fbpx
Yang akan Terjadi Pada Laki-Laki disaat Memasuki Usia 40 Tahun

Yang akan Terjadi Pada Laki-Laki disaat Memasuki Usia 40 Tahun

"Siapapun di dunia ini tidak akan mungkin dapat melawan waktu, dan seiring dengan berjalannya waktu akan terjadi banyak perubahan pada diri laki-laki. Saat memasuki usia 40 tahunan akan mulai terasa perubahan itu, tetapi hukum alam tidak dapat dihindari dan itulah yang akan terjadi"
Beni R
Author

Banyak yang bilang saat laki-laki memasuki usia 40 tahun adalah saat paling istimewa dalam hidupnya, akan banyak sekali terasa perubahan yang terjadi. Bukan hanya fisik saja, mental hingga kondisi biologis akan sangat terasa perubahannya. Tetapi jangan salah, ada hal-hal tertentu pada usia ini justru laki-laki seperti kembali pada usia 20-an. Semua perubahan itu tidak dapat dihindari, dan hampir pasti semua laki-laki akan mengalaminya, tinggal bagaimana masing-masing menyikapi perubahan itu.

Perubahan Fisik

Yang ini sudah pasti akan terjadi, bagaimanapun juga manusia tidak dapat melawan takdir penambahan usia. Perubahan fisik yang umumnya terjadi pada laki-laki ialah mulai munculnya uban atau rambut putih, bukan saja akan tumbuh di rambut, ada sebagian laki-laki yang akan mengalami pertumbuhan rambut putih tersebut hingga ke kumis dan janggut. Selain mulai tumbuhnya rambut putih, juga akan terjadi pengurangan atau mulai menipisnya rambut sebagai mahkota. Bukan saja pada rambut, tubuh Anda juga akan mengalami perubahan yang biasanya mulai terasa penambahan berat badan, dan tanda-tanda yang terlihat jelas dari penambahan berat badan tersebut ialah mulai membuncitnya perut Anda. Pada bagian kulit Anda akan mulai terlihat adanya keriput, dan yang sangat dirasakan adalah keriput di bagian sisi mata dan kantung mata Anda. Semua perubahan ke arah penuaan tersebut tidak dapat dihindari, tetapi minimal dapat dikurangi dengan cara mulai memperbaiki gaya hidup Anda. Mulailah berolahraga dan makan-makanan yang menyehatkan, mulai kurangi makan-makanan yang mengandung lemak dan kadar gula terlalu tinggi, bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum minuman berakohol atau merokok, mulailah untuk mengurangi kebiasaan tersebut atau sebaiknya hentikan sama sekali.

Mulai Terasa Adanya Penyakit

Pola hidup atau kebiasaan buruk Anda disaat usia muda mulai akan terasa dampaknya ketika memasuki usia 40 tahunan, walaupun ada sebagian yang datangnya akibat faktor keturunan. Penyakit yang awalnya tidak kita duga mulai terasa kehadirannya, contoh penyakit-penyakit yang paling sering terasa kehadirannya ialah seperti asam urat, sakit pinggang dan kolesterol tinggi. Sebelum akan semakin parah dan semakin menyusahkan Anda, mulailah perbaiki pola hidup Anda dengan cara berolahraga ringan dan hanya mekonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan saja.

Perubahan Mental

Ini adalah perubahan yang komplek dan rumit, perubahan mental ini tergantung dari setiap laki-laki mengendalikannya. Perubahan mental yang dimaksud disini adalah keengganan Anda menerima kenyataan bahwa usia Anda sudah tidak muda lagi. Anda akan menyadari itu ketika istri, anak-anak dan teman-teman Anda mengucapkan selamat ulang tahun ke 40 Anda, dan pada umumnya laki-laki tidak ingin menerima kenyataan ini. Pada beberapa kasus bahkan banyak laki-laki yang enggan diperlakukan sebagai orang sesuai usianya, mereka akan selalu berusaha untuk terlihat muda dan bahkan bersikap seperti laki-laki yang usianya jauh lebih muda, tetapi disatu sisi pada saat memasuki usia ini Anda sepertinya ingin selalu dihargai oleh orang yang lebih muda usianya, sehingga akan terlihat seperti yang bertolak belakang dengan keingininan Anda ingin selalu terlihat muda.

