh siapapun yang mengalaminya, terutama bagi yang terkena dampaknya langsung. Virus corona yang sekarang sering disebut dengan covid 19 adalah biang keladinya, virus mematikan yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan China ini selain telah memakan banyak korban jiwa, juga telah memberikan banyak pengaruh dan perubahan drastis pada tatanan, kebiasaan, hingga gaya hidup hampir semua orang, tanpa membedakan usia.

Fenomena suram yang terjadi disepanjang  tahun 2020 bukan hanya berdampak pada perekonomian saja, namun sangat mempengaruhi gaya hidup dan aktivitas setiap orang, bahkan ada beberapa gaya hidup yang telah menjadi suatu trend baru di masyarakat. Bagi sebagian besar orang, trend yang terjadi di tahun 2020 ini setidaknya telah memberikan cukup banyak manfaat, terlepas dari permasalahan yang harus dihadapi. Lalu gaya hidup dan aktivitas apa saja yang terjadi karena dampak virus corona di tahun 2020 ini ?, dan apakah akan terus berlanjut di tahun 2021 ?

Trend Bersepeda

Trend ini sebenarnya bukan sebuah gaya hidup baru, sudah banyak komunitas yang terbentuk, tetapi pada saat itu jumlahnya tidak terlalu banyak dan hanya orang-orang tertentu saja, itupun bagi yang benar-benar menggemari gaya hidup ini. Pandemi covid 19 yang menuntut setiap orang untuk menjaga kebugaran tubuh telah membuat gaya hidup ini sangat digemari, bahkan menjadi sebuah trend yang luar biasa. 

Berdasarkan data penjualan sepeda di Indonesia sepanjang tahun 2020 telah mengalami lonjakan yang sangat signifikan, bahkan hingga terjadi kehabisan stok pada toko-toko penjual sepeda. Gaya hidup bersepeda ini ada yang dilakukan karena memang ingin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, tetapi ada juga yang hanya sekedar menjaga sebuah gengsi untuk mengikuti trend. Jenis sepeda yang paling banyak dicari yaitu jenis sepeda lipat, karena jenis sepeda ini sedang banyak digemari di tahun 2020. Jika pandemi virus corona mereda di tahun 2021, maka diprediksi trend gaya hidup ini akan mulai ditinggalkan, namun hal ini tidak berlaku bagi penggemarnya yang bukan hanya sekedar mengikuti sebuah trend dan gengsi semata.

Trend Hiking dan Berkemah

Baru di tahun 2020 telah terjadi fenomena mencengangkan antrian dan melimpahnya orang di salah satu gunung yang ada di Provinsi Jawa Barat. Menurut pemberitaan yang ada, jumlah pengunjung yang mendaki gunung tersebut jumlahnya sangat luar biasa banyaknya, bahkan ada juga pemberitaan adanya antrian para pengunjung yang hanya sekedar untuk mendaki salah satu puncak gunung yang ada di Pulau Jawa ini. 

Tuntutan untuk tidak banyak melakukan aktivitas di dalam gedung, seperti mall telah menyebabkan banyak orang (khusunya yang diperkotaan), untuk mencari alternative sebuah tempat hiburan baru. Aktivitas di luar ruangan adalah pilihan yang paling memungkinkan dalam kondisi di tahun 2020 ini. Hiking dan berkemah adalah alternatif terbaik, namun yang sangat disayangkan adalah kurangnya kesadaran untuk menjaga lingkungan justru telah menimbulkan masalah baru. Di tahun 2021 trend ini juga akan pudar, karena sebenarnya orang-orang yang hanya sekedar mengikuti trend tidak akan melakukan aktivitas ini kembali, karena jika semua telah berjalan normal kembali dan mall-mall telah dibuka, orang-orang akan lebih senang untuk kembali ke tempat yang lebih mereka sukai.  

Trend Memelihara Tanaman Hias dan Berkebun

Jika di Tahun 2021 trend aktivitas ini masih tetap berjalan, maka akan menjadi sebuah kabar gembira yang sangat positif. Memelihara tanaman hias dan berkebun Hydroponik sangatlah banyak manfaatnya, bukan hanya sekedar sebuah gaya hidup saja. semakin banyak tanaman yang dipelihara dan semakin luas area kebun hydroponik yang dimiliki, maka akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan udara atau dapat menjadi sebuah mata pencaharian baru.

Trend aktivitas ini sepertinya akan terus berlanjut di tahun 2021, karena tanaman hias yang harganya cukup mahal dan telah banyaknya uang yang dikeluarkan untuk membuat kebun hydroponik, akan sangat sayang jika harus ditinggalkan begitu saja.

Trend Memelihara Ikan Hias

Tingkat penjualan ikan di tahun 2020 mengalami lonjakan yang sangat luar biasa, bahkan ada beberapa penjual ikan yang mendapatkan banyak keuntungan dari usahanya ini. Tidak memandang umur orang dewasa atau anak-anak, hampir semuanya menginginkan ikan ada di dalam akuarium rumahnya. Jika di tahun 2021 semua kembali berjalan normal, maka trend yang satu ini sepertinya akan ditinggalkan, kecuali bagi orang yang benar-benar mencintai ikan hias.  

Trend Virtual Meeting

Trend ini terjadi karena tuntutan pekerjaan, dimana kebijaksanaan yang dibuat masing-masing perusahaan atau instansi tempatnya bekerja untuk melakukan pekerjaan di rumah telah menuntut para pegawainya untuk selalu melakukan virtual meeting secara rutin. Kemajuan teknologi sangat membantu disaat kondisi yang terjadi sepanjang tahun 2020. Trend ini diprediksi akan terus berlanjut di tahun 2021, bahkan ada beberapa perusahaan yang menetapkan untuk melakukan bekerja seperti ini secara permanen.

Trend gaya hidup dan aktivitas yang melanda di tahun 2020 terjadi karena sebuah bencana yang tidak diharapkan. Pandemi virus covid 19 tidak hanya telah memakan banyak korban jiwa, namun telah merubah kebiasaan, aktivitas dan gaya hidup banyak orang. Namun setidaknya kita bisa mengambil hal positif, seperti melakukan aktivitas yang menjadi sebuah gaya hidup menyehatkan, seperti bersepeda, hiking atau bercocok tanam.    

Sumber artikel : Alevizone Stories

RECOMMENDED STORIES

STAY CONNECTED

SUPPORTED

payment-logo
shipping-logo-all

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019