fbpx
Tujuh Gunung Tinggi di Indonesia yang Wajib Ditaklukan Oleh Para Pendaki Gunung

Tujuh Gunung Tinggi di Indonesia yang Wajib Ditaklukan Oleh Para Pendaki Gunung

"Sangat membanggakan jika seorang Mountaineering atau Pendaki gunung dapat menaklukan banyak puncak gunung tinggi, dan Indonesia memiliki banyak puncak gunung tinggi dengan keindahan alam yang luar biasa"
Pandu GBKH
Author

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki aktivitas geologi cukup aktif, hal tersebut ditandai dengan membentangnya pegunungan mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi hingga Papua. Ada tujuh gunung tertinggi di Indonesia yang tersebar di beberapa pulau yang berbeda, jika Anda mengaku seorang Mountaineering atau pendaki gunung maka Anda seharusnya ingin menaklukan salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia ini. 

Gunung Puncak Jaya Wijaya

Secara geografis gunung ini berada pada koordinat 04°04′44″N / 137°09′31″E, dan berada di pulau Papua, Indonesia. Puncak Jaya Wijaya memiliki ketinggian hingga 4884 mdpl, artinya gunung ini memiliki puncak tertinggi di Indonesia. Sudah banyak para Mountaineering dari luar negeri yang mendaki puncak gunung ini, jika Anda mengaku seorang Mountaineering maka Anda akan sangat tertantang untuk dapat menaklukan puncak Jaya Wijaya.

  • Gambar modivikasi dari pihak ketiga dan google map

Gunung Kerinci

Secara geografis gunung kerinci berada pada koordinat 1°41’48″N / 101°15’56″E dan berada di perbatasan provinsi Jambi dan provinsi Sumatera Barat, pulau Sumatera. Bisa dikatakan gunung Kerinci adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia, karena memiliki ketinggian hingga 3805 mdpl. Untuk menuju ke gunung ini sangatlah mudah sekali, karena sudah banyak akses yang menuju kesana baik melalui jalur di provinsi Jambi atau jalur di provinsi Sumatera Barat. Jika Anda seorang Mountaineering, tidak ada alasan untuk tidak menaklukan puncak gunung ini.

  • Gambar modivikasi dari pihak ketiga dan google map

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani secara geografis berada pada koordinat 8°25′S / 116°28′E, dan berada di Lombok Nusa Tenggara Barat. Gunung ini sangat indah dikarenakan memiliki hamparan rumput yang sangat luas. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3726 mdpl. dan menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Bagi Anda seorang Mountaineering selain bertujuan untuk menaklukan puncak gunung Rinjani, Anda juga dapat menikmati keindahan pantai yang ada di pulau Lombok.

  • Gambar modivikasi dari pihak ketiga dan google map

Gunung Semeru

Jangan bilang Anda belum mendaki gunung ini, jika memang Anda belum pernah mendaki gunung ini, maka Anda bukan lah seorang Mountaineering, apalagi jika domisili Anda di pulau Jawa. Secara geografis gunung Semeru berada pada koordinat 8°6’28.8″S / 112°55″12″E. dan berada di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, akses menuju gunung ini sangatlah mudah sekali melalui perjalanan darat. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3745 mdpl. dan puncak gunung-nya yang bernama Mahameru menjadi puncak gunung tertinggi keempat di Indonesia juga menjadi puncak gunung tertinggi di pulau Jawa.  

  • Gambar modivikasi dari pihak ketiga dan google map

Gunung Tambora

Gunung Tambora pernah membuat sejarah dunia karena letusannya yang dahsyat dengan luasan abu vulkanik-nya hingga ke Eropa dan gunung ini memiliki ketinggian hingga 4300 mdpl, sehingga gunung Tambora merupakan gunung tertinggi kelima di Indonesia. Gunung Tambora secara geografis berada pada koordinat 8°15’0″S / 118°0’0″E yang berada di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

  • Gambar modivikasi dari pihak ketiga dan google map

Gunung Latimojong

Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3478 mdpl. dengan nama puncaknya Bulu Rante Mario, dan menurut beberapa sumber yang kami dapatkan, gunung ini menjadi gunung tertinggi keenam di Indonesia. Gunung ini secara geografis berada pada kordinat 03°23’01″S / 120°01’30″E dan masuk kedalam wilayah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. 

  • Gambar modivikasi dari pihak ketiga dan google map

Gunung Slamet

Gunung dengan ketinggian 3428 mdpl ini menjadi gunung tertinggi tertinggi ketujuh di Indonesia dan menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah gunung Semeru. Gunung Slamet secara geology merupakan salah satu gunung yang masih aktif dan memiliki keindahan alam yang luar biasa. Gunung Slamet berada pada koordinat 7°14’30″S / 109°12’30″E dan masuk kedalam wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

  • Gambar modivikasi dari pihak ketiga dan google map

Itulah tujuh gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Rasanya Anda belum bisa disebut seorang Mountaineering atau Pendaki gunung jika belum menaklukan salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia tersebut.

Referensi:

  • Wikipedia 
  • Peta wilayah Indonesia

RELATED STORIES

STAY CONNECTED

SERVICE & FAQ

Alevizone.com – Cyber Media & Online Store

Copyright 2019