  • Gambar oleh PGB

Ada Puber Kedua itu Tidak Bohong

Ini adalah ungkapan yang klasik, tetapi ungkapan itu benar adanya. Banyak yang bilang saat memasuki usia 40 tahunan laki-laki akan mengalami puber keduanya, banyak yang merasakan hal tersebut benar adanya. Ini berkaitan dengan perubahan mental, disaat Anda tidak mau terima kenyataan memasuki usia tua, disatu sisi di usia inilah gairah Anda mulai meningkat lagi seperti disaat usia Anda 20 tahunan. Gairah yang meningkat ini ada yang bisa mengendalikan dan ada yang tidak bisa mengendalikannya. Bagi yang tidak bisa mengendalikan biasanya mereka akan mencoba sesuatu yang baru dan lebih fresh, atau dalam bahasa sederhananya mereka akan melampiaskan gairah yang memuncak ini kepada lawan jenis selain pasangan sah atau istrinya, yang bahkan orang ketiga itu hadir dengan usia yang jauh lebih muda, sehingga ungkapan puber kedua biasanya diberikan pada mereka. Berbeda dengan golongan pertama tadi, golongan yang kedua ini biasanya mereka lebih bisa mengendalikan gairah tersebut dan memberikannya pada pasangan sah atau istrinya, biasanya dengan cara menciptakan suasana baru dalam berhubungan atau melakukan hal-hal yang nakal seperti menggunakan alat bantu dan sebagainya. Untuk golongan yang pertama sebaiknya Anda hindari, karena itu akan merusak rumah tangga Anda yang sudah Anda bangun dengan cucuran keringat dan susah payah selama bertahun-tahun.

Penentuan Karir dan Hari Tua

Saat memasuki usia ini Anda akan merasa jenuh dengan pekerjaan dan profesi Anda, apalagi bagi Anda yang memiliki profesi dengan pekerjaan monoton dan tidak menantang bahkan tidak sesuai dengan passion Anda. Disinilah momen dimana Anda akan menentukan masa depan dan hari tua Anda sendiri, bagi sebagian laki-laki yang memiliki jiwa biasa-biasa saja atau dalam artian terima apa adanya saja atau lebih mencari aman dalam hidup dan karirnya, biasanya tidak akan mengalami perubahan dalam profesi dan pekerjaannya. Mereka akan menerima apa adanya menjalankan dan menunggu pensiun sehingga hidup yang monoton akan dijalankan apa adanya saja. Tetapi bagi laki-laki yang memiliki jiwa menginginkan tantangan dan suasana baru dalam pekerjaan dan profesinya, biasanya akan memilih profesi baru yang sesuai dengan passionnya, mereka akan rela meninggalkan zona nyaman yang sebenarnya tidak nyaman untuk batin mereka. Untuk golongan yang kedua itu biasanya lebih memilih untuk mandiri setealah mendapatkan dan memiliki cukup modal, walaupun cukup beresiko mereka akan menganggap resiko itu adalah tantangannya. Untuk golongan kedua tersebut disarankan untuk memulai usaha Anda disaat Anda masih bekerja, atau setidaknya Anda telah menyiapkan dana untuk keluarga Anda selama 1 tahun, sehingga bila terjadi hal buruk karena kegagalan dalam usaha, keluarga Anda masih akan baik-baik saja. Setidaknya dan tersebut Anda persiapkan untuk jangka selama Anda merintis usaha Anda.

Tidak ada mahluk yang dapat melawan waktu dan takdir dari Sang Pencipta, bagaimanapun juga semua yang akan terjadi harus kita lalui dan kita tidak dapat menghindar, termasuk usia tua yang akan kita hadapi. 

RELATED STORIES